Misteri Sugar Bugs, Urat Hijau di Hidung Bayi

on
Wednesday, November 25, 2015
perhatikan hidung Bebe. Ada ungu-ungu kan di antara kedua mata?

Judulnya nggak lebay soalnya urat hijau di hidung bayi itu beneran misterius lol. Beberapa hari setelah Bebe lahir, saya sadar kalau di hidungnya ada urat hijau ungu yang kentara sekali. Sebelumnya bingung soalnya kok kaya yang bonyok gitu. Pas jadwal ke dokter, saya tanya sama dokternya katanya no problem, no worries.

Okelah kalau gitu. Tapi suatu hari saya kepo juga. Soalnya sempet baca status siapalah gitu kalau urat di hidung itu related ke ADHD (Attention deficit hyperactivity disorder). Duh kalau ADHD kan sedih. :( Mana agak sensitif kalau denger kata hyperaktif karena Bebe anaknya memang sangat aktif. Jadilah saya cari tahu soal urat dan ADHD ini.

Nggak seperti topik lain yang hasil pencariannya jutaan, topik ini sedikit sekali yang membahas. Ternyata urat hijau di hidung bayi itu (katanya) bernama Sugar Bugs atau kanmushi dalam Bahasa Jepang. Dan rata-rata para ibu yang curhat di blog kaya saya gini, merujuknya ke website ini. Ini saya rangkum aja di bawah ini dalam bahasa Indonesia ya.

Disclaimer: Ini hanya rangkuman diskusi ibu-ibu seantero internet raya dan di dunia nyata yang saya temui langsung. Tidak ada bukti hubungan secara medis dan hasil diskusi dengan dokter anak pun hasilnya nggak ada yang perlu dikhawatirkan. 

Apa itu Sugar Bugs?


Sugar bugs adalah urat biru kehijauan, biru keunguan, ya sewajarnya urat yang tampak samar di balik lapisan kulit. Adanya di hidung di antara kedua mata. Diberi nama Sugar Bugs karena anak dengan urat ini biasanya sensitif pada gula. Iya, tipe yang sugar rush alias bisa hiperaktif hanya dengan minum minuman manis.

Apa ciri anak Sugar Bugs?


Ya selain urat itu, mereka adalah anak-anak aktif. Kalau dari website yang saya rujuk tadi, ini katanya:

"Sugar Bug babies may cry more, have more issues with sleep, and – my personal favorite – shriek.  These children have a propensity to more temper tantrums and potentially attention and hyperactivity issues when they get older if proper care is not taken to divert this tendency along the way."

Cry more? Checked. Have issues with sleep? Checked, sampai sekarang Bebe masih bangun 2-3 kali semalam. Shriek? CHECKED. Si Bebe was shrieking right after he was born. Temper tantrum? OF COURSE LAH.

Anak Sugar Bugs juga biasanya terlalu aktif sampai susah fokus. Ini sebabnya mereka sering langsung di-judge sebagai ADHD. Bisa ya bisa nggak. Tapi yang jelas, tidak semua anak dengan Sugar Bugs akan berakhir ADHD, dan tidak semua anak ADHD punya Sugar Bugs.

Anak Sugar Bugs juga biasanya alergi, sering menggaruk telinga, dan pencernaannya sensitif. Terjawab semua kenapa si Bebe alergian, sering garuk telinga, dan waktu bayi kolik cuma karena saya makan kuning telor sepotong. :D

(Baca: Cerita Tantrum Bebe)


nih di foto ini jelas banget sugar bugsnya

Jadi harus bagaimana kalau anak saya punya urat hijau di hidung atau Sugar Bugs?


Batasi pemberian gula. I mean it. Bahkan buah-buahan pun karena ada yang sangat sensitif sampai makan buah pun hebohnya bisa semalaman.

Waktu Bebe awal MPASI, dia selalu terakhir makan sore itu di daycare sekitar jam 4 sore. Pernah suatu hari saya iseng kasih dia makan pepaya jam 7 malam. Nggak tidur dong sampai jam 12. Pepaya aja bikin sugar rush omg.

Semakin ke sini, saya hanya membatasi asupan gula-nya aja. Bebe punya jam tidur tepat waktu, jam 9, kalau dia salah makan atau makan terlalu banyak gula, bisa-bisa jam 12 baru tidur. HOAM. Jadi sekarang kalau malem di atas jam 7, nggak usah kasih Bebe susu (yes Ultra Mimi pun bergula buibu). Kasih jus pun tanpa gula. Jangan kasih Chatime. -_____-

Tapi ini beda-beda ya, ada yang dikasih gula alami kaya buah juga bikin sugar rush. Ada juga yang dikasih madu bisa nggak tidur semalaman, dsb. Jadi ya kenali dulu anak sendiri, lihat polanya, dan yang jelas selalu cek kandungan gula di tiap makanan yang mau dimakan anak.

Buat rutinitas sehari-hari. Karena anak dengan Sugar Bugs bisa cranky banget kalau ada yang keluar dari jadwal sehari-hari. Jangan sampai lupa tidur siang.

Bebe sendiri kalau weekdays jadwalnya tepat semua karena di daycare kan. Makan mandi tidur jam sekiannya udah pasti. Tidur pasti jam 9 malam. Tapi kalau weekend, yaaa maklumlah bangun paginya aja suka kacau kan. Tapi sebisa mungkin jangan buat dia lapar atau ngantuk dalam kondisi nggak nyaman.

Kayanya bukan cuma anak Sugar Bugs ya, anak lain juga kalau dalam kondisi gitu pasti akan cranky berujung tantrum.

(Baca: Bebe Kolik, Saya Baby Blues)

Anak saya punya Sugar Bugs dan aktif sekali, apakah ADHD?


Itu pertanyaan saya juga. Untungnya JG punya temen psikolog anak jadi bisa curhat-curhat dikit dan gratis. Jawabannya, ADHD baru bisa dideteksi di usia 4 tahun. Jadi kalau baru 2 tahun yaaa, memang sedang senang eksplorasi aja kali ya. Dan mungkin anaknya memang kinestetis jadi senang bergerak dibanding diam.

Dan dia menekankan, anak ADHD tidak mungkin bisa bertahan melakukan sesuatu selama 15 menit. Jadi kalau ada yang tahan nonton TV 15 menit, atau kaya Bebe baca buku 15 menit atau main Duplo 15 menit, hampir pasti dia tidak ADHD

Jadi begitulah. Soal ADHD bisa browsing sendiri ya karena artikelnya buanyak. Beda dengan Sugar Bugs.

Sekali lagi, ada yang percaya ada yang tidak. Tapi untuk saya pribadi, nggak ada salahnya kok membatasi asupan gula, entah anaknya Sugar Bugs atau tidak.

(Baca: Kenali Anak, Tips Membangun Bonding dengan Anak)

*


Sejak saya tahu kalau urat hijau di hidung itu adalah Sugar Bugs, kalau ketemu anak orang yang punya urat yang sama pasti saya tanya. Pasti suka sugar rush ya? Pasti suka garuk kuping ya? Waktu bayi kolik ga? Alergian ya anaknya? Dan jawabannya selalu iya. :D

Anak kakaknya JG juga. Dia punya Sugar Bugs, dari bayi sampai umur 4 tahunan gitu tidur malemnya selalu jam 1-2 pagi karena apa? Karena habis magrib ngemilnya coklat, biskuit, gitu-gitu deh. Gila jam 7an itu udah sugar rush bisa loncat-loncat lama banget di kasur. Tak terkendali lah pokoknya. Jadi emang membatasi asupan gula sih yang terpenting.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di Rabu Ibu minggu depan!

UPDATE BEBE 2 TAHUN 4 BULAN 

Sekarang Bebe umurnya udah 2 tahun 4 bulan, masih sangat aktif tapi gula sudah tidak berefek langsung seperti waktu bayi (seperti penjelasan aku di atas). Cuma ya tidak ada salahnya sih membatasi makan gula karena tidak sehat hehe. Dia juga sudah tidak garuk kuping, sudah tidak alergi. Jadi mungkin sugar bugs ini hanya berpengaruh saat anaknya bayi.

Bandel nggak? Katanya kalau ada urat hijau di hidung anaknya bandel? Please define "bandel". Anak melakukan sesuatu pasti ada alasannya, mungkin kurang perhatian? :)

Dan urat hijaunya masih ada, dia baik-baik saja. Jadi no worries, mommies!

UPDATE BEBE 4 TAHUN

Nggak ada efek apa-apa. Bebe masih saya batasi gula dan masih nggak pernah jajan. Bebe nggak ADHD, malah kalau di sekolah cenderung pendiam dibanding anak laki-laki lain. 

Urat hijaunya masih ada dan ya, dia baik-baik saja. :)

-ast-

Follow Instagram saya yuk! Banyak cerita seru yang saya share di sana! Klik @annisast!

source | source 

LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


FOLLOW @annisast ON INSTAGRAM!

36 comments on "Misteri Sugar Bugs, Urat Hijau di Hidung Bayi"
  1. Pengen ngecek idung anak2 tapi lagi pada sekolah. Kayaknya sih ada yg punya nih Sugar Bug, salah satu dari mereka mungkin. Bhahaha emak macam apa ini sampe gak inget muka anaknya sendiriiii -____-
    Dulu aku mikirnya itu wajar2 aja jadi aku ga pernah searching ke mana2 tentang urat ini.

    Anyway, thank's for sharing. Ntar kalo anakku udh pada pulang aku cek deh satu-satu. Tapi so far mereka masih betah mainin lego atau nonton film lebih dari 15 menit, kok. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal nggak pada sugar rush di saat bersamaan sih aman ya hehehe

      Delete
  2. Anakku iya banget begini juga, sampai nyalahin si bibi gara2 kepentok atau apa, tapi ternyata semacam kelebihan gula ya.. Harus ditanyain lanjut ke dr anak.. Thanks infonya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan kelebihan gula say, tapi sensitif sama gula. kalau kata dokter mah ga apa-apa sih. :)

      Delete
    2. apa iya ntar dah gedenya bakal jadi anak bandel?

      Delete
  3. Hubungannya dengan garuk kuping apa ya mak?

    ReplyDelete
  4. yess.. ilmu baru lagi. Nanti ngecek anak-anak ada sugar bugs apa ngga ^__^

    ReplyDelete
  5. Baru tahu, Mak. Ponakan ada yang gitu. Anaknya aktif sih. Alergian. Tapi bapaknya juga alergian. Suka garuk kuping, kirain itu kebiasaan setiap bayi. Hahaaa... Ternyata oh ternyata

    ReplyDelete
  6. Anakku yang bungsu punya urat hijau itu. Tapi makin gede makin ilang. Aku nggak gitu perhatiin ciri2 khususnya sih. Aktif ya aktif tapi blm sampe adhd

    ReplyDelete
  7. Ilmu baru nih. Makasih sharenya. :)

    ReplyDelete
  8. Hooo sepupuku gini juga. Iya sih dia kadang heboh banget. Aku pikir biru gitu karena kulitnya si anak emang putih dan tipis.

    ReplyDelete
  9. Baru tauuuu.. Mungkin karena Naia juga gk begini dan gk menunjukkan tanda-tanda sugar bugs juga sih yaa.. Anw, semoga Xylo gk jadi ADHD.. Dan iyaa, setujuuuu, ada gk ada sugar bugs, asupan gula tetap harus dijagaaa

    ReplyDelete
  10. Ilmu baru, dan baru ngeh,, pokoknya manfaat lah ce.. makasih

    ReplyDelete
  11. Anakku banget mba. Persis plek. Alergian, garuk telinga, cry more more more and more sampe kadan emosi denger nangisnya. T.T *guilty
    Tp sekarang ilang uratnya

    ReplyDelete
  12. Baru tauu mbak,, anakku parah bngt sugar bugsnya. keliatan bngt biru2 gtu,, pernah tanya ke dsa katanya sih gpp. tp sejak baca artikel ini, dan inget2 lagi, emang bener dia aktif bngt. baru 6 bulan sih, baru mulai mpasi, dan berkat artikel ini bakal batesin konsumsi makanan yg manis2 nih... makasih ya mbak

    ReplyDelete
  13. Anakku ada di sekitar matanya,, dr ciri2nya sih sama.. tp gak pernah perhatiin soal efek setelah makan manis.. padahal dia suka banget sm coklat dll.. makasih infonya, terjawab kenapa dia suka garuk2 telinga,, haha

    ReplyDelete
  14. mudah2an Bebe mah ngga ADHD lah ya Cha

    ReplyDelete
  15. Bebe kalo di foto keliatan kalem kok.. *PENCITRAAN* xD

    ReplyDelete
  16. makasih infonya.
    anakku punya urat melintang di batang hidung. iseng2 googling dan nemu info ini. garuk2 kuping iya, tidur pun terjadwal (kalo gak tdr lewat jam 9 mlm bakalan rewel sampe tengah mlm). tapi dia ngga kolik. dia juga jarang nangis, lebih sering senyum.
    dia masih 5 bln, blm makan jd blm ngerasain sugar rush. untung baca ini jd bisa menjaga asupan gula sejak dini.

    ReplyDelete
  17. Anakku baru 3 bulan juga ada, usia 3 bulan. Apa ngaruh kalo emaknya makan gula, krn kan asi..☺ tp kata tetangga nanti adat si anak keras karna ada urat di hidung antara mata..

    ReplyDelete
  18. Anakku baru 3 bulan juga ada, usia 3 bulan. Apa ngaruh kalo emaknya makan gula, krn kan asi..☺ tp kata tetangga nanti adat si anak keras karna ada urat di hidung antara mata..

    ReplyDelete
  19. Anakku ada urat dihidung jga antara kedua mata,sekarang umur 3,5 thn,anaknya aktif,sensitif,tapi pinter banget ngomongnya,tapi ga nakal,dan penyayang karna klo liat ummi sama abinya sllu bilang dd sayang umi dan abi sambil pelukan he..he...,tapi kalo abis makan bisa dipastikan langsung kekamar mandi buat bab,sensitif klo jajan sembarangan langsung mencret

    ReplyDelete
  20. Anakku ada urat dihidung jga antara kedua mata,sekarang umur 3,5 thn,anaknya aktif,sensitif,tapi pinter banget ngomongnya,tapi ga nakal,dan penyayang karna klo liat ummi sama abinya sllu bilang dd sayang umi dan abi sambil pelukan he..he...,tapi kalo abis makan bisa dipastikan langsung kekamar mandi buat bab,sensitif klo jajan sembarangan langsung mencret

    ReplyDelete
  21. Dulu anakq jg gitu, truz setealah aq obatin d dukun bayi d daerahq alhamdulillah langsung hilang n mpe skrg alhamdulillah ga da masalah. Anak sodaraq jg abz d obatin alhamdulillah langsung ilang jg

    ReplyDelete
  22. Dulu kecilku juga ada garis hijau di antara mataku, tapi pas udah gede ilang, aku emang gak bisa makan/minum yg manis2 tapi kok sekarang balik ada lagi ya :( umurku skg 20 :( kenapa ya..

    ReplyDelete
  23. Ya ampun senenh bgt nemu postingan ini.brasa nemu temen senasib. Anak saya 33nya sugarbug. Sy sndiri baru kenal sugarbug bbrp bulan yg lalu, gegara khawatir si sulung yg bikin rusuh mulu disekolah. Dy super aktif dan anti mainstream. Anak yg ke 2 rajin tantrum tengah malem, without any reason. Si bungsu yg baru 4 bln jg punya. Senengnya klo bisa tuker tips ya mak

    ReplyDelete
  24. Anak saya, Tsamara 4,9 tahun juga punya sugar bugs. Tapi gak seperti cerita di atas. Di luar rumah anaknya sangat kalem,di sekolahnya gurunya menyebutnya si pintar krn ia terpilih dlm program khusus pengembangan tahfiz padahal saya tdk pernah memberikannya pendidikan secara khusus. Berbeda dg teman2 yg lainnya yg ortunya memang ustaz/qori/qoriah/bahkan banyak yg anak2nya sengaja diantarkan ke rumah2 tahfiz atau mendatangkan guru tahfiz ke rumah. Tetapi sy tdk melakukan itu, krn bagi sy masa kanak2 adalah masa bermain. Sy blm mau membebani tsamara. Dan memang benar, tsamara sangat senang bermain. Banyak hal yg dilakukannya dirumah. Dan meskipun sy tdk pernah membebani dia utk belajar serius, tp di sela-sela permainannya itu tsamara tidak pernah lupa utk selalu membuka buku. Entah itu corat coret gambar, mewarnai, menulis, menggunting, menempel, berhitung bahkan membaca ataupun bercerita. Tsamara sangat pandai sekali berbicara/bercerita. Pernah ketika di pasar ia berbicara dg sy dan kebetulan ada pedagang yg mendengarnya, pedagang itu geleng2 kepala mendengar ocehan tsamara waktu itu. Satu hal yg sy suka, tsamara selalu menirukan gaya gurunya mengajar sehingga tanpa kita beritahu lebih lanjut dia sudah bisa. Gurunya pun berpendapat sama dg sy. Si guru terkejut krn dikiranya dirumah sy membantu tsamara belajar. Padahal tidak. Yg sy lakukan hanyalah menempel huruf n angka di dinding kamar. Dan memang, mata tsamara selalu terpaku ke dinding tsb. Tetapi ada sesuatu yg berbeda dg tsamara, tsamara anaknya sangat keras sekali, tdk bisa dibujuk seperti abangnya. Semua keinginannya harus dipenuhi terutama jajan permen dan es krim.Tp sy biarkan saja dia tantrum krn setelah berhenti tantrumnya dia langsung mengerti kenapa keinginannya tdk semuanya bisa dipenuhi. Selebihnya tdk ada yg aneh dg tsamara, tidurnya teratur, makannya juga lumayan teratur (cendrung susah makan krn suka jajan, tetapi sekarang sdh mulai berkurang jajannya).Di sekolah, kehadirannya selalu dinantikan teman2nya baik teman cewek maupun cowok. Selalu ada teman yg menjemputnya ke dlm kelas, menggenggam tangannya juga melambaikan tangan ketika pulang sambil berucap, tsamara jangan lupa besok kita main lagi ya..Jadi, sy gak menemukan hal yg aneh pada anak sy seperti cerita di atas. Kalau menggaruk telinga, sesekali saja dia lakukan krn mungkin lagi gatal aja kali ya..Selebihnya ia justru sangat menyukai yg manis2 terutama buah, jus, es krim, permen, teh manis, tetapi kurang suka coklat. Ia lebih suka keju drpd coklat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mbak, iya sepertinya semakin besar semakin tidak ada efeknya. bebe juga sekarang sudah tidak bermasalah dengan sugar bugsnya :)

      Delete
  25. Salam terima kasih dari saudara serumpunmu Malaysia.. Anak kedua saya yg berusia 3 bulan juga ada urat hijau di hidungnya. Dan baru2 ini ada yg menegur dan menasihatkan untuk bjumpa dgn orang yg pndai mngubati n membuang mslh urat hijau itu. Jika tidak, anak itu bila besar mungkin akan degil (sukar di control).

    Namun stelah baca blog saudari, ia mmberi satu lagi pandangan dari sudut yg berbeza. Jadi sy akan oertimbangkan kedua2nya.. Tq info ya..

    Tp cuma satu nak tanya, mslh anak kamu mmg ada persamaan sdikit dgn nama ya..
    Kok nama kamu pn sudah manis iaitu Stevia.. Hehe.. Gurau2 aja ya.. ;)

    ReplyDelete
  26. anakku punya gitu juga tapi semacam garis jadi kaya garis potong pas berdekatan dengan mata..anaknya emang aktif banget, lasak dan gak suka sabaran alias mudah marah.apalagi kalo udah bosan sama mainan yang satu..
    aduh...gimana ini ya...takut juga anak jadi hiperaktif

    ReplyDelete
  27. hai mom, salam kenal , aku mau ucapin terima kasih sblm nya buat artikel ini , ckup membantu kegalauan yg slama ini aku galauin, mom aku mau tanya anak ku mirip dgn ciri" yg di jelaskan di atas, tp biru di pangkal hidung anak ku ga sllu ada, apa benar ya memang tdk selalu ada?
    dan aku mau tanya anak ku baru 4bln dan anak ASI , kl kaya gtu kita sebagai ibu harus gmn ya? soalnya kan pikir nya anak slama ini cm mnum asi kita aja , trims mom sblm nya :)

    ReplyDelete
  28. anak saya jg sugar bugs,,dulu saya jg sugar bugs dan kata mama saya,,dulu urat saya yg dhidung dtusuk pake jarum emas dan akhirnya hilang sampe sekarang,,mitosnya sih ngganggu saluran pernafasan n bisa bikin orangtuanya kewalahan ngadepin si bayi..nah anak saya juga ada sugar bugs,,sempet nyari yg punya jarum emas tapi zaman sekarang udah ga da lg krn yg punya pasti org tua zaman dulu yg percaya itu.nah untung ketemu nih artikel jadi trnyata aman n kata dokter jg aman.tapi kalo anak saya panas uratnya lebih jelas n terang warnanya,,itu yg bkin worry..

    ReplyDelete
  29. anak aku juga ada garis birunya....sekarang baru umur 3 bulan tp dr lahir dia antng gak pernah kolik tp kl ciri2 garuk2 kuping dan sering gelisah iya

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)