-->

#SolehaThursday: Kafe Jamban

on
Thursday, June 30, 2016

Beberapa hari terakhir ini timeline penuh dengan status-status mual, respon dari sebuah tempat makan yang menggunakan toilet sebagai mangkuknya. Saya, yang biasanya tidak peduli dengan hal-hal seperti ini, ikut mual.

Bok, soalnya yang dipake itu kloset jongkok aja beneran loh. Disemen pula jadi entah gimana ngangkatnya soalnya tampak berat. Nggak ada estetikanya sama sekali. Jelek, yang kebayang adalah toilet umum di pom bensin yang jorok dan bau. Hoek.

Baca punya Nahla di sini:

Sebenernya tempat makan berkonsep toilet itu bukan hal baru kan. Yang paling terkenal adalah Modern Toilet Restaurant dari Taiwan. Resto konsepnya toilet. Iya sama juga kok mangkoknya bentuk kloset.

Tapi nggak TERBUAT dari kloset ya, cuma bentuknya aja. Ukurannya kecil. Ada juga yang bentuknya wastafel kecil. Sekali lagi, BUKAN wastafel asli atau kloset asli yang dijadikan mangkok.

A photo posted by .. Aina💜.. (@ainaloria) on

Kalau di Jakarta sih ada Nanny's Pavillon yang di Pasific Place, yang sekarang udah tutup sih. Nanny's kan konsepnya beda-beda, ada yang garden, bedroom, dll. Nah yang di PP ini konsepnya toilet. Jadi ada kursi-kursi yang terbuat dari kloset duduk dengan dudukan kloset dilapis busa dan kain dengan motif cantik. Terus mejanya dari bathtub yang ditutup kaca. Cantik banget.

source

Kenapa Nanny's nggak bikin mual padahal orang makan sambil duduk di kloset duduk di interior toilet?

Karena design factor bro, alias faktor desain lah yang menentukan.

Yaiyalaahhh, si kafe jamban itu beneran kaya toilet di SPBU dipotong sama beton bawahnya terus dibawa ke meja makan ya kan. Sementara Modern Toilet USAHA banget bikin miniatur barang-barang toilet. Dan kalau Nanny's mah nggak perlu ditanya, yang suka shabby chic pasti cita-cita pengen punya rumah kaya Nanny's.

Peer buat pak dokter yang punya yah. Udah mah pake kloset jongkok biasa, ada semen yang bocel pula ya kan. Niat nggak sih.

Pleussss, rada kesel juga sama yang lebay abis nanggepin si kafe ini. Masa sampai ada yang mempertanyakan agama ibu-ibu karena muslim seharusnya senantiasa menjaga kebersihan dan tidak makan dari toilet karena menjijikkan. YAH ELAH.

Iya sih jijik tapi masa sampai suudzon level: memangnya ibu-ibu berkerudung itu muslim beneran?

Maksudnya nuduh orang bukan muslim pura-pura jadi muslim CUMA UNTUK PAMER FOTO LAGI MAKAN GITU? Sempit banget ya. Siapa tahu si dokter yang punya itu emang orang yang dihormati banget sampai ibu-ibu dan bapak-bapak ini nggak bisa nolak undangannya. Dan foto-foto saat launching kafe itu sungguh hal yang biasa sekali bukan.

Lagian serius banget nuduh orang segitunya? Pake bawa-bawa menghinakan agama.

Doh come on, lo aja kali yang melihat segala sesuatunya dari segi agama sampai nuduh orang seenaknya. Padahal eventnya sama sekali nggak ada hubungannya sama agama. Orang-orang kaya gini nggak belajar sopan santun. Agamanya apa sih?

Udah ya gitu aja jadi kesel soalnya.

Kthxbye.
-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
22 comments on "#SolehaThursday: Kafe Jamban"
  1. Waktu lihat di beranda fb, saya lsg log out, mbak. Nunggu dulu sampe kira-kira tu foto ga nongol lg.

    ReplyDelete
  2. bener bangat mbak,,mungkin yang bikin geli karena designya bener-bener mirip jamban,,kalau dibikin dengan interior yang baik,, mungkin gak akan geli geli amat

    ReplyDelete
  3. Itu muak banget beneran deh liatnya. Nggak punya etika banget naro makanan di jamban. Kelewat kreatif atau keabisan ide kreatif? Nggak cantik sama sekali tampilan makanannya, nggak menjual juga, nggak yakin pula tingkat kebersihannya, itu keramik jamban aman untuk makanan kah? KZL liatnyaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  4. Bener mbak, itu parah, menjijikkan banget, niatnya mau nyontek yg Taiwan punya, tapi gak kreatif. Saya sih ogah makan kaya gitu. Kalo yang cafe Nanny di Taiwan enak banget suasananya, as u said peralatan makannya bentuk miniatur kloset, dan design ruangan pun ok, jadi malah enjoy, gak seperti yang disini...

    ReplyDelete
  5. Gue langsung googling kafe jamban dan yucckksss! this is obviously disgusting! gak ada indah-indahnya dibandingkan dengan Nanny's PP dulu.

    ReplyDelete
  6. Saya juga sama sumpah baru kali cuman liat foto doank mual banget :( entahlah kenapa sampe tercipta ide segila ituh dan yang lebih gila yang mau nyobainnya...hahaha

    ReplyDelete
  7. kafe jamban sumpah gak enak buat diliaat, jijik banget mau liat foto2nya -_-

    ReplyDelete
  8. Beneran kok, kafe ini bikin mual. Ga ada estetikanya itu loo. Aku aja yg kerjanya di bidang sanitasi, yg mana ngubek2 closet tu dah hal biasa, tetep ngerasa itu menjijikkan.

    ReplyDelete
  9. langsung main hide di temlen pas lihat foto2nya... :(

    ReplyDelete
  10. Sebelum rame di FB udah dishare duluan sama temen d grup WA, trus kutunjukkin ortuku "Bu, mau ngga bu makan di sini, liat bu baksonya mengambang2 loh, hihihi". Kata ibuku, "Ih aneh banget."

    ReplyDelete
  11. Hadehhh...aku.juga ikutan hoekkk...karena wadahnya kloset beneran... :)

    ReplyDelete
  12. The reason why I don't like the idea is I was at the position when our toilet was broken, couple years ago when I was a kid. We have no money to fix and it was really bad memories kept in my head. Looking at the Jamban Cafe reminds me on that bad memories =____=

    ReplyDelete
  13. cuma mau bilang ,, hoeeek abisss. Nggak ada artnya sama sekali

    ReplyDelete
  14. Jijik sih bgt. Ada2 aja itu org

    ReplyDelete
  15. Jadi, temanya kafe jamban ato agama nih, Mak? Hehe
    *piss ah.
    Tapi saya juga mual liatnya. Soalnya Ngebayanginnya lagi cebokin anak, hehe

    ReplyDelete
  16. Jadi penasaran lihat liputannya di kick andy besok :D

    ReplyDelete
  17. Dulu pas liputan banjir yg iyuuuckks itu sering banget kepaksa pake toilet spbu buat bebersih, yg mana toilet itu jorok banget. Pas liat kafe ini, sugestinya jadi inget sm toilet spbu itu.

    ReplyDelete
  18. Coba yg udah pernah ke sana ngereview gitu ya, pengen tahu kayak apa sih pendapat pengunjungnya.

    ReplyDelete
  19. Males banget kalo apaapa disangkutin ke agama lagi agama lagi zzzz

    ReplyDelete
  20. aku pernah liat sekali-kalinya ini di timelime. Liat fotonya doang. enggak liat komen2nya. engak kuattt liat fotonya... euurgghhh.. jangankan liat yang begini, liat iklan cairan pembersih wc di tv pun aku suka agak enek, padahal tampilan yang di tv jauh beda ya.. mual kan -_____- beneran itu mah bisa masuk fear factor yang berani makan.

    ReplyDelete
  21. Setelah coba searching di internet, kafe jamban tersebut bukan untuk tujuan komersil kok, mbak. Dia memang suatu lembaga yang concern ke masalah sanitasi. Dan kafe tersebut hanya digunakan untuk keperluan diskusi. Coba klik link berikut deh: https://news.detik.com/berita/3246440/kisah-cafe-jamban-di-semarang-yang-tuai-pro-kontra-mau-coba

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG