-->

#AyoIrit2018

on
Monday, January 22, 2018

Hashtag sebelumnya #MenujuIrit2018 tapi kok bingung sendiri. Kalau “menuju” berarti baru niat doang ya. Kalau gitu kapan iritnya? Hahaha. BTW saya ngomong-ngomong soal irit ini tuh sebagai pemicu dan pengingat diri loh ya. Syukur-syukur ada yang mau ikutan ngirit juga lol. GIMANA CARANYA, KAAKKK?

Pertama harus jelas dulu pos masing-masing pengeluaran. Ini mah udah pasti dilakukan kan ya. Kalau belum bisa baca di sini: Mengatur Keuangan Keluarga. Kedua, harus tau persis dan cari banyak bocor di mana. Duh bener-bener deh ini bikin nyess banget hahaha. Karena kadang bocornya ini nggak berasa sama sekali, nggak berasa tapi nyesel. Hahaha.

Kalau kami sih kalian udah pada tau kan ya bocornya di mana. Di mall lah di mana lagi. Jadi bisa nggak, nggak ke mall sama sekali? NGGAK HAHAHAHA.

Ada yang bocornya di kopi ya kan? Ngopi terus nggak diitung abis berapa. Pas iseng dijumlahin cost ngopi buat sebulan malah shock sendiri kok ya gede banget?

Ada yang bocornya di online shop. Berasa cuma beli barang murah kok, diskon pula. Tapi seminggu sekali dateng paket ke kantor. Ya tetep abis banyak, sis.

Kenapa sih mau irit katanya udah bener diatur keuangannya? Iya banget! Udah diatur banget kok uang ini ke mana uang itu ke mana, yang jadi masalah adalah kami ingin menabung lebih banyak dengan penghasilan yang tetap.

Karena opsi nambah penghasilan belum ada, sementara kami udah gregetan pengen nabung lebih banyak, jadi satu-satunya cara ya mengurangi pengeluaran. Dan ya pengeluaran paling gampang adalah budget “entertainment”. Sama financial planner dikasih loh budget ini, malah nggak dikurangin sama sekali dari pas awal bikin plan. Mungkin mereka takut kami stres hahahaha.

Jadi pas gajian transfer semua budget ini ke tabungan. Disisain uang buat bensin dan belanja mingguan doang serta jaga-jaga kali ada yang ngajak ke mall lagi hahahaha. Plus jaga-jaga takutnya ada temen lahiran lah, ada yang nikahan lah. Selalu ada uang-uang nggak terduga kaya gitu kan.

Uang jaga-jaga ini kecil banget deh pokoknya. Sebisa mungkin jangan dipake huhu. Nggak apa-apalah nggak usah beli baju, skin care (untungnya) masih banyak stock, makeup emang jarang beli. Mari kita iriittt!

Terakhir, jangan bawa uang cash ke kantor atau bawa secukupnya. Karena punya cash itu nyebelin sih, jadi jajan-jajan tidak penting seperti mendadak ingin memanggil OB dan titip pempek kantin Kompas atau mendadak jadi pengen es podeng dan somay. Tidak punya uang cash membuat kalian tidak bisa jajan perintilan yang kalau dikumpulin seminggu bisa 100ribu banget. Sebulan bisa 400ribu dong. Segitu cuma buat pempek dan somay sih sebel ya. T_____T

Dengan cara ini kami bisa nabung 2 kali lipat lebih banyak, terharu banget. Hiburannya di rumah ngapain? Saya gambar, Bebe nggak terlalu peduli cuma beberapa kali ngajak “beli ciskek yuk, ibu?” tapi nggak maksa pengen beli banget, JG ya gitulah dia mah sibuk sendiri juga gampang anaknya. Kalau mau nonton, sewa film lama aja di iTunes, 29ribu udah bisa nonton bertiga. Murah meriah daripada ke bioskop. Biarlah ketinggalan film baru juga. Toh emang udah ketinggalan dari sejak punya anak lol.

Meskipun ya saya masih terbayang-bayang Shaburi sampai detik ini hahahahaha.

Tapi ya, bagi kami bertiga, ngurangin ke mall aja udah prestasi banget. Kerja seharian, mau pulang eh kok macet banget, ya udalah mampir dulu ke mall. Enam bulan terakhir kaya gitu terus. Enam bulan hidup enak foya-foya terus sekarang tiba-tiba harus nurunin standar makanan dan gaya hidup itu susaaahhh banget rasanya. Tapi bisa kok! Tergantung niatnya, karena buktinya kami sebulan ini baik-baik aja.

Terus harus kongkalikong banget sama suami dan saling mengingatkan. JG sampai bilang "berantem, berantem ya kita kalau salah satu ada yang ngotot pengen makan mahal!" Dan siapakah yang ngajak makan di luar duluan? TENTU SAJA DIRI INI YANG SULIT MENAHAN DIRI. Dan apakah JG tergoda? TENTU TIDAK. Dia mah sama makanan mah nggak gampang tergoda, sama MAINAN noh huh.

Minggu-minggu awal saya sama JG ngikik-ngikik sendiri aja karena mati gaya. Ngapain ya kita? Tapi lama-lama nggak berasa juga ya. Weekend kemarin lari di CFD, grocery shopping, beberes rumah, makan, main sama Bebe, tau-tau udah jam 4. Tau-tau udah jam 7, eh tau-tau udah Senin lagi. Semoga kaya gini terus ya.

Semoga kita semua bisa lebih rajin menabung ya biar tercapai semua cita-cita!

Semangaaattt!

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
10 comments on "#AyoIrit2018"
  1. Gue udah jarang jajan Sbux lagi, paling nunggu Tumbler Day sebulan sekali. Gantinya gue rajin coba white coffee sachet sampai nemu rasa yang disuka. Lumayan banget sis, serenteng cuma 13 ribuan dapat 10 kadang 12 kalo ada bonus. Rasanya gak kalah kok.
    Trus baru tau kalau kopi di Tous le Jours lebih murah dan rasanya enak juga. Capuccino/cafe latte plus pastry cuma 37-39 ribu aja. So much win, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue ga ngopi win jadi ga relate hahahaha bubble tea doang tapi entah udah berapa bulan nggak. YEAY!

      Delete
  2. maariiii menuju iriiit. *teriak kenceng* aku lagi berusaha ngirit, karena yaaa jajan mulu monmaap ibu menyusui kan gampang laper ya. kalo laper trus ga jajan ga makan kan stres ya. kalo stres ntar asi ga keluar kan ya. nah kalo asi ga keluar kudu beli susu kan ya. nah susu ini pasti lebih mahal daripada duit jajanku sebulan. analogi macam apa iniii :))))

    kemarin, mau nyobain masak buat bekal pagi dan siang. karena yess, aku sarapannya 2x sist. pagi jam 6 sebelum berangkat dan jam 8-9 setelah sampai kantor. karena duh makan kalo beli beli terus bisa bikin boros. nah, kalo masak bisa irit. tapi suami ga percaya : emangnya kamu masih bisa ngejar waktu buat masak di pagi hari? nanti kamu stres lho kalo kecapekan. udah yuk jajan aja

    #kehidupankaummenengahngehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh aduh kalau menyusui mah jajan ajaaaa HAHAHAHAHAHA BIAR NGGAK STRES EYM!

      Delete
  3. Aku pas lagi ngerasain hamil trimester pertama gini ngerasa boros banget. Pengeluaran kebanyakan di makanan karena nggak mampu masak, bisanya cuma tiduran. Yaudah ngandelin gofood. Terus karena banyak keluhan akhirnya bolak balik ke dokter ywng ngeselinnya jawaban semua dokter adalah "ini wajar dan hormonal", plis balikin dua ratus ribu gue!

    ReplyDelete
  4. Ikutaaaaan. Kami paling banyak bocor di makanan alias jajan T___T
    Meskipun iya jajan di sini murah2 tapi kalo sering ya sama wae. Dan dua minggu ini berhasil nggak keluar rumah untuk jajan-jajan karenaaa si sulung sakit roseola. Beneran ndekem di rumah bae. Dan di sini nggak ada go food jadi lebih aman terkendali. Mantap soul!

    ReplyDelete
  5. Weekend sih yg bikin jebol,alibi hari santai hura2 dan kasian sama bocah..tapi bulan ini lulus gak bocor dengan memasak dan bermain di rumah..ini tunjangan kantor gak keluar2 karena sistem error berfaedah juga bikin hidup kudu irit,ternyata bisa irit kalau kepepet..😅

    ReplyDelete
  6. Hahaha kereeenn mbaa. Mari kencangkan niat buat makin iriitt.
    Bener banget euyy jajan gak bisa ditahan bangeett. Kl macam baju gt mah udh berhasil nahan napsu beli, kl jajan tuh ya rasanya pengen teruss. Padahal jajanan yg dibeli itu lagi ajaa, sebenernya udh tau jg kan rasanyaaa..wkwk..tp lidah slalu tergoda ooh

    ReplyDelete
  7. Ku masih tak sanggup kalau untuk skincare.. Haha.. Mana nggak ada endorse lagi (berasa ngartis or nyelebgram)

    NgeMall adalah racun yang mengenakkan, bau mall itu semacam terapi kehidupan #sigh.. Habis selesainya ngitung².. Gila² duit segitu sebulan bisa buat invest gede 😢

    Udah gitu aja.. Ikutan irit 2018 .. Karena penghasilan tak seperti dulu lagi huwohuwo.. Suami study LN.. Jadi kudu ngirit woy ngirit 😂

    ReplyDelete
  8. Haii mba nisa, salam kenal .. Minta info ttg financial planner dunk mba, kebetulan sy kyknya lg butuh konsul ttg keuangan sy nih .. Banyak pos2 yg bocor soalnya, hehehe. Tlg di email ya ke gcell9@gmail.com. Makasii banyak sebelumnya yaa 🤗🤗

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG