-->

Page Views Bukan Segalanya, Siapa Pembaca Blogmu? (1)

on
Monday, February 1, 2016

Monday Techno ngomongin blognya kembali uwuwuwuwuwuuu. Topik ini mau saya bagi jadi dua bagian. Bagian pertama mau ngomongin tentang page views dan users. Nanti di bagian kedua (minggu depan), saya mau ngomongin soal mendefinisikan pembaca blog.

Siap minta dikoreksi kalau ada yang salah ya, karena saya tahu ginian juga cuma dari browsing. Selesai baca-baca terus nulis deh. Aku mah gitu orangnya, tahu dikit aja langsung nulis. Nyahahahahahha. Dan maklum bukan blogger advance, jadi akan ditulis sesederhana mungkin. Mau ditulis ribet juga nggak bisa nulisnya. XD

Di postingan ini kita mau ngomongin dua hal ini: page views dan users.


Page views: jumlah halaman yang dibaca. Kalian baca postingan ini artinya 1 views. Buka dan baca postingan lain, itu jadi 2 views. Lanjut baca postingan ketiga, itu jadi 3 views. Nggak sengaja refresh halaman yang lagi dibaca juga terhitung jadi views. Pokoknya setiap halaman itu nge-load itu terhitung 1 views.

Users: jumlah pembaca berdasarkan browser atau device. Jadi kalian baca postingan ini via laptop artinya kalian 1 user. Selesai baca ini, buka postingan lain, kalian tetap terhitung sebagai 1 user. Tapi terus tutup laptop, buka HP, buka lagi postingan ini di HP. Baru terhitung sebagai 2 user. User ini kebagi dua, new user dan returning user, tapi itu nanti kita bahas di lain hari.

Jelas ya? Jadi page views itu halamannya, users itu pembacanya.

(Baca juga: Cara Membaca Google Analytic via HP)

Jadi pertanyaan terbesar dari para pengguna blogger itu biasanya: kok statistik blog dan Google Analytic beda jauh sih? Kok di Google Analytic cuma setengah dari statistik blogspot?

Yessss, karena algoritmanya beda. Cara menghitungnya beda. Mesin penghitungnya aja beda kok. Kenapa bisa jauh banget?

Karena statistik blogspot itu menghitung semuanya (yang pake wordpress dan pake jetpack, katanya cara perhitungannya sama juga sama blogger stats). Jadi segala crawlers dan bots ikut dihitung oleh blogger stats.

Crawlers ini search engine, jadi misal ada orang yang cari keyword tertentu, terus blog kita ikut terayapi tuh sama search engine. Baru terayapi doang loh, orangnya belum buka blog kita. Itu udah dihitung satu views oleh search engine. Bahkan misal kita lagi nulis blog post nih, terus suka preview dulu dong, sama si blogpost ini udah dihitung juga sebagai 1 views. Ini lengkapnya:

The main reason why these numbers are different is that the Blogger stats system counts visits from robots and search crawlers. You see, search engines like Yahoo, Google and Bing go out and crawl the web for pages and content multiple times each day. Every time they crawl your site, it is counted as a pageview in your Blogger stats. Those are not real people and are not really pageviews. I know, your Blogger stats are so much better! But they are not your true stats. Additionally, the Blogger system counts spam bots, while Google Analytics has the capabilities to identify these bots and to not count them as pageviews. (source)

Nah, jadi jelas kan betapa tidak reliable-nya blogger stats! Google Analytic sudah lebih pintar dengan tidak ikut menghitung para crawlers dan bot, makanya biasanya angkanya lebih kecil dari blogger stats. Lebih kecilnya bisa sampai 50% loh. :D

Saya sih udah nggak pernah tengokin Blogger Stats sama sekali karena yaaa otomatis aja kalau mau liat statistik yang dibuka Google Analytic. Dan satu lagi, karena Page Views bukan segalanya. Ada yang namanya Users. Dan saya lebih deg-degan ditanya users daripada ditanya page views lol.

(Baca juga: Cerdas Nge-Tweet dengan Twitter Analytic)

Karena justru users ini lah yang menentukan seberapa "besar" sih blog kita. Seberapa banyak pembaca blog kita?

Coba yang udah pasang Google Analytic cek bagian Audience. Muncul seperti ini kan.

statistik annisast.com Januari 2016

Jauh banget yaaaa. Users saya hanya di angka 24ribu, sementara Page Views sampai 90ribu. Artinya 1 users bisa membaca 3 sampai 4 postingan. Lihat juga diagram sebelahnya, ada pie chart New Visitor vs Returning Visitor. Returning Visitor saya nyampe 62%. Jadi sebenernya pembaca blog saya 62% itu lagi itu lagi alias orang yang sama. cuma mereka baca postingan yang berbeda kan.

Seperti kemarin ada tips SEO tentang menyertakan judul di kalimat pertama agar lebih mudah ter-crawl oleh Google. Kemudian saya baca beberapa blog langsung menerapkannya. Dan kalimat itu diberi link ke postingan yang sama. Iya jadi ketika klik link di kalimat pertama itu, halamannya cuma loading ulang. Terhitung lah sebagai 2 views, tapi tetep 1 users.

Untuk nambahin users, saran saya sih masukin VivaLog atau Liputan6 Citizen untuk meng-grab pembaca baru. Syukur-syukur kalau mereka jadi ketagihan dan baca terus. Saya sih nggak dua-duanya karena takut ditolak hahahaha.

Mau optimasi SEO juga bisaaaa, lumayan nambah pembaca dari orang-orang yang nggak tahu blog kita dan mampir karena search keyword tertentu dari Google. Cuma saya mah males euy mikirin keyword, nulisnya jadi lama. Biarlah pembaca blog ini apa adanya dari orang-orang yang buka karena sukarela. *BILANG AJA MALES SISSSS* *IYAAAAA*

Dan apa pentingnya tahu semua ini? Selain untuk laporan yang baik untuk para klien yang memberi kita job review, buat saya ini juga penting sebagai cara untuk tahu bahwa kita berkembang. Bahwa dengan susah payah meluangkan waktu menulis, kita tahu bahwa semakin hari semakin banyak orang yang membaca tulisan kita. For the sake of that satisfying feeling. :)

Sampai jumpa minggu depan!

*

Lebih lengkap tentang istilah-istilah di Google Analytic bisa dibaca di sini dan sini.

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
51 comments on "Page Views Bukan Segalanya, Siapa Pembaca Blogmu? (1)"
  1. Yuuoops. Aku kalau buka google analytics dari hape kok ngga mau refresh ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditarik ke bawah aja? biasanya tiap buka app juga langsung refresh kok.

      Delete
  2. uwaa, pantesan bedanya jauh banget kalo liat di google analytics. kirain aku yang salah liat. ternyata emang beda hitungannya.

    ReplyDelete
  3. aku baru ganti rumah jadi .com semuanya jadi balik lagi ke 0 yaa ca?

    ReplyDelete
    Replies
    1. alexa, DA, PA gitu iyaaa. tapi page views sih enggak.

      Delete
  4. iya aku buka di statistik blog sama dari google analytics untuk hari kemarin aja PVnya beda 400an euy hohohoho...

    ReplyDelete
  5. Aku setuju, sepaham, seiya sekata sama postingan ini! Hahahaa... pembaca sesungguhnya juga biasanya hanya mampir doang tanpa komen. Gak masalah.. yang penting dikunjungi, apalagi sampai masuk page one ulala sekaliii..~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..setuju banget.. Kadang ada yg komen dg niat supaya dikunjungi balik sih yaa..

      Delete
  6. Tapi liat blogspot analityc, hati bisa berbunga-bunga. Pas liat GA, lgsg down. Hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha memang baiknya ga usah dilihat lagi di blogger stats XD

      Delete
  7. hm.. seperti ituh, ditunggu lanjutannya minggu depan mbak :)

    ReplyDelete
  8. Wah makasih banyak infonya Mba .. bermanfaat :D pantesan GA sama blogstat beda jauh ternyata itu alasannya :D

    ReplyDelete
  9. dapet ilmu baru lagi ٩(˘◡˘)۶

    ReplyDelete
  10. Jauh banget yaaaa. Users anda hanya di angka 24ribu, sedangkan user saya hanya 2ribu.. Mewek..
    Boleh nanya gak? Kenapa di GA kelihatan refferal sitesnya kayak dari Russia gitu contohnya DFJKGJHGHDAFVKFAQ.jkgffkl. com, itu robot atau apa?

    ReplyDelete
  11. Tega ih itu page viewsnya 90 ribu dipamerin. Mau bikin orang sirik, iri dan dengki ya :D
    Daku jadi lebih paham lagi, Cha, dari obrolan kita di WA. Thanks ya

    ReplyDelete
  12. Yihaa, bahas blog lagi :) oke, ditunggu next blogpost nya ya..

    ReplyDelete
  13. Waktu baca judulnya di notif google plus, ku pikir mak anisast tu mau bahas "buatmu pageview ga penting? Jadi siapa pembaca blogmu?" Tapi ternyata isinya ttg arti analisa pageview vs users to? He he he

    Sip, mak, makasih pencerahannya, jd makin paham baca GA. Eh, ty juga dong, users return banyak tu bagus ga si?

    ReplyDelete
  14. Jadi ngerti sekarang sayah... dan penasaran sama lanjutan part 2 nya nih mba :D.

    ReplyDelete
  15. Ooh...seperti itu? *ala syahroni....dari dulu nggak mudeng soal2 ginian..malah mubeng (alias muter2). Oke deh, tiap Senin kudu mampir kesini, biar mudeng soal blogging....tengkiu Mommy Xylo ;)

    ReplyDelete
  16. lagi belajar GA dan pageview masih muter" dan gak paham-paham :D

    ReplyDelete
  17. suka deh ah monday technonya :D aku biasa ngeliat rank alexa aja yang gampang ga perlu sign in blog huehehe lupa euy cara pake google analytics :(

    ReplyDelete
  18. Keren gilaaak itu pageviews/users sehari? *langsung jatuh dari kahyangan*

    ReplyDelete
  19. Banyak yang tanya soal ini juga. :D Aku udah lama gak masang pageview. Entah kenapa kok gak muncul.

    ReplyDelete
  20. Cha...klo di wordpress stats juga sama ya? Nggak usah diliat? Aku udh pasang google analityc di hp kok nggak bisa2 masuk sih? -_-

    ReplyDelete
  21. Jadi melek GA, waktu dulu settingnya ngga niat hehe. Tapi smalem baca ini trus nyobain setting lagi, add baru :D trims makca.. Keren yaa pageview sgituuu :)

    ReplyDelete
  22. I Love Your Website, I Would Appreciate It For A Good Read This!!!

    ReplyDelete
  23. karena kebanyaan nulis drama korea yang aku sukka banget. jd lupa hal sepenting ginian sist :) duhhh, gimana sih eikeh *jedotin muka ke bantal ^^

    ReplyDelete
  24. Makasi mba Annis udah jelasin. Selama ini aku tahunya page views loh. Seneng deh bisa tercerahkan tetang blogging setelah baca artikel ini.
    www.aloha-bebe.com

    ReplyDelete
  25. Ah ini dia terpecahkan kenapa bisa bedanya lumayan jauh angka di blogger stats sama google analytics nya ^^

    ReplyDelete
  26. nambah ilmu lagi, aku masih cupu banget kalo soal kaya ginian-_- kapan-kapan bahas soal blogging lagi ya ka :D

    isthiutamid.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  27. Yey, thanks for sharing mbak! Lengkap bgt penjelasannya. Oiya, salam kenal ya :)

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)