Tips Manajemen ASI Perah Tanpa Kejar Tayang

on
Wednesday, February 18, 2015
Manajemen ASI perah untuk ibu bekerja.

Siapa di sini yang masih menyusui dan bekerja jadi harus pumping ASI tiap hari? SAYAAAAA!

Ini ceritanya sok-sokan mau ngasih tips manajemen ASIP karena banyak yah yang ternyata ASIP nya kejar tayang. Temen kantor saya yang suka pumping bareng, nyerah kasih susu formula di bulan ketujuh karena freezer yang tadinya penuh jadi kosong. Kejar tayang nggak kekejar, suforlah dikasih.

Saya sendiri alhamdulillah belum merasakan kejar tayang. Stok cuma di freezer kulkas atas aja. Pas Bebe 6 bulan, ASIP satu kulkas kecil (seukuran kulkas hotel) saya buang semua karena tanggalnya lewat 3 bulan dan donor ASI itu terlalu complicated (religion wise, I just don't want to do that so please judge, i don't care).

Sekarang tabungan saya cuma se-freezer itu aja. Kalau penuh, saya cari botol dengan tanggal terlama dan buang. Jadi dalam freezer itu jumlah botolnya akan tetap sama. Pertimbangannya karena so far, tabungan belum pernah terpakai karena Bebe selalu minum ASIP fresh yang dipompa kemarinnya. Pertimbangan kedua, listrik mahal banget gilak. Pake satu kulkas bisa irit listrik lumayan banyak. Pertimbangan ketiga, nggak perlu beli botol lagi. Tiap botol abis, cari tanggal terlama, buang, punya lagi deh botol kosong.

Oiya, saya selalu pake ASIP fresh buat Bebe, bukan ASIP stok. Fresh artinya ASIP yang baru dipompa kemarin atau kemarinnya lagi, nggak lebih dari seminggu. Jadi saya nggak pake sistem pakai tanggal terlama, tapi pakai tanggal terbaru. Nggak tega ah, masa Bebe yang 8 bulan dikasih ASIP untuk bayi 5-6 bulan. :D

(Baca dulu: Tentang 6 Bulan Ng-ASI)

Saya sadar diri baru menyusui 8 bulan jadi masih panjang perjalanan menuju dua tahun. Masih banyak sekali yang mungkin terjadi. Tapi tips di bawah ini mungkin bisa membantu ibu-ibu lain yang struggling karena kok ASIP nya tinggal dikit lagi? Kok rasanya pumping terus tapi kejar-kejaran? Mungkin ada yang salah manajemennya buibu, baca dulu ya!

Btw saya akhirnya sukses menyusui sampai 2 tahun 10 bulan. Baca cerita weaningnya di sini: Akhirnya Bebe Menyapih Dirinya Sendiri

1. Hitung jumlah kebutuhan ASIP

Ini inti dari segalanya keberhasilan ASIP tanpa kejar tayang. TULIS berapa ml atau berapa botol kebutuhan bayi setiap hari. Minta nanny atau neneknya untuk membiasakan diri selalu tulis minum berapa botol hari ini. Saya juga baru sadar saya selama ini bisa sisa, karena saya selalu cek laporan daycare Bebe minum berapa banyak setiap hari. Fungsinya sebagai gol untuk pumping besok.

Misal hari ini Bebe minum 500 ml. Artinya 5 botol ASIP berkurang dari freezer. Artinya besok saya harus pumping minimal 500 ml untuk ganti botol yang hilang dari freezer itu. GIMANA PUN CARANYA HARUS DAPET MINIMAL 500 ML. Nggak sekali dua kali saya pumping di mobil pulang kantor, sambil Bebe nenen karena hasil pumping di kantor masih kurang.

Masih kurang juga? Power pumping! Pumping sambil nenenin, sambil nonton film, sambil ngapainpun! Paling sedih kalau udah menjelang jam tidur dan stok masih kurang, mau nggak mau bangun jam 2 atau jam 3 buat pumping. KALAU NIAT PASTI BISA!

Saya juga bukan tipe yang sekali pumping bisa dapet sampai 300-400 ml. Sekali pumping itu kanan-kiri maksimal banget dapet 250. Standarnya saya cuma dapet 100-200 ml (total kanan-kiri loh), jadi memang harus nambah jadwal pumping. Mau nggak mau.

Saya mah anaknya ambisius banget kan ya, jadi golnya selalu saya lebihin. "Oh, Bebe hari ini minum 500 ml, okay besok harus pumping ENAM RATUS MILI". Dengan gol lebih gitu, akan selalu ada ASIP tertabung setiap harinya.

2. Weekend Supply

Hayoooo, siapa yang kalau weekend malah nggak pumping? Jangan dong! Weekend tetep pumping, meskipun cuma dapet 100-200 ml, weekend supply ini fungsinya untuk tabungan. Loh iya dong, kan buat Senin ada ASIP yang dipompa di hari Jumat! ASIP hari Jumat dipakai buat hari Senin, ASIP hari Sabtu-Minggu buat tabungan. Nah kalau sukses nambah weekend supply, logikanya udah nggak mungkin kejar tayang ya, karena selalu ada stok dari weekend. :)

3. Pompa saat penuh

Ini biasanya saya lakukan kalau weekend dan pengen nambah stok ASIP. Kalau payudara kerasa penuh, JANGAN DISUSUI KE BAYI. Pompa sampai terasa kosong. Kalau bayi mau nenen? Ya nenenin aja itu payudara kosong. Pengalaman saya, payudara kosong memang kosong kalau dipompa, tapi nggak bakal kosong kalau diisap bayi. Isapan bayi kan beda yah, mau kerasa kosong juga keluar aja itu ASI.

Nah sebaliknya, kalau payudara penuh terus malah disusui, nanti pas pumping pasti dapetnya sedikit atau malah nggak dapet sama sekali. Jadi sekali lagi, kalau kerasa penuh, pumping dulu!

(Baca: 13 Hal yang Hanya Bisa Dirasakan Ibu Menyusui)

4. Pelit sama tabungan ASIP

Saya pelit banget super! Dari Bebe lahir sampai sekarang, belum pernah pergi-pergi bawa ASIP. Bebe pergi sama saya, ngapain ngambil tabungan ASIP? Pernah sekali ASIP diambil untuk ngetes apakah Bebe mau dikasih via botol sama JG. Tapi setelahnya no! Mending saya repot nenenin Bebe di tempat umum, di mana pun, daripada harus ambil tabungan ASIP.

Saya nenenin Bebe di restoran, di mobil, sampai di kantor imigrasi. Kita aja lapar dan haus pengennya makan dan minum dong, sama juga hak Bebe untuk dapet makan dan minum dia secepatnya. Meskipun artinya harus diem di pojokan atau nyusuin sambil ditutup pakai jilbab. (saya anaknya malesan bawa apron, jilbablah bisa ditarik dikit jadi apron lol) NO ASIP WHEN YOU'RE WITH ME, BEBE! Hahaha

Banyak ibu-ibu yang memilih bawa ASIP aja karena ribet kalau harus nenenin di tempat umum. Harus pake baju menyusui (baju berkancing), harus ini harus itu. Buat saya, lebih ribet harus bawa cooler bag dan botol. Ribet harus cairin ASIP-nya. Ribet juga harus cuci botolnya nanti di rumah.

5. DISIPLIN

Ini yang paling susah ya kayanya. Saya aja tadi pagi bablas jadwal pumping karena keasyikan kerja *pencitraan*. Selalu kasih deadline untuk pumping. Misal mau pumping sehari 3x di kantor. Pumping 1 maksimal jam 9, pumping 2 maksimal jam 1, pumping 3 maksimal jam 4.

Saya sekarang cuma pumping 2x, maksimal jam 11 sama jam 5 sore. Jangan lewat jadwal! Karena kalau lewat jadwal dan malah bablas ke jadwal berikutnya, hasilnya nggak bakal jadi 2 kali lipat juga kan. Misal kalau sesuai jadwal: jam 11 dapet 200, jam 5 dapet 200. Eh jam 11 kelewat, pas pumping jam 5, nggak mungkin saya dapet 400 ml sekaligus. Mau nggak mau harus sesuai jadwal.

***
Nah tuh, tipsnya cuma 5 ternyata. Ditambah doa yang khusyu dan online dan offline shopping once in a while insya Allah ASI akan terus mengalir deras. Jangan lupa ngemall buat window shopping buibu. Sempetin beberapa menit sehari untuk ngerjain hobi juga bisa bikin happy. Buang jauh-jauh pikiran negatif. Usir orang yang selalu kasih aura jelek. :D

Ribet? Pernahkah ada yang bilang menyusui itu mudah? Menyusui itu susah karena harus berdamai dengan diri sendiri. Harus mengikhlaskan banyak sekali waktu. But believe me it's totally worth it! Worth the money and the health of the baby. :D

Kapan mulai mompa? Saya sendiri mulai mompa sebulan setengah sebelum masuk kerja soalnya malaaassss. Salutlah sama ibu-ibu yang bahkan di rumah sakit pun udah mompa. Saya baru mompa pas Bebe mau umur 2 bulan, itupun hasilnya habis karena si Bebe belajar pake soft cup feeder lah, belajar pake botol ini itu ini itu.

(Baca: Tentang Drama Pilah Pilih Dot)

Tapi yang lalu biarlah berlalu, sekarang mah doanya biar supply ASI lancar terus sampai tiba saatnya Bebe cukup usia untuk tidak ng-ASI lagi.

Semangat buibuuuu! :D

Follow Instagram saya yuk! Banyak cerita seru yang saya share di sana, mau tanya-tanya soal ASI juga boleh! Klik @annisast!

-ast-
LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


FOLLOW @annisast ON INSTAGRAM!

21 comments on "Tips Manajemen ASI Perah Tanpa Kejar Tayang"
  1. semangat mak.. semoga lancar sampai 2 tahun ya..

    ReplyDelete
  2. Semangat mak. Jadi kangen masa masa menyusui juga nih ~

    ReplyDelete
  3. Salut sama semangatnyaaa. Semangat makkk!!!

    ReplyDelete
  4. Kejar tayang? Itu aq bangeeeet :)
    Kepedean mompa bakal dapet banyak, baru belajar mompa and nyetok asip seminggu sebelum masuk kerja. Punya stok cuma 10 botol @100 ml. Tapi dengan niat kuat alhamdulillah akhtar ngasi sampe 2 tahun 8 bulan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, niatnya harus kenceng! bismillah!

      Delete
  5. kejar tayang? AKU BANGET!! Hiks.
    insya alloh tips ini dicoba untuk anak ketiga. amin. heheheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha aku mah parnoan teh jadi semua harus disiapkan baik-baik XD

      Delete
  6. iiih maaak, aku udah punya tabungan ASIP, tapi kemarin tiga hari tiga malam mati listrik daaan semuanya basi :( #nangisdarah

    ReplyDelete
  7. Anak pertama ngerasain banget nih pumping kejar tayang. Soalnya kakak minumnya jagoan padahal cewek. Bisa sampai 8x sehari = stress = minim jam tidur = mata panda. Lol.

    Anak kedua belajar dari pengalaman. 2minggu lahiran mulai pumping kaya kesetanan. Stok asip full = baby happy = mommy happy = tidur cukup = muka kinclong, gak mau kalah sama abege secara udah turun mesin 2x ya gaaakk.. LOL

    Sukses terus mba, happy pumping! ��

    Mommynya G&J

    ReplyDelete
  8. Mak ini sangat membantuuuu bgt. Saya akan coba asupan makanan sama obat plus nerapin tips darimu ini Maaakk...Makasih :)

    ReplyDelete
  9. Mbak saya minta saran donk. Anak saya usia 2 bulan, full asi, seminggu lagi saya masuk kerja, belum stok asip sama sekali.. kira2 terkejar ga ya untuk stok asip.. nanti anak saya titip di tpa tetapi tpa nya ga ada kulkas, saya pikir nanti asip nya masuk ke cooler box saja ya, masalahnya saya tidak tahu mbak asip tahan berapa lama.. misalnya saya pumping hari ini untuk stok besok bisa ga ya? Asip saya perah di kantor lalu masuk ke cooler bag trus sampai rumah masuk ke chiller. Keesokannya langsung saya masukkan ke cooler box untuk stok asip anak saya itu tahan berapa lama? Duh saya benar2 bingung mbak.. trus kalau asip dari freezer malamnya saya turunin ke chiller kemudian keesokannya pagi saya masukkan ke cooler box itu tahan berapa lama ya.. minta bantuannya donk mbak..pleasee.. makasi ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo. kalau mulai sekarang juga pasti terkejar kok. mulai sekarang setiap nenenin, sebelah nenen sebelah pumping. meskipun dapet cuma 30-50 ml pun nggak apa-apa. simpen dulu di kulkas bawah. nanti pumping berikutnya kalau dapet 50 ml lagi, gabung sama hasil pumping sebelumnya, baru taro freezer.

      asip kalau dalem cooler bag sih tergantung ice gelnya ya. kalau yang ice gel biru harusnya tahan sampai 12 jam. bisa banget untuk naro di tpa. untuk jaga-jaga, di dalem cooler bagnya taro 2 ice gel aja biar dingin banget.

      bisa kok kaya yang mbak sebut itu. asip pumping di kantor, masuk cooler, masuk chiller, balik lagi masuk cooler bag untuk di tpa. asal penyimpanannya benar, asip tahan lama kok.

      yang paling penting jangan lupa masukin ice gel ke freezer malemnya karena kan pagi harus udah siap.

      semangaaattt! :D

      Delete
  10. ANak pertama kejar tayang mak, untung yg kedua sudah lebih ahli dan agak nyante karena stok banyak. Bener tuh tipsnya, harus disiplin dan weekend tetep merah.

    ReplyDelete
  11. Mak...bagi tipsnya dong biar baby mau asip. Baca tulisan diatas, mulai nyoba ngasip 2blnan. Kan dia udah terbiasa dgn puting kita yg soft & enak. Pake botol apa & gimana caranya ngasih asipnya? Tengs :)

    ReplyDelete
  12. mba cara gabungin hasil pompa an gimana ya? saya pumping pagi dapet 50ml, siang cuma 30ml, bisa digabung ga ya pagi dan siangnya ? mohon info-nya hehe terimakasih

    pengen sekali sedot bisa 100an ml..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg pgi simpen dlu d chiller, nanti dpt lgi 30ml gabungin ma yg pertama tdi. Setelah itu bru simpan di freezer

      Delete
  13. Mbak, makasi yaa, baca ini jadi asupan semangat buat saya. Stok di kulkas cuma ada 1000 ml, sedangkan anakku selama ditinggal kerja abisin 500ml. bener2 kejar tayang banget, soalnya pumping di kantor paling bisa 3x, itupun cuma dapet 300-400ml, bener2 keteteran. Bayiku baru umur 3 bulan. Bener2 harus kerja keras sampe bisa stok 500ml per hari. Jadi, emang bener2 harus dipaksain pumping kalo bisa sampe bangun di dini hari.

    Makasih ya mbak atas sarannyaaa...

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)