-->

Bebe 4 Tahun 4 Bulan

on
Monday, October 22, 2018
Sebuah posting nanggung bagi saya yang apa-apa ingin pas. Saya tuh anaknya suka ingin pas gitu lho nggak suka angka yang aneh. Jadi maunya update nanti di 4 tahun 6 bulan tapi kok ya kelamaan karena 4 bulan terakhir banyak yang terjadi. Takut keburu lupa.


(Btw saya apa-apa ingin pas level ngedit Brightness/Contrast di aplikasi apapun angkanya nggak mau nggak bulet hahahahahahaa. Harus kelipatan 5. Gemes deh sama diri sendiri hih.)

Okay dari postingan 4 tahun itu updatenya banyak banget! Terutama hal-hal ini:

Bahasa Inggris

AKHIRNYA BEBE MAU NGOMONG BAHASA INGGRIS! Padahal 3 bulan lalu itu masih ngambek loh. Masih bisa teriak sama saya “NGGAK PAKE BAHASA INGGRIS!” gitu.

Tapi ya saya nggak kapok masih kadang suka ngomong pake bahasa Inggris dan sekarang dia mau jawab. Dia bahkan pretend play pake bahasa Inggris sekarang. Ibu terharu banget beneran karena kan preschool-nya nggak bahasa Inggris.

Terus bisa dari mana?

PEPPA PIG AJA, BEB.

Bebe dulu nggak saya bolehin nonton Peppa Pig. Pertama, kepala keluarga pig itu kenapa bentuknya kaya titit gitu sih kesel amat nggak usaha lebih lucu dikit gitu. Kedua, fat shaming Daddy Pig terus sebel dehhhh.

Kan serem kalau dia jadi bilang ke orang gendut-gendut gitu wow bukan anakku. Tapi pas kapan saya bolehin nonton SAMBIL SAYA IKUTAN NONTON LHO KOK LUCU HAHAHAHAHAHA.

Lucu banget jokesnya dewasa banget, ngetawain parenting, ngetawain hidup, gengsi-gengsinya ortu/kakek nenek sama anak, tapi AMAN banget dikonsumsi anak kecil. Plus kalimat yang dipake itu kalimat bahasa Inggris sederhana dengan logat British yang pronounciation-nya jelaaaasssss banget.

Baru nonton sebulan langsung loh Bebe bisa. Ya sebulan nonton tiap weekend doang padahal kan. Jadi mungkin sebetulnya dari dulu udah nempel tuh saya suka ngomong bahasa Inggris tapi baru ngongnya sekarang.

Dia bahkan bisa ceritain ulang episode Peppa Pig pake bahasa Inggris. HUHUHUHU HEBAT.

Achievement unlocked! Tidak khawatir lagi soal yang satu ini!

(Baca perjalanan Bahasa Inggris Bebe di sini: Bebe dan Bahasa Inggris dan tentang Multilingual di sini: Multilingual pada Anak)

Kemandirian

Beberapa minggu lalu perasaan masih bingung mandi sendiri sekarang udah bisa banget DAN BERSIH. Jadi emang goals anak preschool itu mandiri kan ya. Bisa buka baju sendiri, pakai sendiri, mandi sendiri, makan sendiri, cuci tangan dan kaki sendiri.

Kalau sampai rumah sih otomatis dia taro sepatu di rak dan lari ke kamar mandi untuk cuci tangan kaki. Tapi internal motivation untuk mandi sendiri ini baru muncul akhir-akhir ini.

Oh tentu ibu ambisius dong yah jadi masih ditawarin mau mandi sendiri atau dimandiin. Tapi kalau mandi sendiri dia udah bisa banget loh urutan sampai tempat tersembunyi kaya leher depan, belakang, belakang kuping, sela-sela paha. Dan pake sabunnya banyaaakkkk.

Percobaan pertama rambut depan nggak kena sampo plus ada sisa sabun di kaki. Percobaan kedua setelah dikasih tahu rambut depan harus disampoin, berhasil banget lho. Bersih dan nggak licin sama sekali.

Tapi ya lama. Biar ajalah sekalian main air kan ya. Ibu main hp hahahaha

Kalau gosok gigi sih masih belum percaya karena ya takut aja nggak bersih sih. Jadi meski dia udah sikat sendiri, tetep saya atau JG sikatin ulang.

Males-malesan belajar Math tapi semangat sekolah

Bebe tuh kalau hari Minggu suka bilang “hari minggunya lama banget, aku mau sekolah”.

Terharu nggak sih. Macam anak pinter gitu bosan di rumah dan lebih suka sekolah ahahahahahahaha. Padahal ya mungkin karena di sekolah banyak temen eym.

Tapi males-malesan banget kalau disuruh belajar Math huhuhuhu. Padahal cuma disuruh ngitung sampai 15 doang. Tapi ya udah PASTI nggak dipaksa yaaa. Mood anak tetep di atas segalanya lagian masih kecil nanti ku diseruduk ibu-ibu yang anti calistung di bawah 7 tahun.

Tumbuh kembang

Per bulan ini udah 2 kali ke Dokter Aman Pulungan seperti yang sudah kujelaskan di sini yaaa. Bebe dan Tinggi Badan 

Di pertemuan kedua, kami harus nunggu 3 minggu setelah vitamin habis karena dokter Aman syibuk. Ya terima ajalah doi soalnya emang sibuk banget jadi pembicara terus. *IKRIB* Maklum kan Presiden Asia Pacific Pediatric Association. Sibuknya ya gitu.

Di pertemuan kedua ini Bebe dirontgen untuk cek bone age. Katanya masih normal dan nggak harus khawatir apa-apa. Saya bilang saya nggak khawatir sih dok, CUMA PENGEN BEBE TINGGI AJA AHAHAHAHAHAHA. Ambisius nggak tau diri lha saya aja pendek lol.

Ya udah intinya dikasih vitamin D lagi sama kalsium terus udah. Rese nih Bebe makin gede makin nggak mau makan sayur. Percakapannya gini:

Ibu: "Be, ini di menu ada oyong, kamu kok nggak makan?"

Bebe: "Iyalah, oyong KAN SAYUR IBU. Aku memang nggak mau"

LHA. Karena sayur makanya harus dimakan malih. Pusing ibu. Padahal kami makan sayur banget lho di rumah. Tidak selamanya monkey see monkey do ternyata.

Dan yang terdrama … adalah soal negosiasi.

Bukan sekali dua kali ya dia masuk kamar ngambek TERUS DIKUNCI AJA DONG. Kemudian seperti mamah-mamah di sinetron dengan anak remaja, saya pun ngetok-ngetok pintu “Xylo buka dulu dong pintunya”

DIH. Kupikir adegan tidak akan terjadi at least 10 tahun lagi.

T_______T

Kali pertama saya cuekin bodo amat dia ngunci diri di kamar TERSERAH. Lama-lama dia ketawa-ketawa sendiri auk ngapain. Terus kayanya dia lupa lagi marah dan buka pintu HAHAHAHA.

Kali kedua nih bikin emosi karena saya abis mandi, masih pake handuk, dia ngambek karena saya suruh mandi. Ngunci pintu lagi dong astaga. Lha ibu emosy.

Ya gimana nggak emosy sih, dingin dong kan bajunya di lemari. Lemarinya di kamar. Terus gimana bukanya? Ya pake kunci. Kunci kamar kami tuh semacam kunci toilet zaman dulu loh. Dari dalem tinggal pencet doang, dari luar bisa pake kunci biasa.

Itu ngambeknya astaga, dia tersinggung karena lagi marah kok ya ibu masuk ke area privat. Waw. Anak yang diberi privasi sejak kecil begini ternyata gedenya. Sakit kepala juga.

Apalagi ya. Udah panjang gini hahahaha. Tar kalau JG inget sesuatu ditambahin deh. Patut digarisbawahi kalau blog ini kan diary kehidupan termasuk pertumbuhan Bebe jadi monmaap kalau nggak faedah bagi khalayak ramai okeee.

Semangat irit demi uang SD!

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
4 comments on "Bebe 4 Tahun 4 Bulan"
  1. Hihi lucu banget ya babang bebe, semoga makin pinter ngomong bahasa Inggrisnya ya :)

    ReplyDelete
  2. (Btw saya apa-apa ingin pas level ngedit Brightness/Contrast di aplikasi apapun angkanya nggak mau nggak bulet hahahahahahaa. Harus kelipatan 5. Gemes deh sama diri sendiri hih.) >> kak aku juga gini hahaha

    ReplyDelete
  3. SELALU DITUNGGUUUU!

    Aku fans Bebe 💕💕💕

    ReplyDelete
  4. gapapa klo banyak2 kisah si salo.
    Tante fans berat salo, yeayyy!

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG