-->

APPS REVIEW: The Wonder Weeks

on
Monday, February 9, 2015

First time mom pasti suka bingung ya kan kenapa bayi ada kalanya nangis terus tanpa alasan. Kalau emaknya drama (kaya saya), crankynya si baby akan berbanding lurus dengan crankynya saya. Capek jadi berkali lipat karena mengulang pertanyaan dari dalam hati sampai diteriakin beneran karena kesel: INI ANAK KENAPA SIH?!!!

Nah awalnya saya gitu sampai akhirnya nemu aplikasi brilian namanya The Wonder Weeks saat Bebe umur 3 mingguan. The Wonder Weeks my savior!

Di aplikasi ini, kita tinggal memasukkan due date kelahiran anak. Due date yah bukan tanggal lahir. Nah nanti dia otomatis bikin chart kapan si anak akan rewel karena leaps! Leaps ini semacam growth spurt, jadwalnya memang teratur untuk semua anak sampai anak berusia 2 tahun.

review aplikasi bayi the wonder weeks


What is a mental leap?


A leap in the mental development of your baby means that suddenly there are many changes in his head. Suddenly, his brain perceives things it wasn’t capable of perceiving before. This change is so great that his entire world suddenly looks different.

Setelah melewati setiap leap, bayi akan punya kemampuan baru. Dan setiap dia berada di periode leap, dia akan rewel luar biasa. Kerjanya cuma nenen nangis nenen nangis nenen nangis. Di Wonder Weeks, dikenal dengan istilah 3C: Clingy, Cranky, Cry.

Saat sedang leap, Bebe akan ngegantel terus sama saya, super cranky, dan nangiisssss terus. Apalagi pas di bawah 3 bulan, kalau lagi leap, tidur juga nggak bisa lama-lama. Bangun setiap 15 menit sekali. T____T Sekarang sih mendingan, meskipun lagi leap, tidur malem tetep normal. Cuma Bebe lebih cepet bosen aja karena maunya observing segala hal.

Nah, buat saya pribadi, aplikasi ini membantu menjaga kewarasan. Bayi nangis mulu itu kan bikin stres ya. Bikin stres karena kita nggak ngerti dia maunya apa. Gimana mau ngerti lah ngomong aja nggak bisa. Wonder Weeks ngasitau saya kapan Bebe rewel, kenapa dia rewel, dan secara ajaib aplikasi ini tahu persis kapan waktunya dan kenapa!

review aplikasi bayi the wonder weeks
periode leap dan kapan terjadinya

Misal dua bulan lalu waktu Bebe 6 bulan. Wonder Weeks bilang Bebe sedang belajar jarak. Bahwa sesuatu bisa jauh atau dekat jadi dia akan nangis kejer kalau ayah ibunya pergi walau cuma semeter pun. Dia belajar tinggi rendah (makanya jatoh-jatohin barang dari kursi makan terus). Dia belajar sebab akibat (kalau mainan dipukul ke meja akan menimbulkan bunyi). Dan masih banyak lagi.

Pencerahan sekali. Bahwa bayi melakukan segala sesuatunya dengan alasan. Bayi nangis terus bukan karena manja, tapi karena sel-sel di otaknya terus belajar sesuatu yang baru.

Wonder Weeks bikin saya jadi lebih sabar dan lebih mengerti Bebe. Lebih mengerti kalau dia rewel saat sedang leap, saya nggak perlu marah. Memang sedang "jadwal" nya dia rewel. Apalagi aplikasi ini juga ngasih info kapan leapnya berhenti. Jadi saya bisa menghibur diri dengan "sabar. sabar, 3 hari lagi". :))))

review aplikasi bayi the wonder weeks
sabar yah, 19 hari lagi :O :O

Aplikasi ini juga ngasih tahu Summary (gambaran umum apa yang sedang terjadi pada bayi), Abilities (setelah leap ini dia akan mampu melakukan hal-hal baru apa), Sign (tanda-tanda yang umum terjadi), dan Help (bagaimana membantu bayi agar melewati leapnya dengan maksimal). Yang ini suka bikin kaget. Soalnya tepat banget! Tepat karena sebelum era digital, aplikasi ini merupakan buku yang penulisnya udah meneliti tentang child development sejak tahun 70-an.

review aplikasi bayi the wonder weeks
jealousy: kalau Bebe lagi nenen,
 saya nggak boleh sambil ngobrol sama orang lain

review aplikasi bayi the wonder weeks
kemampuan yang akan dikuasai setelah leap ini selesai.
TEPAT SEKALI!

Di bagian chart, kalau gambarnya awan petir artinya Bebe akan ngamuk seperti petir -____-. Dan di gambar matahari, dia akan cerah ceria.

review aplikasi bayi the wonder weeks
muka bayi itu tanda Bebe lagi di leap yang mana.

Oiya, aplikasi sekeren ini tentu nggak gratis, tapi tetep murah kok. Untuk iOS cuma 1,99 dolar, untuk Android cuma Rp 25 ribu, dan untuk Windows Phone malah cuma 1,49 dolar. Uang segitu kalau buat ke mall juga cuma bisa buat parkir doang ya kan. :p

Download The Wonder Weeks App here:

iOS 
Android
Windows Phone

Tapi kalau mau gratis, bisa sign up di website resminya. Nanti notifikasinya dikirim via email. Saya sih lebih suka aplikasi karena ada chartnya. Jadi bisa mengira-ngira kapan leap berikutnya akan terjadi.

Baca lebih lengkap di website resmi The Wonder Weeks:

What is a mental leap? Phases in a mental leap
The 3 C’s: Clinginess, Crankiness and Crying


-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
17 comments on "APPS REVIEW: The Wonder Weeks"
  1. wah keren banget ini aplikasinya. terimakasih infonya ya mbak. pasti akan saya pakai kalau nati diberi titipan anak kedua. semoga secepatnya. amiiin :)

    ReplyDelete
  2. Aplikasinya keren mbak.
    Pasti bermanfaat bagi teman2 yang punya baby nih.

    ReplyDelete
  3. Wah kyknya asyik nih Mak appnya, cobain aah...:)

    ReplyDelete
  4. Aplikasi ajaib ini mah,bisa banget dicobain biar gak pusing menerka-nerka what happen with my child :D tenkyu sharingnya.

    ReplyDelete
  5. sebelumnya belum pernah lihat aplikasi seperti ini mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada sih sebenernya beberapa aplikasi semacam ini, tapi ini yang paling ok! :D

      Delete
  6. wah, banyak aplikasi keren, ya. Dulu wkatu saya punya baby, belum ada aplikasi sekeren ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa aku beruntung punya baby di zaman smartpon gini hihihi

      Delete
  7. Waaahh.. Ada toH mba aplikasi kayak gini. Langsung ke appstore ah buat jaJan the wonder weeks. Thanks infonya :)

    ReplyDelete
  8. Waaahh.. Ada toH mba aplikasi kayak gini. Langsung ke appstore ah buat jaJan the wonder weeks. Thanks infonya :)

    ReplyDelete
  9. Baru tau ada aplikasi begini pas anak udah 2 tahun.
    Kayaknya udah telat ya..? T___T

    ReplyDelete
  10. aihhh aplikasi ini keren banget! entar ah kalo babynya dah lahir mau donlot.. ini cuma ampe 2 taun sih ya? kalo buat kakaknya yang uadh mau 5 taun masih bisa ga sih?

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG