-->

Souvenir Ultah dan Prinsip Kehidupan

on
Thursday, July 19, 2018
GILE JUDULNYA YA SOUVENIR ULTAH AJA PAKE PRINSIP KEHIDUPAN.

Dan ya, ternyata saya termasuk ibu-ibu extra Pinterest ya. Baru kuakui itu lol.

gara-gara kursi kuning jadi fotonya kuning males atur white balance jadi ya sudahlah

Alkisah dari dulu saya nggak pernah neko-neko lho sama souvenir ultah Bebe. Ya pokoknya yang penting semua personalized aja (nggak neko-neko tapi pengen personalized lol). Tapi terus sekantor sama mbak Miund nih biang kerok.

Tahun pertama sekantor, doi bikin buku cerita yang digambar sendiri. PAKE CAT AIR LOH BUKAN DIGITAL. Ceritanya ditulis sendiri. Dicetak sendiri buat souvenir ultah Shera yang keempat.

Waktu itu saya cuma bisa “waawww bagus yaaa sedih banget aku nggak bisa gambar”.

A post shared by Asmara Wreksono (@asmarawreksono) on

Karena ya emang waktu itu saya belum mulai belajar gambar dan nggak bisa gambar sama sekali. Beberapa bulan berlalu dan Mbak Miund mulai lagi proyek buku cerita kedua untuk souvenir ultah Shera tahun depan.

Di situ saya udah rada panas juga sama twit-twitnya Pinot dan Ditut yang selalu ngomporin orang untuk belajar gambar. Long story short saya belajar gambar manual kemudian beli iPad untuk gambar digital dan memutuskan ok iPad ini harus menghasilkan souvenir ultah untuk Bebe.

Sungguh cita-cita yang receh ya.

(Baca cerita soal belajar gambar di sini ya: Tentang Gambar)

Terus muter otak banget karena ya saya bisa gambar baru segini banget. Belum bisa berbagai pose manusia dan bikin berbagai background sampai level bikin buku cerita gitu. Pusing pula mikirin jalan ceritanya kan. Duh.

Memutuskan bikin flash card karena ya waktu itu Bebe lagi semangat banget belajar baca tulis pake flash card. Entah kenapa langsung kepikiran aja seru banget ya bikin flash card yang semua gambarnya itu temen sekelas dan karakter favorit anak kaya PJ Mask gitu. Jadi huruf A untuk temen Bebe yang namanya Aleron, huruf C untuk Canayya, G untuk Gekko, dan X untuk Xylo plus belakangnya ada kartu ulang tahun.

19 Maret 2018, tiga bulan sebelum ultah Bebe di 6 Juni, gambar pertama selesai. PUAAASSSS BANGET RASANYA.


Karena sini anaknya ambisius ya jadi flash card-nya juga bolak-balik, ogah pula hurufnya pake font jadi ya ditulis MANUAL. Huruf aja ada 26, jadi total ada 52 gambar yang harus diselesaikan dalam 3 bulan. Sempet nggak ya?

Sempet ternyata. Sebelum bulan puasa flash card udah selesai. Tapi kemudian semangat saya turun karena mikirin packagingnya. Pengen bikin pouch sih, tapi saya nggak punya mesin jahit.

Detail tentang souvenir ini liat di IG saya aja ya, di link ini.

Saya nggak bisa bikin pola ya tapi kalau jahit mah bisa lah. Modal untuk ngecilin dan mendekin seragam SMA di masa lalu HAHAHA. Tapi karena nggak punya mesin jahit saya akhirnya minta tolong ibu untuk jahitin. Ibu ok.

via GIPHY

EH UJUNG-UJUNGNYA SAYA BELI MESIN JAHIT LOL. Mesin jahit ini saya beli via Arisan Mapan (BACAAAA YA, KLIK AJA ARISAN MAPANNYA). Kebetulan juga ibu-ibu di rumah Bandung emang lagi pada ikut Arisan Mapan. Gila sih dulu endorse kok ya sekarang ngalamin beli sendiri sesuatu yang berguna.

Mesin jahit baru dateng pas ultah tinggal 2 minggu. Untungnya bulan puasa jadi saya ngeles ke Bebe kalau ultah di sekolahnya ditunda karena semua miss pada puasa. Padahal ya belum kelaaarrr ini jahit pouch.


Bahan pouchnya kanvas dan katun jepang, beli di Pasar Mayestik. Gambarnya saya jiplak dari iPad, terus diwarnai pake cat akrilik kemudian disetrika. Konon kata ayah saya yang suka nyablon, akrilik disetrika (disetrika di bagian catnya ya) itu akan makin kuat nempel ke kain. Saya nurut aja.

TERUS DIJAHIT DEH. Jahitnya cepet sih hari Sabtu atau Minggu 2 jam bisa dapet 5 pouch gitu. DAN SELESAI!

Setelah selesai, mesin jahit kembali masuk dus dan belum kebayang mau bikin apa lagi hahahahaha.

Pertanyaan terbesar: “Demi anak bela-belain banget ya kaya gini?”

Sebetulnya nggak juga sih. Ini demi diriku sendiri aja. Demi punya pencapaian baru, demi punya sesuatu yang bisa bikin diri sendiri bangga. Kebetulan aja punya anak dan jadiin alesan ultah anak sebagai cara mencapai itu.

Jadi kalau dibilang “demi anak” ya rada cringey sih karena ya si Bebe belum ngerti kalau bikin DIY-DIY ini effort jadi ini mah ibunya ajaaaa butuh pujian baru. *HALAHHHH

Dan juga ya mau ngejar ultah anak pake sewa playground seharian juga kutakmampu kan jadi ya kembali pada prinsip melawan harga tak mampu, kulawan dengan DIY HAHAHAHA.

Tapi anyway, saya tau banget nggak semua orang suka DIY ya. Saya begini nggak instan kok. Gambar emang baru-baru aja tapi jahit mah dari dulu. Craft kan saya anaknya. Bisa dibaca di postingan ini: 2009 vs 2018.

Jadi kalau kalian nggak suka DIY, nggak bisa jahit, dan tetep pengen custom souvenir ultah anak ya tetep bisa, BIKIN DI KAWUNG LIVING AJAAAAA. NGGAK SANTAI MAAF.

Baca juga tulisan Gesi di sini ya:

Karena sebagus itu beneran. Jadi Kawung Living ini yang kemarin pouchnya jadi bonus PO buku saya dan Gesi “Indahnya Susahnya Jadi Ibu” (BELI DONG, DI SINI YA LAGI PROMO BONUS STIKER LHO). Saya awalnya nggak expect apa-apa lho. Ya standar pouch kan begitu lah ya. Lagian saya udah punya beberapa pouch custom dan ya hasilnya gitu aja.

Pouch ultah pertama Bebe print juga sama dan biasanya karena bahan kanvas jadi otomatis pas di-print warnanya turun jadi agak “dekil” gitu. Nggak sesuai warna asli lah. Menyesal dulu belum tau Kawung Living.

warna kurang jreng dan pudar
Tapi kalau yang buatan Kawung Living beneran bagus banget hasil print-nya. Kalian tau kan ya saya nggak bilang bagus kalau nggak beneran bagus. Apalagi ini keduanya desain saya, dengan palet warna yang saya pilih sendiri dengan hati-hati dan lihatlah sendiri. Mirip banget sama warna di layar! Birunya agak terang tapi jadinya malah jadi lebih lucu hahaha Pink dan warna lainnya malah sama persis.



Kayanya hasil print-nya bisa sebagus ini karena bahannya bukan kanvas biasa. Tapi entah juga ini bahan apa ya yang jelas kaya kanvas tapi halus gitu dan nggak setipis katun juga. Kaget beneran sampai saya dan Gesi waaaa bagus waaaaa gitu pas dateng hahahaha.

Saya juga dibikinin plushie dan bantal yang super gemes ga sihhhh. Plushie-nya ini karakter saya di buku. Hasilnya nggak pecah dan nggak turun sama sekali warnanya. Rekomen banget beneraaannn.


zoom kualitas print, persis sama kaya ilustrasinya frans, ga turun, ga geser

Dan harganya nggak jauh beda lho sama custom print lain. Sama-sama aja. Saya, Gesi, dan Nahla pernah dibikin pouch custom matching berempat gitu sama Mba Windi, lucu gemas dengan warna pastel. Harganya lebih mahal dan kualitas print-nya tetep bagusan punya Kawung Living. TERBAIK!

Produk custom dari Kawung Living juga bukan cuma pouch dan plushie. Tapi bisa juga sarung bantal, mug, bantal leher, tablerunner, bahkan canvas rug! Lengkapnya bisa kalian lihat di sini: http://kawungliving.com/custom/

Bikin custom di Kawung Living juga bisa satuan lho. Tapi kalau bikin banyak harganya makin murah. Jadi cocok banget buat souvenir ultah yang rata-rata ngasih temen sekelas kan. Suka rada pusing sama tempat custom yang itungannya per lusin atau per sepuluh gitu. Sebel juga cuma butuh 12 jadinya harus pesen 20 huhu.

Nggak bisa gambar? TENAAAANGGG. Kawung Living punya katalog pattern yang one of a kind banget. Bisa ditambah nama atau tulisan juga. Jadi aman!



Jadi ada yang lagi siapin ultah anak juga? Atau justru mau produk yang ready dan nggak custom, ada jugaaaa. Cus pesen souvenir di Kawung Living!

Website: kawungliving.com
Instagram: @kawungliving
Katalog gambar: @kawunglivingcatalogue




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
3 comments on "Souvenir Ultah dan Prinsip Kehidupan"
  1. Emang cakep sih waaa perfecto!
    Aku juga perfeksionis begini orangnya tapi skill-ku gak sampe segitu. :D

    ReplyDelete
  2. Cakep mba, jadi pengen ngasah skill gambar lagi. Tapi bisanya digital painting, kalau gambar langsung malah kagok. Terus berkarya. Btw saya baru aja review buku karya mb Anisa dan mba Gesi serta bikin giveawaynya karena saya suka buku itu.

    ReplyDelete
  3. Aku jadi pengen punya mesin jait, liat kain di cigondewah lucu2 banget.

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG