-->

#SassyThursday: Cinta Beda Agama

on
Thursday, March 22, 2018

MAAF GENGS TELAT KARENA LUPA HARI INI KAMIS. HUH.

Nahla ngajakin #SassyThursday terus gue yang ayolah ya udah karena lagi nggak punya topik buat blog juga sih. Topiknya Nahla juga yang propose (aura dia mau curhat sih kayanya hahahaha) tapi ya ayo karena why not ok.

Baca punya Nahla di sini:

Gue jadi baca punya Nahla duluan kan dan ya udah pernah diceritain sih itu semua TAPI kebetulan gue nggak punya mantan beda agama hahahaha. Apakah sengaja? Ya nggak juga sih karena emang nggak ketemu aja sama yang klik dan beda agama. Untungnya.

Untungnya loh, karena ya Tuhan gue paling kasian banget sih sama yang pacaran beda agama dan nggak disetujui keluarga. CATET YA: beda agama DAN nggak disetujui keluarga.

Yaiyalah, kalau keluarga setuju kan nggak masalah. Ingat 3 hal yang pernah saya bahas di sini Pacaran Bertahun-tahun, Nikah atau Putus?

Tiga masalah yang jadi penghalang sebuah relationship:

Orangtua, agama, LDR. Kalau kalian cuma ngalamin 1 masalah, maka bisa lah dijalani dan dicari solusinya. Tapi kalau udah kena dua, itu baru berat.

Jadi kalau hanya orangtua nggak setuju 🠞 bisa lah dibujukin sampai setuju asal kalian nggak LDR dan seagama.

Atau kalian LDR 🠞 bisa lah diusahakan asal seagama dan orangtua setuju.

Atau kalian beda agama 🠞 bisa lah diusahakan asal nggak LDR dan orangtua setuju, nggak masalah anaknya nikah beda agama.

via GIPHY

Jadi meski beda agama, harusnya kalian akan baik-baik aja selama tidak LDR dan orangtua setuju. Kenyataannya sebaliknya banget tapi kan. Orangtua kebanyakan nggak setuju. Karena agama dianggap hal paling prinsipil. Yang mana gue setujuuuuu banget ... bagian prinsipnya.

Pernah gue tulis juga di sini: Cerai Karena Beda Prinsip? Karena menurut gue bisa loh menghargai values yang sama meskipun beda agama. Beda agama belum tentu beda prinsip, sama agama bukan berarti juga sama prinsip. Terlalu luas cakupannya yaaa.

Jadi emang biasanya faktor eksternal banget nih yang mempengaruhi pasangan beda agama. Selain orangtua, juga negara.

Karena negara kita ini kan memaksa semua orang punya agama ya, kadang ada temen-temen yang sebenernya mah nggak beragama tapi terpaksa punya agama karena KTP dan keluarga. Lha jadinya malah susah nikah karena nggak disetujui keluarga. Kan kasian.

Padahal dari kedua belah pihak YANG MAU NIKAHNYA nggak peduli agama gitu kan tapi ya gimana lagi kan itu mah risiko dari tinggal negara yang mengharuskan warganya punya agama. Pun risiko dari punya keluarga yang berprinsip nikah harus seagama.

(Baca: Selingkuh)

Kalau nggak beragama ya udah pindah agama basa-basi aja?

Yang penting bisa nikah kan? Ya ini opsi paling ok BUAT NEGARA. Tapi tidak buat orangtua loh. Pindah agama basa-basi tapi nanti ditagih mertua suruh ikut ibadah sesuai agama baru gimana? Lha agama dari lahir juga nggak pernah didalami, ini tiba-tiba disuruh ibadah agama baru hanya karena pernikahan. Ribet juga yaaa.

Jadi ya, jatuh cinta tidak bisa dihindarkan, patah hati juga tidak bisa disiapkan. Jadi intinya gimana takdir, beruntunglah untuk yang nggak pernah jatuh cinta sama beda agama, dan bersabarlah untuk kalian yang lagi pacaran beda agama dan nggak direstui keluarga. :(

Satu hal, jangan suka judge orang pacaran beda agama!

1. Kalian nggak tau apa itu orang punya agama beneran atau demi KTP doang?
2. Kalau mereka nikah juga kalian paling ngasih 100ribu elah ke amplopnya jadi jangan ikut ributlah berisik ok!

PS: Selain agama, suku aja masih banyak yang nikah harus sesuku kan. Jadi yaaa, jika layak diperjuangkan maka perjuangkan. :)

See you on the next #SassyThursday yang entah kapan kalau sempet lagi ya!

-ast-





LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
10 comments on "#SassyThursday: Cinta Beda Agama"
  1. Untunglah saya nikah sama orang yang seagma, hehe. Tapi balik lagi, cinta gak ada yang tahu. Masalah hati soalnya, jadi kalau cinta beda agama, mungkin sudah takdir.

    ReplyDelete
  2. Suka banget dan setuju banget. Orang yang sok judge belum tentu bisa ngasih solusi, bisanya cuma mengkritik orang yang jatuh cinta beda agama.

    ReplyDelete
  3. Emang paling susah kalau sudah menyangkut agama. Karena sakral banget, tapi namanya cinta gak ada yang tahu.

    ReplyDelete
  4. Tiga masalah yang jadi penghalang sebuah relationship:

    Orangtua, agama, LDR.

    Aku selalu kalah sama yang terakhir LDR.. Ciyeee malah curhad..😅

    Mau deket sama yang beda agama aja mikir sejuta kali..gimana2nya nanti,meskipun sama sama suka, tapi karena beda agama, dan kita sadar perbedaan itu, yasudah..cukup sampai batas menjadi "Good Friend" saja..

    ReplyDelete
  5. Punya saudara yg nikah sama bule. Demi dpt akta nikah di sini (desa) sampe dipaksa masuk islam..itupun masih dipersulit bgt sama pihak perangkat desanya.

    Sementara di KBRI (karena sebelumnya mereka nikah di honkong) aja sudah men-sah-kan pernikahan mereka.


    Beda agama rumit sih, kalau putus juga susah move on.haha

    ReplyDelete
  6. sebagai orang yang udah 2 kali berhubungan dan beda agama, i can totally relate!
    disaat orang2 dah pada ngomongin Nikah, lah kita aja mau ibadah susah, apalagi kita berdua sama2 bukan pemeluk agama yang taat, mau pindah ke salah satu pun ya bingung, dan pada akhirnya putus :D
    dan sekarang kembali dekat dengan orang yan beda agama, saya islam, beliau budha,udah gitu beda ras dan kewarganegaraan pula, ribet ye :p
    dasar hati tak bisa ditebak

    ReplyDelete
  7. Seagama pun juga ga mudah sih kak, banyak aliran-aliran gitu kan. Ada juga yg satu 'taat' yg satu engga. Tapi ini bagian kompromi sebelum menjalani hubungan sih harusnya udah dilakukan, sebelum ke jenjang pernikahan. Banyak kasus usai nikah ada pihak yg jadi fundamentalis trus jadi kasian pasangannya 'kepaksa' sejalan.

    ReplyDelete
  8. Kaaak rutinin lagi atuh sassythursday nyaa. Kangen bangetttt

    ReplyDelete
  9. Belum baca punya Nahla,, and I guess postnya nahla bisa panjan bangeettt nih,, hahaha,,

    Kalau dari pengalaman rekan2 sih, mereka ya udah pacaran panjang tanpa jelas mau nikah kapan dan ampe sekarang juga belum nikah2 (pacaran udah lebih dari 10tahun), satu lagi udah pacaran lebih dari 10 tahun dan akhirnya ya wes bubarrr

    ReplyDelete
  10. udah pernah ngrasain...dan nyesel abis, sebaiknya memang satu agama. dan harus itu!!
    http://www.cakapcakap.com

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)