Mengurus Rumah Tanpa Nanny dan ART

on
Thursday, December 14, 2017

Ini yang paling banyak di-request di Twitter dan Instagram, gayanya sih manajemen waktu tapi nggak manage amat juga sih. Jadi gimana sih ngatur waktunya biar rumah tetep keurus padahal nggak punya art buat beberes dan nggak punya nanny buat jaga anak?

JAWABANNYA: NGGAK BAKALAN KEURUS. HAHAHAHAHA.

Iya ayolah buibu, we cannot have it all. Udah kerja, digaji, nggak perlu stres menghadapi anak seharian, nggak pernah mau tau drama nanny dan art, TERUS MAU RUMAH BERES JUGA? Ingat darling, tidak ada yang sempurna di dunia ini okaayyy.

via GIPHY

Dulu saya pernah cerita di sini, gimana kami bisa survive hidup di Jakarta tanpa nanny tanpa ART sama sekali. Nomer 4 adalah manajemen waktu. Nah tapi nggak dibahas lebih lanjut kan gimana detailnya. Jadi sekarang saya mau ceritain detail ya.

Pertama, kita harus tau dulu prioritas kita apa. Kedua, bagi tugas sama suami siapa ngerjain apa. Karena ya taulah ya ibu-ibu ambisius maunya semua selesai terus stres sendiri, marah-marah jadinya. Jangan lah, karena untuk apa marah-marah tiada gunanya lol.

Nentuin prioritas sesimpel dengan jawab pertanyaan: apa yang bikin kalian ngerasa "cukup"? Gimana ya bahasanya, fulfilled and content gitu kerennya mah. Hayo apa pikirin baik-baik.

Bagi kami prioritas adalah utama adalah Bebe, tidur, makan, dan cuci baju. Itu dulu deh sisanya kalau sempet aja. Biasanya saya main sama Bebe, JG cuci baju. Tapi makin Bebe gede, Bebe jadi kadang mau mainnya sama appa aja karena ibu kurang seru hahaha. Ya udalah saya cuci baju toh gampang juga kan (sombong setelah beli mesin cuci baru). Selain itu kan masih harus masak, cuci piring, nyapu ngepel, lipet baju, apalagi ya? Sampai nggak kepikiran saking nggak rutin dilakukan hahahaha.

Jadi gini rutinitas kami dari pagi:

🕕 Jam 6, JG masak atau saya masak buat bekal makan siang. Kalau lagi sok kaya biasanya nggak masak terus makan siangnya beli. Tapi seringnya sih masak karena masak makan siang itu irit banyak banget deh beneran. Bebe masih tidur nih makanya agak santai. Cheat masak nanti saya publish besok sore ya! Kepanjangan kalau digabung ke sini. Udah 3/4 jadi sih tulisannya. Intinya nyiapin bekal makan siang super cepat kurang dari setengah jam. WOW NGGAK TUH LOL.

🕖 Jam 7 pergi semua. Anter saya ke kantor, anter Bebe ke daycare, JG cus ke kantor.

🕕 Jam 5-6 sore, JG jemput Bebe ke daycare. Saya nunggu di kantor kalau masih ada kerjaan ya kerja, kalau nggak ada yang nulis blog. Sebenernya bisa kalau mau pulang sendiri, deket juga. Tapi ah ngapain, di jalan kan seru bertiga jadi saya nunggu dijemput aja.

Kalau JG kebetulan pulang agak malem karena kerjaan banyak, saya yang jemput Bebe terus main deh di kantor JG abis itu pulang sama-sama. Hampir nggak pernah pulang duluan karena yaaaa, biar sama-sama aja lol. #obsesif

Dan sebenernya ngapa-ngapain pun tenang kalau makan malem udah aman. Nggak bakal ada drama berantem cuma karena salah satu lagi laper. Oiya kami makan malem katering btw.

🕖 Jam 7-7.30 (normalnya) nyampe rumah. JANGAN LEYEH-LEYEH! JANGAN TIDURAN! TIDURAN IS THE ROOT OF ALL EVIL! Kalau udah tiduran udalah kelar nggak akan kelar ngapa-ngapain.

Karena Bebe mau main di lantai maka sapu dulu lantai tempat Bebe main sama kamarlah karena kamar kami kecil banget seimprit. Nggak usah seluruh rumah, no no no itu terlalu ambisius. Sapu dan ngepel itu per section aja sesuai kebutuhan. Yang paling sering disapu ya tempat Bebe main dan yang paling sering dipel itu ya dapur karena ada bekas-bekas makanan kan. Yang paling jarang ya ruang tamu karena nggak pernah terima tamu hahaha.

Abis itu JG biasanya cuci baju ditinggal sambil cuci piring. Kalau JG capek ya saya cuci piring, kalau saya capek juga ya udah nggak usah cuci piring nggak apa-apa. Kalem aja kenapa harus pusing sama hal ginian doang.

Udah gitu Bebe main sama JG saya biasanya gambar. Nah dulu waktu gambar ini biasanya saya pake buat lipetin baju. Karena gambar, sekarang baju yang dilipet jadi nggak pernah selesai hahahaha. Ya udalah nggak apa-apa.

(Baca: Mencari Skill Baru)

Dan semua urusan di sini prioritasnya Bebe. Kalau JG lagi cuci piring terus Bebe mau main ya udah berhenti cucinya. Saya pun demikian kalau lagi gambar Bebe ngajak main ya udah main sama Bebe. Ya cuma ketemu Bebe malem dioptimalkanlah. Apalagi Bebe udah nggak nonton, nggak bisa deh dialihkan lagi jadi bener-bener harus ditemenin. Jadi salah satu di antara kami akan main sama Bebe sementara satunya ngerjain kerjaan rumah.

🕘 Jam 9-9.30 siap-siap tidur. Terus ya udah leyeh-leyeh, ngobrol sama Bebe, tidur deh. Gitu doang nggak ada tips berarti sih.

Tipsnya cuma satu: nggak usah ngotot rumah harus selalu disapu pel, nggak usah sedih liat tumpukan piring kotor, nggak usah stres liat baju belum dilipet. Kalem aja emang ada deadline-nya? Emang kalau rumah kinclong tiap hari sesuai KPI terus dapet bonus? Kan nggak. Yang penting main dan ngobrol sama Bebe dan JG, tidur aman, masak aman, baju bersih. Itu kan inti dari kehidupan ini? Hahaha.

Emang ya ada orang yang nggak tahan sama berantakannya rumah. Tapi kalau emang kalian nggak tahan MAKA JANGAN NGELUH KALAU HARUS BERES-BERES. Saya nggak tahan sama orang yang ngeluh capek beberes tapi pas dibilang ya udah nggak usah beberes dia jawab “tapi kesel liat rumah berantakan”.

Yaaa kenapa ngeluh capek atuh? Kan tadi kesel liat rumah berantakan, setelah beberes kok malah kesel karena capek beberes? Asa nggak masuk akal. Dan banyak lhoooo orang begini.

Lebih sebel lagi kalau keselnya bawa-bawa orang. “Kenapa aku terus yang beres-beres rumah sih?! Kamu malah leyeh-leyeh doang!” Lha kalau nggak mau atau capek beberes ya udah nggak usah atuh ceu. Kenapa harus menggeret orang lain ke dalam problem elu.

Kalau justru suami yang komplain rumah berantakan ya suruh dia beresin sendiri. Kenapa juga harus kita yang beresin. Kan siang sama-sama kerja. Dan ingat urusan rumah tangga adalah tanggung jawab suami loh ya.

via GIPHY

Tapi kalau emang nggak tahan banget liat rumah berantakan gitu ya bikin prioritas untuk beres-beres rumah yang pasti menyita waktu lain. Waktu tidur kan paling? OGAH YAAAA KALAU SAYA SIH. Lebih baik tidur nyenyak lama dengan tumpukan baju belum dilipat dibanding tidur sebentar dengan baju terlipat. Ngantuk dan laper sumber amarah banget loh, bisa bikin berantem.

(Baca: Nggak Usah Nyetrika kan Gerakan Tanpa Setrika)

Karena saya dan JG sih tipe yang kalem banget. Males masak ya udah beli, males cuci piring ya udah besok lagi, males cuci baju ya udah nanti lagi, males nyapu ngepel lipet baju ya udah nanti-nanti aja. Yang penting nggak berantem jadi happy. Daripada rumah rapi tapi jadinya capek banget dan berantem?

Emang nyaman tinggal di rumah berantakan? Ah udah biasa. Yang penting nggak kehujanan dan kepanasan kan? Makanya dari awal harus jelas prioritas kalian apa.

Demikianlah. Berguna nggak? HAHAHAHA. Tunggu tulisan soal cheat masak besok ya!

-ast-
LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


FOLLOW @annisast ON INSTAGRAM!

18 comments on "Mengurus Rumah Tanpa Nanny dan ART"
  1. Sama mb...kalem aja..nyapu yg penting2 dulu, ngepel kalo kotor aja, nyuci 2hari sekali, nyetrika baju buat pergi aja, lipe5 baju klo lemari udah kosong..hahaha
    Bodo amat, yg penting happy semua..😂😂😂

    ReplyDelete
  2. ini berguna banget buat aku yang selalu terobsesi sama kerapian dan semua mua harus kinclong tapi capek kalo beberes. sampe kalo sumpek liat kamar berantakan tapi capek, maka solusinya adalah : nggak usah diliat nggak usah diliat. tutup mata. liat hape ajah wkwkw. pernah bilang sama pacar "nanti kalo misalnya udah nikah trus rumah nggak keurus gara2 aku ngurus anak, gapapa kan?" trus doi jawab "gapapa, yang penting jangan gara-gara kamu maksa nyuci sambil jagain anak, anak nyemplung mesin cuci,"
    padahal maksud aku tuh YA KALO AKU CAPEK YA KAMU BANTUIN DOOOONG LAAH NGGAK PEKA AMAT SIK

    ReplyDelete
    Replies
    1. mana ada cowok peka hahahahaha tembak langsung YA KAMU BANTU LAH HAHAHAHHA

      Delete
  3. aku punnnnnn... malah cuci baju kalo lagi males banget yaaa laundry aja,,, hahahhaa

    memang kalo mau shantayyy ga usah ribet yaaa buu...
    prioritasku juga samak, yang penting anak kepegang dan istrahat kita terpenuhi biar ga gampang esmosi ,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku sejak beli mesin cuci udah ga londri. dulu sih always hahahaha

      Delete
  4. Inspiring as always....

    Ijin share ya mba Annisaa...

    Salamm

    ReplyDelete
  5. idem idem semuaaa
    yang penting bahagia yaa

    ReplyDelete
  6. Aku sih biasa banget sama yg namanya berantakan. Apalagi berantakan karena buku. Ya nggak apa2, yg penting nggak sampai ada kecoa atau apa gitu kan? Terus hidup sama pacar menjadi mudah ketika dia orangnya rapi dan blm punya kerjaan waktu di awal2 nikah, jadi diq ngerjain semuanya sampai nyiapin bekel. Tapi sekarang dia udah punya toko, pulangnya malem. Ya cuma bisa pasrah. Haha

    ReplyDelete
  7. Tips paling penting buatku mbak. JANGAN LEYEH-LEYEH. Iyaaa, itu sumber penyakit yg sering aku lakukan, dan aku baru sadar setelah baca ini. Ahahaha.

    yg aku penasaran, nyetrika gimana, kok gak disebut??

    yg lebih penasaran sih kenapa masaknya bis acepet bangettt, masak apa ituuu aku mau tau? aku masak paling cepet 2 jam :D
    kalo makan malem selalu beli kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. makan malem katering, setrika dibaca lagi baik-baik yaa ada kok :)

      Delete
  8. Akuuuu. Rapi adalah mitos. Eh mertuaku juga gitu, gak masalah hidup berantakan LOL. Yang bikin engap sih sodara-sodara ato para tante yang komen ini-itu, huft.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha makanya menghindar sebisa mungkin lol

      Delete
  9. Kalo punya ocd gimana kaka huhuhu ingin cuek tapi dada sakit liat remeh sangu juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau ocd sampai sakit itu harus ke psikiater lohhhh

      Delete
  10. Aku sama suami juga cuek sih. Rumah divakum seminggu 2x atau kalo bocah abis main yang emang perlu banget divakum (potong2 kertas contohnya). Masak aku yg masak, krn aku gak kerja. Tapi cuci piring mah bagi2 kerjaan, kadang aku, kadang suami, kadang dishwasher, hahahah. Cuci baju masukin ke mesin dan team ngga nyetrika! Lipet baju juga siapa yg nganggur. Karena walopun aku gak kerja kantoran, siang-siang mah riweuh juga nemenin bocah main. Dan karena prioritas utama ya anak, yg lain2nya mengikuti situasi dan kondisi (kalo cape ya jajan, gak bersihin rumah, ambil aja baju dari jemuran langsung pake, dll). Suamiku pernah bilang dia nyari istri sebagai partner, bukan asisten rumah tangga, jd bagi bagi kerjaan diterimanya dengan ikhlas. Lol.

    ReplyDelete
  11. Oh wow sehati sekaleeee. Liat cucian numpuk terus sama2 nggak bisa megang yaudah cuss londry aja banyak. Prioritas kami selain anak adalah masak, karenaaa lidah kami berdua belum cocok sama masakan Sulawesi. Kalau mau jajan aman mentoknya ayam bakar lagi ayam penyet lagi. Bosyan, hahaha

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)