-->

5 Tips Memilih Font untuk Desain

on
Monday, April 20, 2015
Sampai font pun ada istilah font kekinian! -_______-

Selamat Senin! Waktunya Monday Techno!

Dari berjuta permintaan untuk bikin tutorial header blog, yang selalu saya perhatikan adalah, sebenarnya banyak yang header blognya sudah bagus. Tapi pemilihan font-nya yang masih kurang tepat. Font ini ngaruh banget ke keseluruhan desain. Jadi simak beberapa tips di bawah ini soal font ya!

5 tips untuk memilih font:

1. Seperti juga fashion, font itu ada trennya loh! Ada font yang sudah out of date dan nggak tren lagi. Ada font yang sedang trendi sehingga kalau dipakai kelihatannya cantik banget. Tahu dari mana font yang sedang trendi? Banyak browsing dong. Buka Pinterest, cek: beautiful font. Muncul deh tuh font yang lagi in trend.

Trennya sekarang untuk yang feminin, adalah handwriting fonts dan skinny font. Contohnya seperti yang saya pakai di header blog. Love, faith, hope itu fontnya Alek Regular (jangan kaget lihat harganya, saya belinya pas lagi diskon LOL), ANNISAST itu fontnya DKVermillion, dan tagline di bawahnya itu fontnya DKWayang.

Untuk yang nggak feminin *halah*, trennya lagi modern clean. Contohnya kaya font di tab HOME saya itu. Font futuristik juga lagi trendi banget cuma karena saya sukanya yang girly-girly jadi nggak pernah pake.

5 tips memilih font untuk desain

2. Comic Sans is BIG NO! Percayalah, pelajaran pertama milih font: jangan pakai Comic Sans. Se-childish-childishnya font adalah Comic Sans. Kalau mau tahu lebih banyak soal Comic Sans and why the world designers hate it bisa baca di sini. Dan kalau saya pribadi sih menghindari default fontnya Windows kaya Times New Roman, Arial, dll. Nggak kenapa-kenapa sih, cuma bosan aja karena hampir semua orang pake. :)

3. Padu padan. Seperti baju yang perlu di mix and match, font juga harus di mix and match. Biasanya saya gabung handwriting font dengan skinny biar nggak bosen lihatnya. Bold dengan nggak bold. Italic dengan nggak Italic. Dan seterusnya. Sesuaikan juga dengan kebutuhan. Kalau mau serius ya pakai font serius. Kaya pakai baju lah.

4. Warna. Selain padu padan jenis, warna juga harus enak dilihat. Ada yang pilih warna pudaaarrr banget sampai sepet mata susah bacanya. Ada juga yang pilih gonjreng. Selera sih, tapi usahakan tetap enak dilihat.

5. Harus gampang dibaca. Meski handwriting font lagi tren, banyak yang kelihatannya lucu doang tapi bacanya susah. I dan J suka ketuker saking semuanya mrengkol-rengkol. Suka kzl banget kalau kaya gini. Nggak mungkin dong kita nulis tapi orang susah baca? Jadi pastikan, selain indah, font itu harus jelas terbaca.

Nah, udah jelas kan ya? Sekarang saya kasih link untuk download font cantik yang gratis. Semua link download ada di bawah image-nya ya. Untuk padu padannya tinggal banyak latihan aja, selamat mencoba! :D


Download di sini.

*



Download di sini.

*


Download di sini.

*


-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
21 comments on "5 Tips Memilih Font untuk Desain"
  1. Thanks for sharing maak. Bermanfaat banget, kebetulan aku lagi nyari font untuk header blog
    www.liza-fathia.com

    ReplyDelete
  2. Aak.. Mbak Annisa mah Te.O.Pe beudd kalo soal ini mah. Makasih Mbak sudah berbagi ^^ Jadi bisa ikutan ngetrend nih ^^

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Oke maaf kakak. Tapi beneran nice tips :)

    ReplyDelete
  5. Alhamdulilla dapat bocoran download font keceh ... trm ksh infonyanya ya ... teramat sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  6. Wah penting banget iniih... makasih yaa Anisa udah sharing ♡♡♡

    ReplyDelete
  7. Lucu2 bangeeet font gratisannya! Oiya kalo aku juga suka padu2in tipe handwriting sama sans serif (eh bener ya istilahnya?)
    Kalo handwriting digabung ama handwriting lagi jadinya lebay...

    ReplyDelete
  8. Ga pernah kepikiran utak atik font, abis baca ini jadi kepikiran mak, hehe...makasih sharingnyaaaaa

    ReplyDelete
  9. Pernah nonton film Helvetica, mak? dokumenter tentang font Helvetica, itu keren bangeeet. Aku baru tau perkara font bisa sekece dan rumit itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahh beloomm. cari ah. aku malah pernah bacanya penelitian tentang kenapa comic sans dibenci hahahah >.<

      Delete
  10. thank you maakkk ^_^ bisa nambah koleksi font deh

    ReplyDelete
  11. wah selain filosofi kopi, ini nih yang patut diperbincangkan filosofi font hahhaa...keknya seru ya dibalik sebuah font ternyata ada sesuatunya... :D

    ReplyDelete
  12. Iya banget inih....

    *errr.....maksudnya apa ya oma...

    ReplyDelete
  13. thank youuuuuuu cantikkkkk inponyaaaaa :D penting bangett nih

    ReplyDelete
  14. Alamaaaakkk...
    Aku juga syuka sama handwriting...
    Entah kenapa, kerasa elegan banget pakai font model gini *apasih*

    ReplyDelete
  15. Great info. I love all the posts, I really enjoyed, I would like more information about this, because it is very nice., Thanks for sharing.

    ReplyDelete
  16. Ceritanya lagi mau menghidupkan blogku yang lama redup. Yeay nemu postingan ini, thank you kak! ^^

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)