-->

Catatan untuk Para Beauty Vlogger Pemula (alias Diriku Sendiri)

on
Tuesday, October 25, 2016

YEAY YEAY YEAY! Tolong semprot confetti gengs, tolong terbangkan merpati, tolong nyalakan kembang api, petasan, dan mercon kemenangan karena finally gue bikin beauty video!

Tepatnya bikin beauty video yang sesuai dengan standar terendah gue. Iya standar terendah, tertingginya tetep ngarep dengan lighting ala my queen NikkieTutorials lol.

Jadi sejak postingan yang kemarin itu (link di bawah ini) gue bener-bener putus asa. Tapi kemudian Nahla bilang berkali-kali "make up aja kali kak direkam, terus tinggal vo deh".

IYA TAPI AKIK NGGAK ADA WAKTU KALAU HARUS 2x TAKE VIDEO DAN VOICE OVER.

(Baca: Hal-hal yang Dipelajari Setelah Sebulan di YouTube, No Beauty Videos!)

Sampai akhirnya sempet-sempetin dan jadinya lamaaaaaa muahahahahahah. Abisan kelar edit video terus biasanya langsung cicil edit kan maksimal sehari jadi, lah ini harus cari me-time lain dulu buat voice over kan setelah edit. Tapi ya udalah.

Dan karena gue takut gagal, jadi video pertama ini make up natural ajalah, tes-tes lighting aja sama tes edit. Bete banget pasti kalau udah bikin makeup heboh gitu terus videonya jelek hahahaha *alasaannn padahal mah nggak bisa makeup susah-susah*

Soalnya kalau video biasa yang gue bikin sama JG itu gue nggak mikirin lighting sama sekali. Yang penting terang, ring light di-set paling terang aja. Ternyata kalau bikin beauty video nggak bisa begitu, kalau di-set paling terang nanti mukanya rata, contour sama blush on nggak keliatan.

Untuk yang mau bikin beauty video juga, ini catatan gue. Anggap sebagai hal-hal yang perlu diperhatikan saat bikin beauty video untuk pemula kaya gue:

1. Lighting adalah kunci. Natural light = natural glow kalau kamu tau posisinya hahahaha. Banyak banget liat orang bikin video dengan lighting matahari tapi gelap sebelah juga jadinya mukanya. Padahal udah untung banget bisa punya waktu santai nemu matahari. Liat video orang sih pada pake lampu meja untuk nyeimbangin bagian yang nggak kena cahaya matahari.

2. Kalau nggak pernah nemu matahari kaya aku, ring light is a must! Aku punyanya yang biasa sih bukan LED (abis yang LED harganya 2x lipatnya), tapi ini nolong banget super! Cahaya jadi merata ke seluruh muka.

3. Backdrop itu penting kalau rumahmu berantakan. HAHAHAHAHAHA. Gue ngikutin juga cara Nahla dengan melakban dua hoverboard ... APA DEH NAMANYA. Apa board sih?

Impraboard, or is it infraboard? Auk ah males googling mana yang bener. Intinya kaya fiber kanopi buat atap garasi tapi ini yang murahnya gitu beli di Gramedia.

Nah terus kainnya dijepit di board itu. Boardnya disenderin aja di tembok ruang tamu.

Sedih deh gue pake kain sequin, mainstream sekalehhhh. Mau print semangka-nanas gitu belum sempet aja ya udalah yaaa. Pake dulu si kain sequin lah. Anggap aja disko darurat eym.

4. Cermin gue pasang pake lazypod di tripod kamera. Ini karena gue nggak punya meja rias. Mau beli kok yang dipengen 2juta aja di Ikea. Custom made gitu juga 2-3juta. :(

Meja rias akan membantu karena udah ada cerminnya dan semua alat make up akan rapi di meja, duduk pun lebih nyaman. Ini gue duduk di lantai dong, pegel dan duile berantakannya nggak ada dua. Ngalah-ngalahin mainan Bebe.

Dan di video pertama ini cerminnya kurang atas jadi guenya nunduk HAHAHAHAH. Dan maklum yes mata minus 5, muka sama cermin jaraknya harus deket banget kalau nggak blur semua. Cermin ada juga yang dipegang tapi ribet ah, paling praktis ditempel di tripod.

Mau pake softlens kok males nyari, auk lupa naro bekas dibawa ke Bandung. *niat gak sihhhh?

5. Make up yang mau dipake gue kumpulin dulu di keranjang. Jadi nggak sibuk ngaduk-ngaduk make up case. Brush yang mau dipake juga gue pisahin dulu. Ini menghemat waktu banget deh.

6. Pertanyaan terbesar dan harus dipecahkan, rekam video pake mirrorless itu settingnya gimana? Kalau buat selfie, P lebih bagus loh daripada Manual. Malah lebih bagus P dibanding Intelligent Auto-nya Sony a.k.a beauty mode. Gue anaknya nggak terlalu suka beauty mode sih soalnya intinya kebanyakan cuma ngeblur muka aja. dan kalau muka gue di-blur idung gue suka keliatan makin rata karena dia menghilangkan shading kan.

*tiati frame kacamata ikutan ke-blur sis*

Btw aku putus asa banget loh. Masa pake setting yang sama, hasil video sama selfie jauh banget huhu. Aku jadi merasa fake lol. Enaknya pake apa donggg pas rekam video? Plis beri aku ide.

*hina saja aku karena pake kamera nggak pake setting manual, kalau auto aja bagus ngapain manual coba. buang-buang waktu lol. Lagian gue juga BISA ya foto pake setting manual. Angkatan gue di kampus kebagian matkul foto pake dua kamera, analog dan digital. CUCI CETAK SENDIRI JUGA BISA BWEK*

*ini kenapa jadi pembelaan diri padahal yang nyinyir aja belum ada huh*

7. Suara motor karena rumah di pinggir jalan besar finally bhay semua karena gue beli clip on! Yay to me! Mereknya Boya, beli di Tokopedia.

8. Editnya masih pake Filmora, yang simpel ajahhh.

UDAH SIH ITU AJA. Kok tampak nggak ribet ya padahal aslinya ribet banget sampai bikin istigfar berkali-kali.

*

Videonya mana?

*krai*

Oke jadi videonya udah publish semalem terus gue private lagi tadi pagi karena baru sadar ada typo. YES TYPO DI TEKS. Baru ditonton 20 orang sih, maafkan ya 20 orang yang tahan melihat ketypoan gue.

Gue nggak mau ada typoooo gue benci typo. Kalau blogpost ada typo tinggal diedit. Video ada typo gue nggak mau karena typo itu akan selamanya ada di sana, gue mau edit dulu lagi videonya dan publish ulang ... nanti malem karena filenya di laptop rumah sementara sekarang gue udah di kantor. BERAT BANGET HIDUPPPP.


Jadi no 9 adalah;

9. CEK ULANG JANGAN SAMPAI ADA TYPO. Gue cek berkali-kali sebenernya tapi alasan terbesar adalah 3 hari kemarin gue sakit. Sakit banget sampai hari Sabtu itu nggak bisa bangun saking pusingnya. Gue sakit banget pusing kepala, pandangan gue delay tapi gue keukeuh rendering video yang udah selesai diedit. Pas udah jadi dan gue cek kayanya normal, gue nggak cek banget-banget lagi terus langsung upload. Ternyata gue yang lagi nggak normal wtf.

9. Masih kurang sih sebenernya pengen beli ... Beauty Blender. HUBUNGANNYA APAAA? Ya biar sih gue mau Beauty Blender masa nggak bolehhh? -________-

*

Oiya nanti kalau videonya udah publish, kalian akan liat kalau gue nggak bikin ala-ala beauty vlogger gitu yang glam dan mata dizoom terus kedip-kedip pose-pose. I. JUST. CANNOT. #teaser

Pose-pose imut itu nggak gue banget. Gue akan awkward parah dan ingin menampar diri sendiri kalau disuruh kaya gitu. Maka gue tetap pakai editan video gue yang biasa. Dengan emoji dan sound effect orang nangis tentunya lolol.

Special thanks to Nahla yang selalu menggampangkan bikin video beauty sehingga membuatku menggampangkannya juga dan Vindy yang gue hebohin mulu urusan clip on dan Filmora HAHAHAHAHAHAH.

DITUNGGU VIDEONYA NANTI MALAM YAAAA. :)

*sok senyum padahal pedih*

T______T

-ast-

UPDATE:

Ini yaaa videonya. Hahaha.







LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
24 comments on "Catatan untuk Para Beauty Vlogger Pemula (alias Diriku Sendiri)"
  1. Wah, seru ya bikin Vblog. Cuma aku belum paham ngedit videonya hehehe

    ReplyDelete
  2. Asli, bikin jiper!.
    Jadi gak sabar tunggu videonya... :).

    ReplyDelete
  3. Bahahaha aku juga pgn bikin beauty video, tp gak punya meja rias, soalnya kontrakan sempit :)) Buat sehari-hari aja ngelamprak di lantai :)) syedii....

    ReplyDelete
    Replies
    1. SAMAAAA. AKU PUNNNNN. kata JG: beli meja rias mau ditaro di mana? T_____T

      Delete
  4. Lha pantesaaaan, ada notifnya tapi nggak bisa dibuka.
    Semangat Chaaaa...

    ReplyDelete
  5. ini editing video pake adope apa maks??? hehe, keren ko tapi..cuma bagian waktu nunjukin botolnya, menurutku cahayanya kelebiahan, jadi mau lihat merknya sedikit keganggu.. tp gpp, its still Good.........

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan yang ini videonya, kan aku udah bilang videonya belum publish, ga dibaca T_____T

      Delete
  6. Gue juga pengen bikin vlog tapi bukan mek-up lebih ke bodor-bodoran aja, duh tapi jiper amat belom mulai aja udah dredeg dengkul ambo.

    ReplyDelete
  7. aaah aku bangeeet, belum punya lighting sih, tapi kata tmn yg nonton sih not badlah.. terus jadi kepengen punya beauty blender juga hahha padahal gak ada hubungannya. kalau aku sih gak pake ngomong dulu, soalnya blm punya clip on dll, jadi tutorial cepet aja :D

    http://heytarra.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  8. vlog itu butuh perhatian lebih ya daripada blog, belum sanggup waktunya, kalau dipaksain nanti kasian anak-anak.....salut sama yang bisa.

    ReplyDelete
  9. hay kak follback blog aku ya. citraayuv.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. Wah udah banyak yang pake vlog ya, ketinggalan pesawat nih, gk mau ketinggalan pokoknya nih.. hehe..

    ReplyDelete
  11. aku kayaknya kalaupun bikin vlog nggak bakala buat beauty vlog deh mbak. soalnya emang akunya ngga tipe-tipe suka dandan gituh. palingan pakai bedak doang :D

    btw, ribet juga yah kalau baca pengalaman dan persiapan si mbaknya :D

    ReplyDelete
  12. aku juga ingin sekali beralih ke youtube, belum pede aja sama settingannya kek mana, makasih ya artikelnya ngasih aku pencerahan



    http://febtarinar.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  13. kak Annisa nomer 9 sangat menghibur :'))))

    https://isthiud.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  14. Hhii
    . Kayaknya harus sering buka channel youtube nih kaka

    ReplyDelete
  15. aku suka nyari2 space yang lebar buat ambil gambar atau video, maklum rumahnya RSSSSSS

    ReplyDelete
  16. Clip on itu maksudnya apa ya?

    ~Fia~
    www.fiarevenian.com

    ReplyDelete
  17. salut deh sama part time beauty vlogger yang bisa post tiap minggu >,< aku pernah editing yutub buat presentasi, ngeditnya sebulan hasilnya....#menghelanapas kwkwwkw


    mysistermonsterdisaster.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  18. Hai sis aku baru baca tulisan mu diatas & baru cek vid pertama mu. Kebetulan krn aku juga pgn coba bikin video youtube tp blm berani. Aku baru baca tulisan mu ini (Udah telat 1 th ya) Tp salut sis, sejak 1 th lalu kamu post video pertamamu, sekarang udah di view 4000an kali *tepuk tangan*...

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)