Agar Waktu Luang Nggak Lagi Terbuang

on
Monday, July 2, 2018
Rhymes tapi agak nggak ens ya judulnya ahahahahaha. Ini udah lama banget sih saya pengen nulis ini cuma kok nggak nulis-nulis juga? APA KARENA NGGAK PUNYA WAKTU LUANG?


Triggernya adalah souvenir ultah Xylo udah selesai di-print dan dijahit. Kalau kalian follow saya di IG (kalau belum plis follow atuhlah lol), pasti udah liat dong ya sneek peak-nya.

Kemudian DM saya penuh banget dan kebanyakan bilang “ya ampun niat banget” atau “kok sempet sih” dan pernyataan-pernyataan yang mengindikasikan bahwa menjahit dan menggambar itu mustahil dilakukan.

Kenyataannya nggak mustahil sih meski kalau kalian tau ya, saya harus menggambar A-Z dikali dua (karena kertasnya bolak-balik) jadi ada 52 gambar yang harus diselesaikan. Saya mulai di Maret dan selesai di Mei, TIGA BULAN AJA LOH. Lama banget kan.

Cerita lengkap soal souvenir ultah nanti saya ceritain terpisah ya. Belum difoto proper soalnya baru stories doang. Sekarang saya mau cerita gimana caranya meluangkan waktu?

Karena kita semua PASTI PUNYA sih waktu luang saya yakin banget. Yang nggak punya waktu luang nggak mungkin baca blogpost ini HAHAHAHA.

Waktu luang ini bisa digunakan untuk pekerjaan agar cepat selesai, bisa juga dipake buat belajar hal baru.

(Baca: Mencari Skill Baru)

1. Sadari saat-saat procrastinate

Kadang kita (OKE SAYA) buang banyak waktu banget scroll Twitter atau nongkrongin Instagram Stories. Wah tau-tau udah sejam! Nah kalau udah tau begitu ya langsunglah berhenti. Lakukan hal lain yang lebih berguna seperti lipetin baju mungkin atau nulis blogpost?

2. Hindari waktu procrastinate

INI NIH YANG PALING SUSAH. Kalau kita udah sadar banyak buang waktu untuk sesuatu, HARUSNYA saat kita mau melakukan itu kita ngeh banget kita akan membuang sekian jam sia-sia. Berhenti di situ dong darling, jangan diterusin. Banyak hal di dunia ini yang akan bikin waktu kalian lebih berwarna dibanding thread Twitter.

3. Tentukan waktu luang

Ini saya pikirin banget karena kan ya kerja yaaaa. Waktu luang saya sedikit banget. Dulu waktu di kantor lama, saya punya waktu sekitar 1-1,5 jam pas nunggu dijemput. Sebagian besar flash card saya gambar di waktu-waktu itu.

Pulang ke rumah, udah capek ya kadang butek juga dan pengen leyeh-leyeh. Ya nggak usah dipaksain. Itulah saat scroll socmed kalau nggak diprotes Bebe lol.

Weekend nih tiati. Weekend kemarin saya rasanya kosong banget bingung mau ngapain. Saya lupa setelah minggu sebelumnya sibuk jahit, minggu ini masih belum ngong banget nih kalau weekend adalah waktu luang yang harus dimanfaatkan. Terus sebel kenapa nggak gambar. Sebel karena sadarnya udah Minggu malem huhu.

Weekend tuh lama lhooo. Punya 48 jam masa sih dipake leyeh-leyeh doang? Saya ke mana-mana bawa iPad sampai kemarin bulan puasa ya, nunggu buka puasa aja saya duduk di restonya sambil gambar. Kalau ada waktu luang maka lakukan!

Kalau yang lagi dipelajarinya nggak bisa dilakukan di mana aja (misal jahit nih, nggak bawa mesin jahit ke mall juga dong ya) bisa disiasati dengan brainstorming. Itulah saatnya scroll Pinterest atau bikin notes mau ngapain aja.

4. NIAT

Gimana ya semua kan berawal dari sini, kalau emang nggak jalan-jalan mungkin emang kurang niat? Atau harus dijudesin nih nulisnya: KALAU EMANG NGGAK MULAI PADAHAL JELAS PUNYA WAKTU LUANG MUNGKIN EMANG KURANG NIAT KALIAN MELAKUKANNYA?

AHAHAHAHAHHAHA. Puas sekali ya berteriak-teriak apakah aku punya kelainan yaitu senang berteriak-teriak? -______-

via GIPHY

Dan sebenernya waktu luang saya nggak sebanyak itu juga kok. Saya suka tidur dan tidur nggak akan saya kompromikan dengan apapun. Jadi saya nggak mau waktu tidur terganggu daripada nanti cranky dan mengganggu ketertiban umum.

Jadi nggak pernah banget saya bela-belain begadang demi gambar.

Pernah sih gambar malem-malem tapi itu biasanya karena Sabtu malem dan siangnya kelamaan tidur. Akhirnya saya ya menentukan pilihan. Saya nggak bisa lagi baca buku (SEDIH HUHU), baju yang udah dijemur jadi lebih lambat dilipetin (HAHA), lebih jarang nulis blogpost, dan bye banget sama bikin video makeup.

Ya gimana lagi ya, namanya hidup kan memang akan selalu memilih. Jadi pilih membuang waktu luang atau nggak nih? Kalau mau buang juga nggak apa-apa kok HAHAHAHA.

SIAPA TAUUUU. Nggak semua orang ambisius kaya saya kan. Nggak semua orang ngerasa stuck dan pengen memanfaatkan waktu luang juga. Banyak kan ya orang slow yang hidupnya kalem huhu sungguh bukan aku.

Udah sih gitu aja. Semoga berguna ya!

-ast-
LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


FOLLOW @annisast ON INSTAGRAM!

6 comments on "Agar Waktu Luang Nggak Lagi Terbuang"
  1. aq kira aq doang yang suka merasa bingung kalo weekend dengan waktu luang, tapiii sebelnya punya waktu luang malah banyakan mantengin ig buan main sama anak, padahal senin-jumat kerja,, huhuhu..

    ReplyDelete
  2. Wah, terimakasih tipsnya. Memang harus pinter-pinter ngatur waktu luang dengan bijak hehe

    ReplyDelete
  3. aku dua hari ini baru sadar mbak, banyaaakkkk bgt membuang waktu untuk IG. Tapi mau berhenti sungguh susah. Mungkin karna aku kurang niat -_-

    ReplyDelete
  4. Aku sering ngerasa baru ngeh kalo waktu terbuang buat hal yang gak penting. Trus karena anaknya lupaan, jadi aku selalu tulis apa aja yang mau dikerjain kalo tiba-tiba ngerasa, "eh kayaknya lagi nganggur nih, ngapain yaaa?". And it works!

    ReplyDelete
  5. Ini berfaedah sekali! Parahnya sih aku selalu SADAR kalau sedang procrastinating. Padahal 2 jam yang habis dipakai streaming Youtube atau nonton film, bisa dipakai untuk ngeblog atau ngedit foto ya T_T

    Terima kasih, Mba untuk pencerahannya!

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)