-->

Tips Maintain Social Media

on
Monday, October 31, 2016

Jadi beberapa minggu lalu saya baca status orang lain. Lupa sih status siapa yang mempertanyakan “Kok bisa ya pada eksis di semua socmed? Saya Facebook aja nggak keurus.”

Jadi inilah saya tulis tips me-maintain social media. Kapan harus membuka akun socmed yang mana? Harus posting apa?

Facebook


Kalau lagi nggak sangat luang, jangan buka timeline Facebook. Buka aja tab notifikasi. Yang penting-penting ada di situ semua kok. Buka timeline Facebook, selain menghabiskan waktu, juga bikin sebel. Karena banyak orang yang statusnya nggak sejalan sama prinsip kita. Kalau kebetulan nemu, unfriend aja atau unfollow biar damai.

(Baca ini soal follow dan unfollow)

Most of the time saya Facebook cuma buka tab notif. Tapi karena di kantor kerjaannya memang di socmed, jadi hampir bisa dibilang saya selama di kantor memang aktif di Facebook. Saya juga jarang update status karena ga tau mau update apa deh?

Biar timeline tetep jalan, maka share-share lah berita dari news site terpercaya. BuzzFeed paling favorit lolol. Jangan lupa tambahkan pendapat pribadi biar mancing orang buat komen.

Twitter


Twitteranlah … sambil pup muahahahahaha. Lagi di Twitter udah nggak serame dulu kan, tapi percayalah, yang rame di Facebook belum tentu rame di Twitter dan juga sebaliknya. Jadi saya sih tetep scroll-scroll timeline Twitter untuk update aja, lagi rame apa AnakTwitter?

Lagi di Twitter kan udah ada si “while you are away …” yaitu Tweet dari orang-orang yang sering berinteraksi sama kita dan sering kita kepoin timelinenya. Jadi tinggal cek di bagian itu aja.

Nge-tweet apa? Apa kek. Kalau ada yang terlalu random dan akan menimbulkan perpecahan di Facebook, biasanya saya tulis di Twitter. Rakyatnya lebih adem lol.

Instagram

Yang terobsesi sama feed Instagram acungkan tangannyaaaaa. Hahahahaha. Feed Instagram rapi menentukan mood banget sih kalau buat saya. Tapi foto bagus itu kan susah ya. Jadi yang saya lakukan adalah stok foto sebanyak-banyaknya saat ada waktu foto.

Terus diuploadnya cicil deh, sehari satu. Kalau lagi liburan juga bisa, stok aja dulu nanti upload perlahan-lahan, tinggal dipakein hashtag #throwback.

(Baca: Trend Make Up di Instagram)

Snapchat/Instagram Stories

Ini dijadikan satu kategori karena yaelah sama persis juga. Saya jarang pake keduanya tapi mantengin bener punya orang lain lol. Saya jarang snepcet-an atau stories-an karena suka lupa. :| Padahal udah ada tips lengkapnya di sini.

Salah satunya adalah Snapchat lah saat di jalan menuju kantor. Nah masalahnya saya di jalan menuju kantor itu si Bebe pasti nenen. Ribet lah udah. Yang jelas saya pasti cek timeline Snapchat sambil makan siang.

(Baca tentang Snapchat di sini)

Path

Saya nggak pernah update Path karena malas buka timelinenya yang isinya temen-temen doang lagi pada makan malem atau kolase foto bayi. Hahahaha. Jadi itu tips update di Path, update lah makan malam kalian atau anak-anak kalian. Well ...

Blog


Nulislah sebelum tidur. Nulisnya di HP lah udah, makanya niche blognya curhat deh jadi bisa tulis dan publish dari HP LOL. Kalau beauty blogger mana bisa, foto sama ngedit fotonya aja pegel mahahahaha.

Terus jangan lupa langganan dlvr.it. Cuma berapa ya, 9 dolar apa sebulan. Tapi bisa setting auto post di Facebook fanpage, Google+, Pinterest, Twitter, sampai 50 akun pokoknya. Worth every penny. Jadi setelah nulis ya udah, nggak usah ribet share lagi di socmed. Otomatis ke share sendiri.

(Baca: 5 Apps Wajib untuk Phone Blogging)

YouTube

Karena YouTube adalah gudang ilmu sebenar-benarnya. Cari tutorial apa juga ada. Kalau saya sih nonton YouTube supaya update dengan para YouTube stars masa kini. Bawa headset ke mana-mana, nonton kalau lagi nunggu atau lagi mati gaya.

Nggak sempet? Saya sering jadiin mereka-mereka ini sebagai backsound. Nggak ditonton tapi didengerin. Kaya waktu kasus Jeffree Star vs Kat Von D, udalah nggak perlu diliat mukanya, dengerin aja yang penting update.

Mau update YouTube juga? HUAAAAA. Itu sih mati-matian banget karena syuting, voice over, dan editing itu makan banyak waktu banget.

Kalau mau baca catatan ribetnya bikin beauty video bisa dibaca di sini dan catatan setelah sebulan di YouTube juga di sini.

*

Tapiii sebelum melakukan semua itu, pertanyakan dulu pada diri sendiri. Apa tujuan bersocmed? Kalau saya sih hobiiii. Social media dan dunia digital adalah hidupku hahahaha. Makanya happy banget kerja di dunia digital dan mantengin socmed.

Terus juga biar nggak ketinggalan info. Timeline Facebook saya itu nggak lebih seperti feed dari news site. News site entertainment sih banyaknya HAHAHAHAHA. Fanpage mereka saya bintangi biru, status dengan bintang biru ini akan muncul lebih banyak di timeline. Itu dulu sebelum Facebook mengubah algoritma ya. Sekarang sebel, fanpage di newsfeed jadi sedikit sekali meskipun udah dikasih bintang biru. :(

Di Instagram, feed saya isinya kebanyakan beauty blogger. Jadi untuk update segala sesuatu seputar beauty saya ke Instagram. Tau ada lipstik yang lagi happening, itu pasti dari Instagram. Kemudian Snapchat/Instagram Stories untuk kepoin hidup orang yang ingin dikepoin. Banyaknya saya follow artis sih, lucu aja liat Kendall Jenner atau Gigi Hadid bangun tidur, biasanya kan difoto paparazzi. -______-

Udah sih itu aja. Balik lagi, kalau memang nggak nyaman di social media ya nggak perlu maksain juga sih. Mempertanyakan “kok bisa sih update socmed sebanyak itu?” buat saya sama dengan pertanyaan “kok bisa sih masak menu makan malam sebanyak itu?”. Ya karena tergantung kesukaan masing-masing, mau menghabiskan waktu luang di mana?

Yang penting happy kan?

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
13 comments on " Tips Maintain Social Media"
  1. Sama aku path jarang buka, karena beda aliran..

    Favorit: instagram lah tetep, seru banget ngatur-ngatur grid biar rapi..

    ReplyDelete
  2. Yang facebook iya banget tuh. Kalau buka ya cuma buka notif sama nyetatus kadang2. Kadang mikir enak nggak sih orang like dan komen mulu di status aku sedangkaaan aku jarang banget komen di status orang. Wkwkwk.
    Abisnya gimana nyekrol temlen nggak kelar2 lah.

    Yang sering buka yutub sih. Sama IG. Twitter super jarang makanya followernya seiprit *eh.

    ReplyDelete
  3. aku seringnya buka yutub, IG, path, sama blog. udah itu aja, twitter cm buat live tweet kalo acara sama apdetan blog.

    ReplyDelete
  4. Wah, Mak aku baru tau yang langganan itu, jadi kepo deh daftarnya di mana?

    ReplyDelete
  5. Aku punya path (dulu) sekarang gak, karena udah gak ada manfaatnya at least for me, ahahaa.. jadi gak repot maintain kebanyakan sosmed.

    ReplyDelete
  6. Iya ka Icha, balik lagi ke tujuan masing-masing sih.
    Kalo aku mantengin sosmed biar semangat ngeblognya tetap terjaga. Soale temen-temen sosmedku dikiit yg dari dunia nyata, banyakan bloggernya. :D

    ReplyDelete
  7. Sebagian hidupku habis untuk sosmed, dan bingung kalo ada yang nanya gimana bisa keurus semua. Gimana da aku hidup untuk sosmed, aku bersosmed untuk hidup xD

    ReplyDelete
  8. iya kak yang penting happy hahaha aku udah jarang banget buka facebook, seringnya instagram sama twitter karena gampang nggak seribet facebook (emang facebook ribet?), terus blog juga dicek tiap hari, youtube seminggu paling nggak lima kali lah dibuka XD, path nggak punya karena..........nggak pingin punya XD, snapchat jarang buka semenjak tiffany delete account XD

    ReplyDelete
  9. Sepakattt soal fb. Kenapa ya bs gitu. Perang terus...mau jaman jokowi nyalon..ahok nyalon..bwkakaa.
    Path juga, bahkan bagi ibu muda macam ka Icha aja gerah liat kolase bayi. Gimana aku ? Peer pressure

    ReplyDelete
  10. facebook, twitter, instagram, youtube..

    aku penikmat keempatnya sih. yang path/insta story/snapchat ga pake. tapi seakrang2 mah sukanya youtube, enak aja gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaaaaah ya, sama Blog! hahahaha sampe kelupaan nulis

      Delete
  11. Mba Icha, kita samaan intip FB cuma liat notif doang....hahaha
    Paling aktif cuma twitter...Eh btw, kan sudah bisa fitur posting sekaligus antar socmed...suka pake fitur itu cuma memang beda socmed beda respon..

    ReplyDelete
  12. sosmed bisa jadi cuma bikin wasting time, bisa juga jadi tempat dapet ilmu hihihi. pinter2 aja memilah ya Mom :)


    mysistermonsterdisaster.blogspot.co.id

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG