-->

#SassyThursday: Gampangnya Ribut-ribut

on
Thursday, December 8, 2016


Iya ini gara-gara Sari Roti. EH NO, gara-gara reaksi orang atas press release Sari Roti jadi kepikiran betapa gampangnya social media ribut.

Banyak yang memang komplain dan menyuarakan pendapat. Tapi banyak juga yang sekadar "eh nulis status ini deh soalnya lagi rame biar nggak ketinggalan". 😂

Baca punya Nahla:


Bukan cuma urusan Sari Roti ini ya, tapi keributan ini sering banget terjadi! Banyak banget hal yang sebenernya mah nggak perlu diributin sedunia maya eh tapi kok viral juga.

Saya sih kan anaknya kan selalu membanggakan anti mainstream ya jadi orang heboh meme ibu berdaster atau heboh ngomongin topik tertentu. YA GUE NGGAK MAU IKUTAN LOL. Apa yang orang lain bicarakan maka itu yang akan aku hindari. Karena ... males aja sama-sama orang lain. 😂😂😂 #ohsomillennials

Pernah semacam test the water atau social experience gitu bikin ribut sih tapi sekali doang abis itu ya udah. Cukup pengen tau gimana cara ibu-ibu menanggapi isu yang lagi rame di socmed. Tadinya itu buat bahan tulisan tapi kok ya males mulai nulisnya lol.

Kenapa orang seneng banget ribut di socmed?

Biar eksis

Modal kuota doang udah bisa jadi bagian dari sejarah. Ya siapa tau di Year in Review topiknya masuk trending topic kan bangga dong "oh gue ikutan juga tuh ngetweet itu". Kadang nggak tau-tau amat juga masalahnya tapi nge-tweet dululah, bikin status dulu lah, apa susahnya sih biar eksistensi di dunia maya tetap terjaga?

Karena terbaca banyak orang


... dengan mudah. Ya cyn kalau mau rumpi sama ibu-ibu kompleks langsung kan mesti ketemu dulu. Ini jarak memisahkan langsung bisa rumpi. Dari sekadar komen-komen sampai judge diam-diam dan dibawa ke WhatsApp group lol.

Hati-hati ada yang screenshot! WhatsApp group yang membernya lebih dari 5 orang sudah harus diperlakukan public sih karena kita nggak mungkin percaya banyak banget orang akan bisa menjaga rahasia. 😉

Karena bisa mikir panjang

Apalagi buat tipe yang nggak bisa diskusi atau initiate percakapan, status socmed bantu banget untuk buka topik.

Mungkin itu salah satu sebab banyak orang di socmed bawel luar biasa. Sindir sana-sini, berisikin komen orang, heboh di semua linimasa sementara pas ketemu di dunia nyata diam membisu. Ditanya aja jawabnya yes or no doang. Dih kalau di socmed mikir dulu yaaa? Apa malah googling dulu? 😂

Karena membela sesuatu dan kita merasa orang perlu tahu standpoint kita

Yaiya dong orang zaman sekarang kalau diam malah dibully. Kalau diam dianggap tidak punya pendirian. Padahal mah ya bisa aja punya cuma nggak mau bilang-bilang weee.

Setelah kasus Trump **KASUS** saya nggak percaya lagi kehebohan di dunia maya. Gimana nggak, kemarin itu semua media like SEMUA MEDIA anti Trump. Mereka semua bikin artikel anti Trump dan apa efek buruknya kalau milih Trump, boro-boro berimbang.

Eh taunya menang lol. Kenapa coba? Karena ternyata banyak yang diam. Ini baru ketauan setelah Trump menang dan mereka baru bilang kalau selama ini mereka diam karena takut dibully. 😉

Ingin tahu siapa-siapa aja yang sepemikiran sama kita

Iya alias ngetes doang. Soalnya kadang banyak yang bikin speechless. Pendidikannya tinggi, kuliah mulu perasaan tapi terus share berita hoax sambil ngotot. Ah elah. Gunanya apa sekolah tinggi-tinggi kalau riset hoax apa bukan aja nggak mampu. 😩

*

Nah memang poin-poin di atas juga bisa jadi blunder. Bisa jadi mencerminkan kepribadian orang yang sebenarnya.

Kita bisa dengan mudah menakar kadar emotional intelligence seseorang dari cara dia menjawab komentar, dari cara dia menanggapi orang yang tidak sepaham. Dari cara dia curhat masalah keluarga, mengeluhkan suami, cara dia bercerita soal tetangga.

Kita bahkan bisa tahu wawasan seseorang dari komentar dia pada isu-isu yang sedang hangat. Kadang suka kasihan jadinya sama orang yang udah ngotot tapi nggak tau cerita lengkap. Ngotot begini padahal ditanya detail, nggak bisa jawab.

Saran nih yaaa, saran nih. Sebelum bikin status atau debat sama orang, BACA DULU YANG BANYAK. Baca ya bukan gosip. Kalau males baca, jangan debat. Karena debat itu menunjukkan luasnya wawasan seseorang banget.

Atau ajak ngobrol orang yang sekiranya lebih tahu. Kalau saya, saya hampir selalu tanya JG atau temen-temen kantor dulu. Ada apa soal XYZ? Dia siapa? Backgroundnya apa? Diskusi dulu, cari tau dulu. Pasti ada pencerahan dibanding kalau kita cari tau sendiri. Kalau sudah gini kita jadi bisa jelas menentukan sikap. Ini mah tau berita cuma dari copas-copas orang di WhatsApp group, begitu ada yang bantah langsung bilang "dih bilang aja iri". GIMANAAAA?

Socmed emang paling aman untuk share foto liburan, barang baru, foto makanan, foto bayi, selfie, dan video panda. Setidaknya hal-hal yang nggak menakar intelegensia lol.

Btw nih ya dari sisi kecepatan, saya suka pengen ketawa sendiri kalau liat Facebook. Rata-rata pada telat amat. Di Twitter udah trending topic dari pagi, eh di Facebook baru ramenya malem. Di tempat lain ributnya udah mau selesai, di Facebook baru mulai. LOL

Jadi, ada topik keributan apa socmed hari ini?

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
12 comments on "#SassyThursday: Gampangnya Ribut-ribut"
  1. Gue keseringan kudet, Cha gara-gara jarang buka socmed selama jam kerja. Jadi, kadang masih suka nge-RT atau share kalau topiknya gue suka. Banyakin baca Buzzfeed aja lah, damai dunia XD

    ReplyDelete
  2. Suka ketawa aja kalau liat temlen fb yang telat amat hebohnya. Udah telat, tapi heboh kayak yang paling pertama tau, haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. YAKAANNN! AKU PIKIR AKU DOANG YANG MIKIR GINI LOL

      Delete
  3. Aku bersyukur jadi orang yang kudet. :'D

    ReplyDelete
  4. Sekarang lagi ramai bahas roti kayanya. -_-

    ReplyDelete
  5. Kayanya lebih bijak buat ngehindarin keributan, ya? Takutnya salah caplok. :v

    ReplyDelete
  6. Meyulut keributan lebih mudah ketimbang menyulut keheningan. :D

    ReplyDelete
  7. Kalau ada yang kaya gitu, aku cuma nyimak sambil makan keripik kentang. :'D (Jangan ditiru)

    ReplyDelete
  8. Tanya dong sama aku jangan hanya sama jege. NGAHAHAHAHAHAA. Ditampar bolak balik ampun dewa.

    ReplyDelete
  9. socmed hari ini tentram, bisanya jam 8 pagi aku cek trending topic twitter...nanti jam 11 gitu lagi. hahaha.

    iya sepakat fb sll telat wkwkw. dan yg aku heran, ada yg bilang'jangan percaya klo link berita dari media X'...eh taunya dia malah share broadcast an yg antah berantah hanya karena sepemikiran. heuheu.

    ReplyDelete
  10. Social media these days ya mbak, duh sampai bikin pusing lho kalo buka sosmed. Tiap kali buka di timeline munculnya status2 kebencian, well it ruins my day to be honest huhuhuhu :'(

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG