Akhirnya Bebe Menyapih Dirinya Sendiri

on
Wednesday, May 10, 2017
Iya gengs, finally. :')


Kalau yang ngikutin cerita menyusui Bebe, pasti tau ya kalau saya nggak rela nyapih Bebe. Saya yang nggak rela berujung pada ya Bebe nenen terus nggak berhenti. Tapi bener kan yang saya bilang dulu kalau hidup akan menemukan jalannya sendiri karena Bebe tiba-tiba berhenti nenen minggu lalu. Tanpa niat apapun dari saya. YASSSS! So much win! I'm so proud of myself! XD

Di postingan ini To Wean or Not to Wean ini saya cerita kan gimana Bebe sudah mengurangi nenen. Itu sebentar doang HAHAHAHA. Beberapa bulan terakhir malah minta nenen terus duh. Apalagi kemarin-kemarin banyak long weekend, manja luar biasa dan berakhir kalau mati gaya ya nenen.

Oke karena ini akan panjang, saya akan bagi beberapa subjudul *ah elah udah kaya skripsi* Maaf ya panjang, ini penting soalnya kalau nggak ditulis saya akan lupa nanti nggak ada kenangannya HAHAHA.

👶 Capek nenenin Bebe 🍼

Jadi sejujurnya beberapa bulan terakhir emang saya beneran lelah nenenin Bebe. Pertama karena dia berat banget, tangan saya bisa kaku parah kalau nenenin sambil duduk. Nenenin sambil tiduran juga nggak mau diem, bisa bolak-balik di kanan terus ke kiri, dengan puting sebagai poros. Ya ampun capeknyaaa.

Kedua karena dia makin nggak tau waktu, kapan pun dia mau dia minta nenen, bukan lagi cuma mau tidur kaya pas umur 2 tahun. Kalau di mall gitu masih nenen sambil digendong Ergo kan berat ya. Juga saya makin panik karena gawat, makin jauh ke weaning hahahaha.

Akhirnya selama beberapa bulan itu juga saya selalu sounding sama dia, "Xylo sudah besar, harusnya sudah tidak nenen loh" atau "wah memangnya Xylo baby ya masih nenen?" dan "kalau Xylo sudah tidak nenen ibu masih mau peluk-peluk Xylo kok" terus-terusan kaya gitu. Tapi tetep saya kasih juga, nggak saya larang sama sekali. Dan pada saat itu, saya juga masih nggak tau kapan urusan pernenenan ini akan berakhir. Huhu.

Karena saya nggak pasang target atau apa, cuma ya hati ini udah teguh pendirian bahwa sudah merasa cukup menyusui Bebe. Saya siap kalau udah harus weaning. Tapi caranya gimana itu masih belum tau. Ya udah masih santai.

Kalau ada orang nanya "kok masih nenen sih?" saya masih jawab dengan "ya nggak apa-apalah, emang pernah liat anak SD nenen?" lol

(Baca: Menyusui Seperti Orang Mongolia, Orang Dewasa Masih Nenen Lho!)

👶 Bra menyusui 🍼

Di sisi lain, bra menyusui saya udah lecek dekil banget semua. Saya mulai pake bra biasa dan tring! langsung merasa muda HAHAHAHA. Abis selama ini menatap tetek sendiri kok ya begini amat, ternyata bra menyusui nenek-nenek itu pengaruh banget ya sama bentuknya lol tmi sorry not sorry. XD

Ini sedikit banyak ngaruh sama kenyamanan Bebe nenen karena biasanya dia nenen sambil pegang strap bra penutupnya itu. Ketika pake bra biasa, dia bingung dan agak sedih gitu karena kehilangan “pegangan”, literally. Akhirnya saya bilangin baik-baik.

Saya: “Xylo, beha ibu yang itu udah jelek semua, jadi biar ya pake yang ini?”
Dia: “Beli lagi dong ibu”
Saya: “Iya nanti kita coba cari ya”

Kebohongan terbesar abad ini karena ya saya nggak niat beli apalagi nyoba nyari HAHAHAHA

👶 Ulang tahun 🍼

Bulan depan Bebe akan pas 3 tahun, kebetulan ada temen daycare-nya yang baru ulang tahun juga dan baru ngerti konsep ulang tahun. Ada kue, bawa kado, bawa balon, dll. Saya tanya apa dia mau ulang tahun dan tiup lilin? Tapi berhenti nenen ya?

Jawabnya “Salo nggak mau ulang tahun, Salo mau nenen aja”

Ok saya nggak maksa. Tapi pas weekend lalu di Bandung itu, tiba-tiba dia bilang gini “ibu, kue ulang tahun mcqueen ada?”

Jadilah sambil nenen kami browsing Pinterest dan YouTube liat anak-anak yang ulang tahun dengan tema Cars. Saya masih tanya sekali lagi, jadi mau ulang tahun atau mau nenen? Jawabnya masih nenen dong. Nenen is lyfe.

(Baca: Drama Berikutnya adalah Toilet Training)

👶 Penolakan pertama 🍼

... dan terakhir. HUAAAAA.

Intinya long weekend itu saya capek banget! Bebe juga capek kali kan karena dua minggu berturut-turut ke Bandung terus karena ada lamaran keluarga. Mana manja luar biasa, capek lah, mending kerja saya mah daripada harus long weekend terus-terusan. Bokek iya, capek iya. T________T

Di mobil on the way ke Jakarta, masih di Bandung belum masuk tol pun, Bebe minta nenen dan saya tolak. Nolaknya nggak becanda, beneran saya tepis tangan dia yang mau buka baju saya. Dia nangis sedih sesenggukan. Saya diemin aja cuek seolah nggak ada apa-apa. Saya bilangin singkat "sudah ya tidak perlu nenen karena sudah besar".

Nggak sampai 5 menit kemudian dia meluk dan ketiduran, tanpa nenen wow sungguh prestasi. Waktu itu saya nggak nyangka sama sekali kalau dia udah nggak akan minta nenen lagi. :')

Dan ya, sampai sekarang dia nggak minta nenen lagi. Sama sekali. Udah hampir 2 minggu lah. Kaya tiba-tiba berhenti aja gitu dia nggak mau lagi. Aku happy sekaligus mellow banget meluk-melukin Bebe terus. HUHUHUHUHU.

*

(Baca: Manajemen ASI Perah untuk Ibu Bekerja, Nggak Kejar Tayang!)

Besoknya di daycare dia sombong ke mbak-mbak daycare kalau udah nggak nenen sekarang. Karena sudah besar, sudah bukan baby. Sotoy ya gemes HAHAHAHA.

Begitulah cerita Bebe yang akhirnya menyapih dirinya sendiri. Nggak bisa tidur masih lah tapi so far so good, nggak minta sama sekali! Cuma kemarin sekali dia lupa kali mau angkat baju saya terus kaya keinget gitu terus minta susu. Anakku besaarrr aku nervous harus bayar sekolah nyahahahaha.

Satu hal yang saya syukuri, saya tidak mengganti nenen dengan hal lain jadi tidak akan menimbulkan masalah ketergantungan baru. Kan suka ada ya yang berhenti nenen tapi boleh pegang beha ibu, jadinya nggak ada beha tetep cranky. Saya juga bersyukur karena tidak perlu pait-pait atau apalah yang bikin dia terpaksa berhenti.

Karena sejak awal saya percaya, dia akan berhenti ketika saya dan dia siap untuk berhenti. :'))))

Btw pas ditanya "Xylo kok berhenti nenen sih?"

Dia: "Salo sudah besar, Salo mau happy birthday to you (nyanyi)"

JADILAH! Saya nyiapin pesta ulang tahun di daycare hahaha. Nggak pesta amat sih cuma potong kue doang sama hampers. Basa-basi aja karena nanggung ngasih pilihan mau ulang tahun apa mau nenen hahahaha.

*

Minggu depan mau cerita ah kenapa saya nggak tergoda weaning di umur 2 tahun pas kaya orang-orang dan gimana perjalanannya. Ditunggu yaaaa! LUV! :*

-ast-

Baca awal-awal perjuangan ngasi di sini:
Tentang 6 Bulan Ng-ASI 
Tentang Menyusui Bebe 
LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


FOLLOW @annisast ON INSTAGRAM!

8 comments on "Akhirnya Bebe Menyapih Dirinya Sendiri"
  1. Lucunya di Bebe. :D Hehehehehe .... Paling suka bagian yang cerita ma Mbak Mbak daycarte itu. Pasti cute banget ekspresinya. :v

    ReplyDelete
  2. Menyapih anak emang susah2 gimanaaaa gitu. :D

    ReplyDelete
  3. Bebe gentleman banget. Cewek bilang no, ya no. Jadi selamanya no. 😂

    ReplyDelete
  4. Hebat banget Bebe, nggak pakai drama sapih menyapih :")

    ReplyDelete
  5. "Salo sudah besar, Salo mau happy birthday to you!" :'DDD
    Bebeeee kamu daebak!

    ReplyDelete
  6. Selamat Salo! (':

    Aku juga semenjak enjoy nyusuin anak jadi woles banget nggak mikirin mau nyusuin sampe kapan. Mungkin sampe kayak Salo minta berenti sendiri kali yah? Biar less drama juga yaa.

    Asikkk akhirnya mama bebas tugas! *lambai2nursingbra* :D

    ReplyDelete
  7. Tambahan cerita dari ibuku: dulu sempet mau pake obat merah pas mau nyapih adiku. Tapi ga tega, ya ampe berenti sendiri juga akhirnya. G ampe TK juga kok hihi

    ReplyDelete
  8. Suka sekali sm gaya cerita mba.. lgsg kebayang anakku yg msi 14bln n msih nenen, tetiba baper #aahhhh. salam sayang bwt xylo yg sudah besar..:*

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)