Rekomendasi Tempat Kursus Online

on
Monday, January 8, 2018

Siapa yang udah pernah ikut kursus online? Menuju 2018 yang lebih gemilang, gimana kalau mulai tahun ini kita sisihkan uang sedikit untuk belajar sesuatu yang baru?

Nah karena dateng ke tempat kursus mah rasanya mustahil ya bagi kita ibu-ibu yang udah struggle banget ngurus kerjaan dan rumah, jadi kursus online aja yuk!

Dari tahun lalu JG udah ngomong terus berkali-kali dengan berbagai topik "eh kamu mau belajar xxx nggak?" jawaban saya selalu nggak ah males hahahaha.

Kenapa dia nawarin? Karena dia punya akses gratis ke salah satu penyedia kursus online. Tar saya ceritain lengkap di bawah ya. Intinya sekarang saya mau nge-list di mana aja kamu bisa ikut kursus online?

Maunya kursus online gratis? Ya ada, di YouTube juga banyak, tapi ya kalau niat belajar coba nabung dulu biar ikut kelas yang bayar. Kalau udah ikut kelas bayar biasanya lebih semangat karena ada prinsip ogah rugi di baliknya yakaannn.

Di mana aja?

Lynda


Ini yang JG tawar-tawarin terus ke saya karena dia dapet akses gratis dari kantornya. Jadi kantor JG kerja sama sama Facebook dan LinkedIn terus ..... nggak tau deh lupa hahaha. Intinya karena Lynda ini punya LinkedIn, karyawan kantornya JG jadi bisa akses gratis.

Lynda bagi 5 kategori course-nya jadi software development, web development, design, business, dan photography. Mau coba dulu boleh, free trial 30 hari, kalau mau bayar yang basic itu USD 19.99 dan yang Premium USD 29.99. Bedanya yang premium bisa didownload jadi belajarnya nggak perlu streaming.

Tapi streaming juga nggak seberapa kok. Asal kalian menggunakan waktu dan kuota yang biasanya dipakai untuk YouTube-an jadi ambil kelas hahahaha.

Udemy



Nah kalau kalian liat di Instagram, saya kemarin ambil course gambar di Udemy ini. Simply karena ya ampon nongol mulu iklan diskonnya tiap buka YouTube. Diskon sampai tanggal 11 Januari, all course US$ 10.99 atau Rp 150ribuan!

Dikasih diskon ya tergoda lah jadi ambil 2 course deh, satu gambar satu fotografi. Iya, selain gambar saya lagi pengen naik level banget soal foto.

Udemy ini kursus online terbesar di dunia dengan 55ribu courses gila nggak sih. Gila banget karena harus pinter-pinter cari course yang "bener". Cari yang student-nya udah puluhan atau ratusan ribu dan reviewnya bagus. Iya kaya belanja aja gitu karena ini marketplace, semua orang bisa naro course di sini jadi harus pilih-pilih yang lecturer-nya memang bener.

Dia sistemnya bayar per course jadi nggak perlu langganan. Banyak yang satu course harganya US$ 200 gitu kan stres aja kalau nggak diskon. Tapi sebenernya kalau les offline sih ya susah juga ya nyari yang waktunya fleksibel dan harga segitu. Jadi ketika diskon, manfaatkan!

Karena meski diskon, tetep dapet lifetime access kok jadi selamanya bisa diakses. Good deal banget sih buat aku mah!

Coursera



Nah beda sama Udemy, kalau Coursera ini curated banget. Course-nya lebih sedikit tapi semua instrukturnya itu dari universitas ngetop dunia. Setelah lulus, Coursera juga nerbitin sertifikat jadi bisa nambah portfolio buat yang mau cari kerja.

Bisa sampai S2 online loh di sini! Tapi cuma beberapa jurusan aja dari University of Illinois. Dan ya seleksi dulu juga sama kaya S2 biasa. Bayarnya juga mayan bisa buat beli rumah hahahaha. Yaeyalah S2 di Amerika nurut ngana aja masa mau 150ribu ya kan.

Saya nggak pernah coba tapi katanya ada yang free cuma ya gitulah topiknya nggak se-wow yang bayar. Kalau bayar itu dari US$ 29 sampai US$ 79. Udah dapet sertifikat dan final grade.

Pendidikan memang hanya untuk mereka yang mampu. *sigh*

Skillshare



Sebelum pake Udemy, saya belajar gambar cat air dari Skillshare ini. Taunya karena banyak YouTubers niche gambar yang punya course di sini. Jadi di YouTube mereka cuma semacam teaser doang, banyaknya malah di sini. Endorse sih ya kayanya soalnya banyak banget YouTubers gambar yang pake.

Skillshare ini juga course-nya banyak cuma nggak terlalu serius. Top course-nya itu malah soal handlettering sama design. Nggak kaya course lain yang topnya itu pasti soal coding-codingan atau IT stuffs gitu ahahahaha.

Dulu sih sebulan pertama free, sekarang 3 bulan pertama langsung bayar tapi sebulan cuma US$ 0.99 alias Rp 15ribu. MAYAN BANGETTTTT. Berikutnya kalau mau lanjut juga nggak terlalu mahal, sebulan cuma US$ 12 udah dapet semua course.

IndonesiaX



Nah kalau ini lokal dan semua gratis yeaayyyy! Saya kemarin coba daftar terus ngiiingggg bingung mau ambil yang mana ya? HAHAHA.

Terus masih meraba-raba juga karena pas coba ambil satu course kok ya udah ketinggalan dan nggak bisa akses kelas sebelumnya. Jadi kayanya ada jadwalnya gitu deh.

Coba ulik sendiri lah hahaha. Kan udah dikasihtau gratis lol. Yang ngisinya ngetop-ngetop loh, ada Wishnutama NETTV, Rhenald Kasali, dan praktisi-praktisi lain.

Layak dicek untuk mengisi waktu luang daripada scroll-scroll IG terus kurang faedah ya nggak?

*

Nah simpulannya, Lynda ada free trial tuh bisa dicoba banget. Jadi sebenernya niat belajarnya dulu, kalau udah keukeuh mau kursus online gratis ya tinggal ambil trial di Lynda, efektifkan belajar dalam sebulan, terus ambil di Skillshare. Atau kalau lebih niat, bikin email baru terus trial lagi hahaha.

Tapi sedih nggak sih kaya gitu. Modal atuhlah dikit, niatlah menabung untuk belajar ok! Masa anak terus disuruh belajar tapi kitanya nggak. Nanti ketinggalan loh nggak satu pace lagi sama anak. Jangan sampai lah ya!

Dan course ginian kan sebenernya nggak perlu terus-terusan. Dalam sebulan aja udah bisa belajar banyak hal kok. Apalagi kalau udah jelas mau belajar apa, belajar foto, belajar gambar, atau bahkan digital marketing untuk ngembangin online shop. Ada kok semua.

Dan mereka (kecuali IndonesiaX cmiiw) ada appsnya juga jadi bisa belajar sambil di jalan atau lagi nunggu sesuatu. Jangan biarkan ruang dan waktu membatasimu. *AYE*

Jadi mau belajar hal baru apa 2018 ini?

-ast-
LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


FOLLOW @annisast ON INSTAGRAM!

10 comments on "Rekomendasi Tempat Kursus Online"
  1. Baru tau ada yang lokalnya, IndonesiaX. Sebenernya yang beginian manfaat banget ya biar ga buang-buang waktu. Tapi harus konsisten banget kalo mau kursus online soalnya kan ga keluar rumah. Jadi rasanya males aja terus lol😂

    ReplyDelete
  2. aku dari kapan taun ikutan coursera tapi belum pernah sekalipun beres sampe terakhir, hiks.. apa karna ambil yang gratis ya? haha jd kurang effortnya karna haratisan.. bisa lah ini masuk resolusi 2018, aye~ nuhun teh udah diingetin

    ReplyDelete
  3. wah, aku baru tau ada kursus online begini. Menambah wawasan banget! Makasih yaa teh icaa :)

    ReplyDelete
  4. Postingan berfaedah banget, Cha. Thanks for sharing!

    ReplyDelete
  5. Thank youuu mbaaak. This ks exactly what I'm looking for. Jadi IRT tetep harus belajar kan ya? Looove today's technology!

    ReplyDelete
  6. Waaah, sekarang ada yang lokal juga ternyata.. Langsung cek IndonesiaX ah.. TFS ya Cha.. :)

    ReplyDelete
  7. Klasio termasuk kursus juga gak yah... tapi Rhenald di IndonesiaX menggoda banget ilmunya kali bisa jdi faktor x utk masa depan

    ReplyDelete
  8. Ada lagi sebenernya online course gini, tapi lupa namanya :’)

    Semangat banget pas nemu online course sampe langsung ambil 3 kelas berbarengan. Yang tentu saja berujung nggak selesai :’D

    Online course gratis itu berasa dapet hadiah sih. Tapi rasanya kurang termotivasi karena gratis #ALESAN hahahaha

    Tapi terima kasih rekomendasi online course nya! Jadi punya banyak pilihan :3

    ReplyDelete
  9. Lynda coursenya base video atau juga ada teksnya mba? Mayan keknya bisa nyempil di fotografinya

    ReplyDelete
  10. Wih dapet akses lynda gratis, jadi ngiriii! :'(

    Lynda suka ada promo/diskon nggak mbak? Kan lumayan hehe
    Saya biasanya cuma muter2 udemy & skillshare soalnya, jadi nggak terlalu kenal lynda

    Btw lukisan cat airnya mbak bagus2 ya, cantik2 warnanya :D

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)