-->

Tips Menyikat Gigi Balita

on
Wednesday, October 19, 2016
Tips menyikat gigi balita banyak sekali beredar di internet. Tapi biarlah ya aku mau share juga cerita Bebe sampai dia mau sikat gigi tanpa gulat, drama, dan air mata. LOL


Beberapa waktu lalu Bebe difoto di Instagram sambil tersenyum dan pamer gigi. Kemudian ada yang berkomentar (hai mbak Mira!) memuji wah gigi Bebe bagus ya, pasti rajin sikat gigi. Gigi Bebe memang putih bersih dan nggak keropos sama sekali (JANGAN SAMPAI). Giginya masih utuh. Ada kuning dikit di gigi depan tapi masih utuh banget,

Karena ibu Bebe mudah dibuat bangga dan bahagia, maka aku tulis postingan ini. Hahahaha. Kemudian bingung nulis judul mau pake "tips sukses" takut nggak sukses, mau bilang "tips pintar" kok ya sok pinter amat. Mau bilang "tips seru" ya mati-matian juga sih nggak seru-seru amat hahaha. Jadi ya udalah to the point tips menyikat gigi balita.

Bebe dulu drama banget sikat gigi. Bikin putus asa banget, digigit lah, nolak lah, mulut ketutup rapet lah sampai nggak ngerti lagi masukin sikatnya gimana. Cuma ya tetep kan harus dipaksa baik-baik. Baik-baik karena dipaksa tapi ya nggak diomelin juga. Disabar-sabarin aja dibujukin. Sekarang sih syukurlah udah nggak pernah drama lagi. Malah maunya sikat gigi mulu, kalau udah selesai pasti minta odol lagi. -_____-

Ini dia tips menyikat gigi balita:

1. Biasakan sejak bayi

Bebe sikat gigi sejak belum ada giginya. Pas gusinya mulai keras gitu, disikat pake karet yang dimasukin ke jari itu loh. Digigit nggak? Digigit laahhh.

Sampai sekarang juga masih gigit sikat gigi kok. Tapi apa karena digigit kemudian menyerah? Apa karena digigit jadi rela anak nggak gosok gigi?

Ya intinya biasakan gosok gigi sejak bayi. Pantang menyerah sebelum gigi tersikat semua!

(Baca: Mengajarkan Kebiasaan Baik pada Balita)

2. Buat rutinitas

Kapan pun Bebe mandi maka Bebe gosok gigi. Jadi saya nggak bikin aturan gosok gigi setelah makan atau gosok gigi pagi dan sebelum tidur. Kadang kalau weekend dia sore udah dekil banget, ya sore mandi plus gosok gigi. Malem sebelum tidur pasti mandi lagi dan gosok gigi lagi karena mandi adalah ritual sebelum Bebe tidur.

Nah waktu belum bisa kumur-kumur, saya juga nggak mengharuskan gosok gigi di kamar mandi atau wastafel. Pakai pasta giginya yang bisa ditelen juga kan jadi nggak ada urgensi dia harus di kamar mandi atau wastafel. Gosok gigi di mana aja, di kasur sambil main juga ayo aja yang penting gosok gigi. Setelahnya minum. Ini untuk membiasakan diri dengan gosok gigi aja sih. Di mana aja ayo daripada dipaksa ke kamar mandi/wastafel terus malah nggak jadi?

(Baca tentang pasta gigi bisa ditelan Bebe di sini)

Sekarang sih dia udah bisa kumur dan dibuang airnya. Jadi sekarang pakai pasta gigi biasa soalnya yang bisa ditelan itu mahal hahaha. Jadi sekarang (2 tahun 4 bulan) gosok gigi selalu di kamar mandi.

3. Sikat gigi bersama

Ini penting dan harus sambil akting "IBU SIKAT GIGI DULU AAHHH! HMMM! SEGAR YA SETELAH SIKAT GIGI." Ya akting-akting sok excited gitu loh.

Biarkan dia pegang sikat giginya sendiri, lama-lama Bebe suka menyerah gitu kemudian saat kondisi sikat gigi masih dalam mulut dia, GOSOK!

Cicil aja gosoknya. Misal sekarang geraham bawah dulu kanan kiri, udah gitu mandi dulu, terus geraham atas kanan kiri, terus main air, terus baru depan. Berdua juga bisa, pegang berdua gitu sikatnya. Soalnya kadang dia bete gitu karena kelamaan disikat giginya, mati gaya dan nggak nyaman kali ya ada yang gusrek-gusrek gigi.

4. Pasta giginya yang enak

IYA INI NGARUH. Kalau nggak enak nggak mau dia. Kalau udah bisa pilih biar pilih sendiri. Waktu kecil sih saya cari aman rasa pisang karena Bebe suka pisang. Intinya cari yang jadi favorit anak.

5. Sikat giginya yang enak

Ini juga ngaruh! Bebe pernah saya belikan sikat gigi yang bisa dilipet terus jadi mobil. Ya dipake cuma sekali doang kemudian mingkem. Ternyata pas saya coba emang nggak enak banget sih, keras dan kasar. Sekarang Bebe harus pake Oral-B Stages (ini bukan iklan) yang gambarnya Winnie The Pooh. Dia sampai tau yang gambar Tigger itu yang di daycare, yang Eeyore di rumah, yang Pooh di rumah nini. Begitulah. Harus cari yang bikin anak terobsesi.

Eh terus kemarin beli di AEON sikat gigi Tomica soalnya gemes lucu banget. Nggak tau deh mau apa nggak, belum dicoba hahaha.

6. Nonton video "Brush Your Teeth"

Ini nggak ngaruh di Bebe tapi ngaruh di anak beberapa temen saya. Jadi gosok giginya sambil nonton videonya. Bebe entahlah nggak terpengaruh sama sekali dan tetep nggak mau. Ini videonya.


Mungkin bisa dicoba dengan video anak kecil lain lagi gosok gigi. Tidak ada salahnya mencoba peruntungan hanya bermodal kuota, buibu!

7. Perlihatkan gigi rusak

Ini dia turning point-nya. Suatu hari Bebe liat gigi kakak sepupunya (namanya Alma) yang keropos. Sampai hitam gitu kan. Dan dia shock.

Bebe: "Ibu gigi Alma kenapa?"

Ibu: "Itu karena tidak sikat gigi, makanya harus rajin menggosok gigi ya!"

Kemudian dia mau gosok gigi dengan sukarela. Sejak saat itu dia jadi suka merhatiin gigi orang. Kebetulan di daycare juga ada anak yang giginya keropos juga. Terus dia lapor kalau temennya gigi rusak juga karena nggak pernah gosok gigi lol anakku mudah ditakut-takuti. -_____-

8. Puji dan ingatkan

Pujian harus sering diberikan "wah anak pintar menyikat gigi!" bahkan kadang masih di kamar mandi aja saya peluk dulu saking urgent-nya itu pujian. Setelah selesai mandi, bawa ke kamar, laporkan lagi dong sama JG "Appa, tadi Xylo pintar loh menyikat gigi!". Nanti Bebe akan berbinar bangga dan JG tentu harus puji lagi "WAHHH PINTAR SEKALI MAU MENYIKAT GIGI".

Ulangi dan ulangi lagi setiap hari. Hidupku penuh dengan akting excited memuji segala hal baik yang dilakukan Bebe. Nggak apa-apalah ya? HAHAHAHA.

(Baca: Selepas ASI, Apakah Anak Harus Minum Susu?)

*

Begitulah. Luar biasa, tips menyikat gigi balita doang sampai DELAPAN POIN loh ibu-ibu. Masih bisa bilang jadi ibu itu gampang? Btw please note ada kemungkinan Bebe giginya bagus karena nggak ngedot hahaha.

Soalnya rata-rata anak yang ngedot itu kan dot terus ketiduran kan. Nggak gosok gigi lagi dong? Mungkin itu sebabnya juga giginya jadi gampang rusak. Mungkin loh yaaa.

Share yukkk biar gigi anak Indonesia bagus-bagus semua karena rajin menyikat gigi!

*modus*

LOL

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
7 comments on "Tips Menyikat Gigi Balita"
  1. Aku juga lagi semangat-semangatnya ngajarin Kenzo sikat gigi mb, mudah-mudahan bersih dan gak malas-malasan lagi. makasih tipsnya hehehe

    ReplyDelete
  2. Samaan nih dulu sama anakku pas dia lagi belajaran sikat gigi, Icha. Pantang menyerah deh pokoknya mulai dari pake yg bentuknya plastik ada bulu2 sikatnya itu, sampe kemudian beralih ke sikat gigi kecil.

    ReplyDelete
  3. Video Elmo ini bener - bener membantu banget buat anakku mau sikat gigi sendiri mba :)

    ReplyDelete
  4. gigi anak bagian depan yang suka keropos hitam itu kayaknya ada faktor genetik juga deh.. jadi suami aku masa kecilnya bergigi hitam buruk rupa gitu meski kata ipar aku udah rajin digosokin giginya, eheheh

    ReplyDelete
  5. gigi yang rusak kayaknya jadi turning point banyak anak yaaaak.. hahaha

    ReplyDelete
  6. mantap tipsnya..banyak ajaaah hehehehe. Tapi memang bener..the sooner the better :)

    ReplyDelete
  7. Mau bikin gini juga Mbak, tapi Kak Ghifa (17 bulan) masih kudu dipaksa gosok giginya.

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG