-->

Tentang Kartu Kredit

on
Wednesday, April 1, 2015
fungsi kartu kredit

Saya baru sadar ternyata banyak juga yah orang yang nggak punya kartu kredit. Maksudnya, di sekitar saya, di lingkungan temen-temen kantor, dll hampir semua orang pegang kartu kredit. Jadi pas denger orang yang nggak punya .. hua! How could you survive without it? *lebay* *digetok*

Rata-rata orang bilang: nggak mau punya kartu kredit ah soalnya nggak mau ngutang.


Well, sebenarnya meskipun bisa disalahgunakan untuk berutang, kartu kredit BUKAN alat untuk berutang. Kalau mentalnya emang suka ngutang, nggak punya credit card juga bisa dong ngutang.

Tapi kartu kredit itu alat pembayaran. Seperti juga kartu debit alias kartu atm. Bedanya, kita "dipinjamkan" uang dulu oleh bank untuk membayar, bukan memotong langsung uang yang kita punya.

Untuk apa punya kartu kredit? 

- Belanja online. Zaman sekarang yah manalah ada orang yang nggak belanja online. Kalau belanjanya di luar negeri, biasanya bayar pake PayPal kan harus pakai CC. Kalau saya biasanya beli font atau belanja di ol shop dari grosiran Cina (ini maksudnya belanja dari negara Cina) yang murah-murah ituuhh. Gimanalah caranya kalau nggak pake CC. :p

- Belanja aplikasi. Ini nih racun duniaaaaa. LOL. Saya suka gatel banget beli-beli aplikasi di Apps Store. Abis pada developer aplikasi itu jago yah, bikin versi gratisnya dulu, terus yang lucu-lucunya dilock, suruh bayar kalau mau unlock. Murah sih sedolar palingan tapi kan kalau sedolar belinya 10 jadinya 10 dolar dong. -_____- Pembelian paling ngeselin adalah waktu lagi heboh-hebohnya main game Hay Day, beli diamond cuyyy 2 dolar doang dapet 200 diamond. Soalnya kalau nggak beli, main dua tahun juga diaomond cuma punya belasan. Aku mudah dipengaruhi game. T_____T

- Beli album di iTunes. Yah apalah saya ini kalau suruh lawan pembajakan. Minimal beli album udah di iTunes lah ya, nggak download bajakan. Nggak mahal kok. Sama aja kaya zaman dulu beli kaset dan CD. :)

- Cicilan 0%. Ini saya sendiri belum pernah coba sih tapi orang-orang rata-rata pakai CC buat ini. Beli hp daripada cash 5juta kan kaget tuh tabungan jadi kosong, mending dicicil tiap bulan dengan cicilan 0%.

- Diskon rumah makan. Yang ini bikin bahagia. Soalnya banyak yang diskonnya sampai 50-70%. Mayan banget kan makan 300 ribu bayar cuma 100 ribu. *berbinar*

- Untuk beli tiket pesawat. Ini penting! Apalagi di zaman tiket murah kaya sekarang. Kalau nggak punya cc kayanya sampai sekarang saya dan JG belum ke mana-mana. Hehehe.

- Untuk belanja di negara dengan kurs mata uang yang lemah. *halah* Misal waktu saya ke Saigon, Vietnam mau nuker duit banyak kok ya takut di sana nggak kepake. Mending kalau ditukernya ke USD, nggak kepake pun nggak apa-apa bisa disimpen aja. Lah nyimpen duit Vietnam Dong? Buat apa? Tapi kalau nggak nuker duit, nanti belanja di sana gimana? Akhirnya nuker secukupnya buat makan dan jajan, belanjanya pakai kartu kredit.

- Bayar biaya darurat rumah sakit. Ini yang saya lakukan sama JG. Karena kami berdua dicover asuransi, tapi ada hal-hal tertentu yang sistemnya reimburst, jadi bayar sendiri dulu baru nanti diganti kantor. Biasanya bayar pakai kartu kredit dulu biar nggak ganggu tabungan.

Tips menggunakan kartu kredit:


- Beri batasan untuk diri sendiri, jangan dibatasi oleh limit kartu kredit. Misal, limit kartu kredit saya 100 juta *horangkayah* YA JANGAN BELANJA 100 JUTA BULAN INI. Bisa-bisa nggak makan setahun. Kasih batasan sesuai nominal yang kita bisa kita bayarkan setiap bulan. Sebulan cuma mampu bayar sejuta? Jangan pakai lebih dari sejuta! Gunakan kartu kredit sesuai dengan jumlah uang yang kita punya.

- Kalau habis beli sesuatu yang terencana dan nominalnya besar, langsung bayar tagihan meskipun belum ditagih. Jadi misal saya habis bayar tiket pesawat untuk liburan (liburan terencana dong ya buibuuu) di tanggal 10, tagihan baru akan datang tanggal 20. Meskipun belum ditagih, saya biasanya bayar duluan. Nanti pas tagihan datang, keterangan pembelian tiket pesawat itu biasanya sudah dibayarkan. Jadi nggak ada bedanya sama bayar langsung kan.

- Catat pengeluaran dengan kartu kredit. Saya pelupa, saya punya catatan di hp setiap habis menggunakan kartu kredit. Misal: Sushi Tei 25 April 300 ribu, iTunes 30 April 25 ribu, dll. Dengan demikian, saya jadi tahu, sudah pakai berapa untuk bulan ini? Apa sudah lewat limit?

- Jangan pernah tarik tunai pakai kartu kredit di atm. Bunganya gede banget! BIG NO.

- Jangan pernah TIDAK MEMBAYAR LUNAS tagihan kartu kredit. Saya mikirinnya aja ngeri duluan. Bunganya akan berbunga dan itu sama sekali nggak indah seperti bunga di taman. Banyak sekali kasus orang kelilit utang kartu kredit sampai dikejar-kejar debt collector. Ngeri!

Jadi intinya, pakai kartu kredit sesuai kemampuan! :D

Haruskah punya kartu kredit?

Ya nggak haruslah! Kalau memang belum butuh, ya nggak perlu memaksakan diri. Karena kalau belum butuh terus punya terus nggak dipake kan sayang, mana harus bayar biaya tahunan.

Udah sih gitu aja. Semoga mencerahkan! :D

(Link posting lengkap tentang keuangan: Tentang Uang)



-ast-

Image as usual from Freepik!




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
66 comments on "Tentang Kartu Kredit"
  1. Aku perlu banget inihh buat bikin akun paypal.. makasih mak sharingnya :)

    ReplyDelete
  2. klo saya untuk app cc kyny mikir ribuan kali dlu deh mak.
    soalnya ada pengalaman gak enak dari kerabat dekat saya ttg kejerat kartu kredit.
    dari saat itu saya mantepin hati buat gak tergoda penawaran CC dari mas2 en mbak2 ganteng d moll.

    lagian juga klo menurut buku2 islam yg saya baca gak boleh ngutang klo pas kita bayar hutang malah lebih besar dan ada bunganya.

    kerabat saya sampai jual rumah segala buat nutupin hutangan CC nya yang udah kaya renterir masa kini.

    trauma banget mak..

    dan jujur saya tipe orang yg rada kalap klo ada duit unlimited makanya saya akalin buat biaya tak terduga pake rekening mati. di rekening itu ada dana cadangan kalau ada keperluan mendesak dll.
    klo beli ini itu sih ya mikir dlu perlu ato gak buat di beli klo engga ya gak beli.

    klo saya ngiler terus belinya kudu pake paypal biasanya sih pinjem paypal temen terus saya bayar cash deh ato trans ke bank nya temenku. dan klo lagi jalan jalan n kadang suka ada merchant yg nawarin promo diskon cc a atao cc b ya aku besoknya suka kontak temen buat pinjem cc nya dan aku bayar saat itu juga. wekekek..

    jadi saya prinsipnya berdayakan yg ada aja. daripada ngutang2. XDD

    btw thanks for sharingnya yak mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kartu kredit kalau dibayar tepat waktu nggak ada bunganya mak. ya bayar sesuai yang kita pake aja. kecuali kalau nggak dibayar, ya berbunga dong.. makanya harus bayar tepat waktu..

      Delete
  3. Kalo buat aku sih belum butuh-butuh amat buat punya CC. Tapi syukurlah, dengan adanya postingan ini, CC yang awalnya aku anggap suram ternyata mencerahkan. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalau mencerahkan. makasih udah mampir yaaaa :)

      Delete
  4. Gueeeee masih belum punya kartu kredit dan rekening BCA! Hahahaha, ngerasa masih belum butuh. Makanya kalo beli tiket dan booking hotel online, cari yang bisa terima pembayaran transfer. Justru suami yang punya karena mau ngga mau, ada salah satu yang punya. Alasannya lebih ke financial safety untuk kebutuhan darurat dan diskon makan dan tiket nonton.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue juga nggak punya sendiri kok win. cc gue turunan cc JG dengan limit setengahnya. cukuplah buat belanja belenji sendiri mah hahahaha

      Delete
  5. Aku punya cc itu krn fasilitas kntor mba. Kebetulan aku kerja di bank, Dan dpt CC dgn bunga yg lbh rendah drpd nasabah. Tp srgnya ttp kartu ini utk beli ticket pesawat krn aku emg hobi traveling. Trus lg, utk ngejar poin ;) . kan lumayan poinnya bisa dituker ke miles Garuda Indonesia ato SQ ... Jd kalo mW beli ticket lg, bisa lbh murah ke dituker miles td ;)

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanggal jatuh tempo yang harus diinget tanteee.. asal bayar sebelum tanggal jatuh tempo sih aman.. tanggal cetak mah cuma buat ngitung, pemakaiannya masuk tagihan bulan ini atau bulan depan aja sih..

      Delete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. Iya, mak. biasanya buat beli tiket online. kalo ga pake itu susag ngurusnya. :D

    ReplyDelete
  11. Ya betul. Jika kita pandai menggunakan CC, manfaatnya banyak. Kalau saya belum siap mba :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. huaaa ternyata mau punya cc butuh kesiapan juga ya :")))

      Delete
  12. Belom punya cc, aku aku aku akuuuuuh! xD
    Lah gak punya cc aja boros, apalagi ada cc, bisa enggak makan saban hari saban puasa saban lebaran. Beginilah IRT gatot :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti emang ga ada hubungannya yah cc sama boros kalau begituuuu XD

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga aaahh. aku belanja nggak pernah mikir tanggal cetak.. selalu bayar sebelum jatuh tempo, setelah tanggal cetak. ga pernah kena bunga sama sekali..

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. gaaaa. aku rutin cek soalnya tagihannya via email, bayar selalu lewat inet banking. ga pernah lewat atm. ga pernah kena bunga. limit cukuuuppp banget. alhamdulillah limit 40juta, ga pernah kepake sampai setengahnya pun. :')))

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
  14. aku ribet punya cc ih chaa. lieur nginget2 tanggal jatuh temponya.. alhasil sering kelongkap.. misalnya pake sejuta tanggal 2, tanggal 9 bayar sejuta, eh ternyata jatuh temponya tanggal 8.. *fail*
    aku mah apa atuh inget tanggal jatuh tempo aja gagal..
    *masih ngenes sama kejadian itu*

    btw, karena pegang dua cc sih, mungkin itu penyebabnya.. tapi aku sayang cc akuuuu kalo dilepas satu.. *kekepin cc*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha teteeehhh ampun, lagian kenapa coba bayarnya tanggal 9? harusnya pas gajian langsung bayar, jangan ditunda-tunda! terus tagihannya kirim ke email gera jangan lewat pos, jadi lebih keliatan kan..

      Delete
  15. Pengen banget sebenernya bikin. Tapi masih takut

    ReplyDelete
  16. CC ga wajib tapi esensial terutama buat yang suka belanja online dan travel. It makes your life easier tapi tetep harus dibarengi spirit belanja pintar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul. segala bentuk "uang" memang harus diperlakukan dengan bijak kan :)

      Delete
  17. I have some, tapi memang harus pandai-pandai mengelolanya :)..nice tips..

    ReplyDelete
  18. wow ini tips yang ditunggu2 Mba, soalnya saya kesulitan kalau nominalnya agak besar, dan biasanya saya suka pakai fasilitas cicilan beberapaa bulan kalau misalnya beli elektronik yang mahal :D

    ReplyDelete
  19. Huahaha... Saya, ratu yang sibuk nyuci baju juga ga punya cc kakak.
    Ditolak mulu sama bank yang sama. Yah baguslah. Hihihi
    Aku lebih suka pake debit, keliatan duit nya alias saldonya. Kalo masih Ada, hayo gesek trus. Kalo ud tiris, ya miris ajah. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bank yang suka nolak adalah bank b*a yaaa? hahaha

      Delete
  20. Aku sekarang tiap belanja bulanan pake kartu kredit. Ngumpulin poin hehe. Lagian pake karti kredit "itu" biasanya suka ada diskon

    ReplyDelete
    Replies
    1. embeerrr. lebih irit pake kartu kredit yah! *rhymes*

      Delete
  21. Kebutuhan cc di kota kecil.. sangatt kecil..hhehehe..nice share mak..

    ReplyDelete
  22. Krn IRT, sy ga punya, Mak.
    Yg pny suami saja dan mmg CC berguna bgt kalo dipakai dgn tepat.

    ReplyDelete
  23. Aku tambahin kegunaan CC versi aku ya Mak...
    - Buat beli voucher hotel di Agoda. Nanti kan bisa ngumpulin poin tuh.. Trus kalo dituker, bisa dapet voucher hotel gratis. Yey!
    - Buat belanja-belanji di LN. Kalo pengalamanku pas dulu ke HK, kurs hari itu kayaknya 1500 rupiah (aku lupak persisnya). Tpi tagihan yg muncul di CC itu kursnya pas tgl cetak tagihan. Dan kebetulan banget kursnya di bawahnya. Duh, enak bangett...

    ReplyDelete
    Replies
    1. embeerrr. itu poin kedua kan udah aku sebut juga. buat belanja di negara yang nggak pake usd hehehe

      Delete
  24. saya merasa perlu punya CC. Karena suka males bawa cash. Suka berceceran dimana-mana uangnya. Jadi, bawa CC sama DC juga

    ReplyDelete
  25. Karena aku suka traveling, kayaknya gak bisa hidup tanpa CC deh.. hehehe. Bukan untuk berboros ria, tapi justru memudahkan kita untuk bertransaksi terutama online (beli tiket, booking hotel). CC itu kuncinya jangan dianggap sebagai "uang tambahan" biar kita bisa kontrol pemakaiannya. Aku juga ga suka ngutang apalagi di CC yg bunganya ampun2an. Biasanya siy langsung byr sesuai tagihan aja. Kalopun sesekali dipakai buat belanja yg rada mahal, langsung di bikin ke cicilan tetap (installment) sambil ngukur kemampuan bayar diri sendiri biar gak membengkak tagihannya.. hihihi.

    ReplyDelete
  26. Selama hampir 10 tahun saya punya 3 kartu kredit. Tapi karena suka kebablasan, akhirnya yang dua ditutup. sekarang cuma pakai satu kartu. Dipertahankan karena memang pasti akan dibutuhkan. Apalagi sekarang masih pakai paypal untuk bayar biaya bulanan streaming nonton drama korea di Viki. hehehe

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  41. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  42. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  43. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete