-->

Agar Anak Mau Ditinggal Kerja

on
Wednesday, December 20, 2017

Beberapa hari lalu, saya nanya di Instagram ada ide nggak untuk nulis blogpost apa? Kemudian pada ngasih ide gitu banyak. Makasih banget! Hari ini saya mau bahas satu pertanyaan dari mbak Nilasari:


JAWABANNYA: PERNAAAHHHH. SERING MALAH. HAHAHAHA.

Dulu waktu Bebe masih di daycare lama, ada masa-masanya Bebe ngamuk terus tiap ditinggal. Setiap pagi yang dianter kan saya dulu ke kantor tuh, nah dia dari rumah udah nggak mau duduk di carseat, ngekepin saya terus. Atau kalaupun mau di car seat, begitu nyampe kantor dia kejer nangis “ibu aja ibu aja”.

(Baca review daycare lama Bebe, recommended buat bayi!)

Seringnya saya nggak tega jadi ikut deh anter ke daycare. Menjauh dulu dari kantor terus balik lagi pake ojek. Nah dianter ke daycare juga bukannya jadi nggak drama, cuma MENUNDA AJA LOL. Alias saya pergi dari daycare juga dia ngamuk kejer.

Kadang kalau saya lagi tega banget, ya udah biar aja di mobil nangis kejer. Kalau lagi setengah tega, ya saya anter ke daycare tapi cuma nyampe pintu depan terus ya udah biar aja dia gedor-gedor pintu ngamuk. Kalau lagi nggak tega banget, saya masuk dulu ke dalem, mandiin dulu, suapin makan dulu, gelendotan dulu. Hanya untuk menunda nangisnya dia aja. Ya iya abisan di mobil, di pintu depan, atau disuapin dulu sama aja nangis kejer kok!

Tapi Bebe cuma kaya gitu kalau abis liburan aja. Abis weekend atau long weekend, Seninnya pasti kejer. Apalagi kalau abis libur panjang lebaran gitu weee kejernya 100 kali lipat hahahaha. Tapi ya gimana lagi ya kan. Ditinggal aja. Toh saya sampai kantor juga paling beberapa jam inget tadi Bebe nangis terus lupa lagi lol.

(Baca: Drama daycare Bebe pasca liburan taun lalu)

NAH, tapi setelah pindah ke daycare baru, Bebe nggak nangis sama sekali. Udah masuk bulan keempat dan Bebe bahkan belum pernah nangis karena saya tinggal. Saya bahkan cuma nganter ke daycare hari pertama aja itu pun dia nggak nangis sama sekali. KOK BISA?

Ibu: “Be, kamu kok sekarang nggak pernah nangis kalau pergi sekolah? Dulu di daycare lama nangis terus”

Bebe: “Daycare lama nggak seru, banyak baby aku nggak suka”

JENG JENG.

Setelah dikorek-korek, penyebabnya adalah si Bebe males di daycare lama karena nggak ada anak seumurannya! Iya kan saya udah cerita ya kalau Bebe jadi anak paling tua di daycare, sisanya bayi-bayi setaunan gitu. Males lah dia. Kalau di daycare sekarang ya anaknya seumuran dan banyak yang lebih tua. Jadi dia merasa seru.

Dan ya saya mungkin beruntung karena Bebe nggak termasuk anak yang tiap hari cranky kalau ditinggal kerja. Tapi mungkin tips ini bisa bantu:

Komunikasikan kalau SEMUA ibu bekerja dari Senin sampai Jumat

Bebe nggak tau ada yang namanya ibu rumah tangga. Setau dia ya semua ibu kerja karena ibu bilangnya kalau ayah-ayah dan ibu-ibu itu kerja, kalau anak-anak main sama sekolah. Ini harus terus-terusan, tiap weekend saya selalu ngobrol kalau sekarang Sabtu dan Minggu maka ibu temenin Bebe main. Besok Senin jadi ibu dan appa kerja, Bebe sekolah. Tiap Jumat juga kami selalu bilang kalau hari ini Jumat, besok ibu nggak kerja.

INI SELALU. NGGAK PERNAH NGGAK. Biar dia selalu inget kalau ibu dan appa hanya akan available seharian buat dia itu Sabtu-Minggu. Tiap Minggu juga bilang “seru ya hari ini main sama ibu, besok ibu kerja Xylo nangis nggak?” kalau dia bilang nggak mana pujilah dengan lebay dan berlebihan. Kalau dia bilang iya nangis, ulanglah ceramah tentang semua ibu harus kerja.

Risikonya kalau ada yang di luar kebiasaan, misal kerja di hari Sabtu, dia PASTI protes. Tapi ya kan nggak sering-sering juga.

Pastikan anak nggak ngantuk pas ditinggal

Iya Bebe kalau ngantuk pas ditinggal wihhh ngamuk banget! Ya jangankan ditinggal ya bangun tidur atau ngantuk itu hampir pasti moodnya masih belum bagus lah.

via GIPHY

Nah sekarang gimana caranya pas anak ditinggal dia dalam kondisi yang happy. Jangan selama siap-siap dicuekin terus tau-tau pergi, ya ngamuk lah dia. Saya sering nih begini, Bebe tidur, diangkat ke car seat tidur, eh pas mobil berhenti saya turun dia bangun. Nangis deh karena mungkin menurut Bebe, aku lagi cranky bangun tidur ibu kok malah pergiiiii?!

Jadi ya, saya biasanya sogok sih. Seringnya sama buah gitu. Bebe mudah disogok buah. “Pergi yuk, di jalan ibu kupasin apel” terus udah deh dia makan apel dengan happy. HAHAHA. Pokoknya harus happy, temukan apa yang bikin anak happy.

Atau malah pergi duluan aja pas anaknya masih tidur lol. Seperti biasa menunda kengamukan. lol

Pastikan anak happy di rumah

Ya ini karena ternyata Bebe bosen di daycare lama makanya dia selalu cranky kalau ditinggal. Coba tanya anak mungkin di rumah dia bosen sama mbak terus? Mungkin bosen di rumah terus? Mungkin bikin rutinitas baru sepedaan atau apa ya duh aku beneran nggak tau. Bikin jadwal kegiatan gitu mungkin?

Jangan ulur-ulur waktu pergi

Iya saya suka liat ini anak-anak daycare yang udah tau anaknya nangis. Eh alah ibunya sayang-sayang terus juga. Peluk-peluk juga. Anaknya makin mellow deh. Harus tegar juga kitanya kalau pergi ya pergi. Gitu.

(Baca: Tips Memudahkan Anak Adaptasi di Daycare)

Kalau tetep nggak bisa juga ya gimana ya. T________T Emang anaknya sayang banget kali sama ibunya. Makanya saya maklum dan ngerti banget kalau banyak ibu yang jadi berhenti kerja karena nggak tega ninggalin anak.

Huah. Nolong nggak sih ini tipsnya. Nggak tau tapi saya cuma melakukan ini aja. Dan satu hal lagi, percaya aja sih anak makin gede makin ngerti kok kalau ibunya harus kerja. Kita juga harus yakin kalau yang terbaik buat semuanya adalah kaya gini. Karena balik lagi, saya belum sanggup jadi ibu rumah tangga dan seharian ngurus anak. Nggak bakal berkualitas juga waktunya karena saya pasti cranky.

JADIIII, STAY STRONG IBU-IBUUUUU!

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
3 comments on "Agar Anak Mau Ditinggal Kerja"
  1. aq milih tega ninggalin, karena kerja setiap hari, kalo diturutin ngambeknya tiap hari drama terus, tapi dibayar malam hari dan wiken nempel terus kita berdua semacam kena lem.. heuheu

    ReplyDelete
  2. Kalimat terakhir bener sih teh. Justru kalo sambil kerja kita bisa lebih mudah mengerjakan hal lain. Haha tapi baru di angan krn kenyataannya saya ga kerja hahaha tapi Insya Alloh tahun depan mau 'disekolahin' biar bisa ngerjain yg ada duitnya wkwk

    ReplyDelete
  3. Wah ini mbak tipsnya anak bisa disambi kerja :)

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG