-->

Bebe dan Toilet Training (2)

on
Wednesday, October 25, 2017
GOOD NEWS, PEOPLE! THE WAR HAS FINALLY ENDED!


Alhamdulillah ya ternyata postingan toilet training ini cuma ada 3. TIGA DOANG SIH TAPI SETAHUN WOY.

T_______T

Iya saya cek postingan pertama pas psikolognya Bebe nyaranin toilet training itu bulan Oktober tahun lalu. Setahun banget nih prosesnya? Oh tentu tidak hahaha.


Baca dulu coba yang tahun lalu biar ceritanya nyambung:
Jadi waktu Februari itu ya paling tahan 2 minggu lah nggak pake diapers. Selanjutnya pake lagi karena (kalau nggak salah) ketemu lagi jadwal psikolog terus psikolognya ganti!

Terus hubungannya apa, ceu?

Intinya selama ini di daycare 3 bulan sekali ketemu sama psikolog namanya Mbak Diana, tapi kebetulan pas jadwalnya, Mbak Diana nggak bisa dateng. Jadi daycare cari psikolog pengganti. Nah psikolog pengganti ini bilang kalau sebaiknya, weaning dan toilet training itu jangan sekaligus nanti anaknya bingung.

Bagi kita mungkin hanya berhenti nenen dan berhenti pake diapers, tapi buat anak, keduanya adalah dua hal yang sangat besar dan mengubah hidup. Hal-hal besar kaya gini harus dilakukan satu per satu!

Wow, saya tercerahkan banget!

Karena sebelumnya Mbak Diana selalu menyemangati, ayo niatin weaning, ayo niatin toilet training, pokoknya peer sejak Bebe umur dua tahun itu ya dua itu. Sebagai ibu ambisius ya saya niatkan dua-duanya lah walau berakhir di niat belaka hahaha. Praktiknya nanti dulu, yang penting Bebe udah terus dikasihtahu bahwa suatu hari dia tidak nenen dan tidak pakai diapers lagi.

Karena dibilang harus satu-satu, ya udah akhirnya saya pakaikan dia diapers lagi dan fokus berhenti nenen dulu. Argumennya jelas, saya lebih pengen dia berhenti nenen dibanding pipis di kamar mandi hahaha. First thing first lah, yang ribet diduluin dulu lol.

Akhirnya nenen berhasil berhenti tanpa drama apapun tapi diapers masih terus dipake. Apalagi Bebe kemudian cacar air dan roseola infantum ya ampun ribet lah mikirin anak sakit terus ngompol.

(Baca: Bebe Menyapih Diri Sendiri dan Bebe Cacar Air)

Jadi gimana kok bisa Bebe nggak ngompol lagi? 💆🏻

Gimana yaaaa. Beneran saya nggak pake teori apapun! Nggak pake toilet training dalam 24 jam lah, 3 hari lah, cuti lah, ini itu. Nggak sama sekali. Tau-tau bisa aja gitu bilang mau pipis.

Percaya nggak?

HAHAHAHAHA KAYA GAMPANG TAPI YA NGGAK SEGAMPANG ITU JUGA.

Ayo kita ingat-ingat kronologinya. Dan seperti biasa akan detail biar saya ingat dan bisa baca ulang. Yeay aye!

🎊 Lebaran

Abis libur lebaran, mbak daycare bilang “bu, pokoknya aku udah niatin masuk libur ini Xylo harus udah nggak pake pampers lagi”.

Oke siaaappp. Mbak daycare kadang lebih ambisius dari ibunya sih emang. Dia gemes sendiri karena si Bebe ngompol itu lempeng, ga risih atau malu. Dari situ mulailah Bebe nggak pake diapers. Di rumah?

OH YA PAKE DONG.

Jangankan di rumah, pulang dari daycare aja udah dipakein diapers lagi karena duile males amaaatt sama urusan ngompol. Tapi kata mbaknya, kalau siang udah nggak pernah ngompol. Bukan karena bilang, tapi karena rajin diajak pipis.

Oke. Niatnya waktu itu sebelum pindah daycare dan mulai sekolah dia harus udah lepas diapers karena saya takut dijudge ibu-ibu lain di sekolah. Hih masa anak udah preschool masih pake diapers? MALU KELES. GITU.

Takut dijudge sebagai ibu pemalas. Padahal emang iya, cuma ogah ngaku sama orang baru kenal HAHAHA.

🎊 Kenyataannya?

Dipikir-pikir kasian juga ya Bebe harus mikirin sekolah baru dan mikirin harus pipis di toilet. Pindah sekolah kan super big thing jadi ya nggak mungkin lah harus dua-dua dipikirin sama toilet training. Akhirnya selama sounding soal sekolah, saya pakein dia diapers lagi dan ngomong pake bahasa Indonesia. Takut dia stres.

(Dan ternyata sounding berhasil, pindah sekolah nggak drama. Ceritanya ada di sini: Bebe Sekolah! dan cerita soal Bahasa Inggris di sini: Bebe dan Bahasa Inggris)

Ya udahlah aku terima di-judge hahahahahahaha. Hari pertama sekolah bawa diapers sebungkus. Dan ya, itu diapers pertama dan terakhir Bebe di sekolah. KYAAAAA.

🎊 The process

Dari awal saya jelasin ke gurunya kalau Bebe di daycare lama udah lepas diapers. Cuma di rumah emang masih pake. Akhirnya selama di daycare, Bebe selalu terus dicoba ditanya sama missnya mau pipis nggak? Dan jawabannya selalu nggak. Saya tanya Bebe, kenapa sih kalau pipis nggak mau bilang?

“Soalnya aku malu bilang sama miss kalau mau pipis”

YA AMPUN.

Iya sih ya, sama orang belum kenal ngomong mau pipis gimana yaaa. Nggak bisa bilang “permisi bu, toilet di mana ya?” gitu kan. Karena nggak bisa pipis sendiri hahaha. Kasian Bebe.

Akhirnya saya biarin aja deh. Biar dia adaptasi dan kenalan dulu sama sekolahnya. Cuma tiap weekend kalau di rumah doang ya saya nggak pakein diapers. Ngompol ya ngompol. Kalau lagi jalan ke luar ya pakein diapers aja. Karena sayanya udah siap jadi ya nggak stres. Nggak dibikin pusing lagi.

Ini mungkin yang mba Windi bilang bahwa toilet training lah ketika anaknya siap. Bebe udah tau kalau dia harus pipis di kamar mandi, cuma kadang last minute banget ngomong pipis jadi ya kelepasan pipis di celana.

Minggu ketiga di sekolah, udah nggak pake diapers. Dan udah nggak ngompol karena rutin “dipaksa” diajak pipis. Cuma ya pas pulang ngompol di mobil. Sempet juga sekali dia main sama saya di teras luar, jongkok lihat semut, eh tiba-tiba paving blocknya basah. Pipis dia hahahaha. Terus dia shock bengong, mungkin masih lupa kalau dia nggak pake diapers kan.

Dua kali ngompol di car seat, jadi pelajaran buat ibu yang kenapa sik oon amat nggak kepikiran kalau HARUS pipis dulu lah di daycare sebelum pulang. Ya udah besoknya sebelum pulang pipis dulu. Setelah itu aman ternyata.

Tantangannya cuma tinggal malem pas tidur. Tapi saya udah nggak mikir apa-apa sih, lepas aja bodo amat. Seburuk-buruknya yang terjadi pun hanya ngompol kan.

Akhirnya dari riset harian, saya tau pattern-nya. Bebe tiap malem sebelum tidur selalu mandi, pipis dong pasti. Nah kalau abis mandi minum susu sekotak, maka dia probabilitas dia ngompol akan sangat rendah. Tapi kalau minum susu dua kotak, dia PASTI ngompol.

Ya udah sekarang saya kasih susunya sekotak doang. Mayan kan ngirit HAHAHAHA.

Terus ya udah gitu doang. Apaan sih ya nggak jelas amat saya cerita.

Intinya sekarang udah hampir 2 bulan di daycare baru, Bebe udah bisa nahan pipis dan udah bisa bilang kalau mau pipis. Udah nggak pernah ngompol sama sekali, udah nggak last minute ngomong mau pipis. Di mall dan di tempat umum juga aman jaya, jalanan macet pun dia bisa tahan.

Diingetin buat pipis cuma sekali pas bangun tidur karena dia biasanya masih mong gitu kan bengong jadi ya diingetin pipis baru pergi ke daycare.

Saya nggak beraninya kalau ke tempat kaya CFD gitu, jadi minggu lalu masih saya pakein diapers. Eh tapi terus dia bilang dong “ibu aku pake pampers ya? Aku boleh pipis di sini aja?” HAHAHAHA PINTAR. Terus dia pipis sambil berdiri di tukang baso lol.

Gitu doang. Gampang kan? Alah siapa bilang toilet training susah hahahahahaha. Tinggal lepasin aja diapersnya kok. Nggak perlu training pants segala soalnya ... mahal. Yang penting niat. Udah gitu aja. *SOMBONG TAK TERKIRA* hahaha

Selamat hari Rabu!

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
4 comments on "Bebe dan Toilet Training (2)"
  1. Yeaayy... Proud of you bebe. Akhirnya lulus juga toilet trainingnya 👏👏

    ReplyDelete
  2. Mungkin krn TT udh ngerti omongan orang ya jd gampang. Aku TT Aisyah pas dia umur setahun lebih dan susah sis, wakaka. Tapi Hikmahnya umur dua tahun udh lepas diaper. Tp klo ke luar mah ttp smp skrg pke popok, haha

    ReplyDelete
  3. Selamat, Bebe... . DUT-dut juga berhenti pipis sendiri, Kok. Diajatin buat pipis, istilah jawanya ditatur. Trus suatu malam dia ga mau dipakein pampers pas bobo. Alhamdulillah sampai sekarang lancar.Ya adalah sekali dua kali kelepasan ngompol. Hihii

    ReplyDelete
  4. Sombong sekali mamak xylo ini! Hahahaha.. Anakku juga baru hari ini trial toilet training. Langsung search google dan ketemu post ini. Yaampun apa ini, isinya kesombongan belaka, hih! Tapi aku suka! Hahahahaha

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG