-->

The New Beginning

on
Tuesday, June 21, 2016


Alah judulnya. Padahal cuma mau bilang abis ganti template hahahahaha.

Udah berbulan-bulan lalu Nahla pengen banget template responsive. Saya lempeng aja karena nggak ngerasa butuh template responsive, toh yang sekarang dipake udah lucu dan nggak kenapa-kenapa. Tapi dia keukeuh.

"Tapi tampilan mobile bawaannya blogspot itu bapuk banget desainnya!"

Iya sih jelek tapi terus kenapa hahaha ringan juga kan karena bawaan blogspotnya. Dulu saya emang cuma pakai simple template bawaan blogspot terus desain header sendiri dan diutak-atik sendiri lah biar begini begitu.

Sampai tiba-tiba saya pengen ganti share button. Karena saya sebelumnya pake ShareThis, eh terus dia ganti tampilan blablabla intinya saya jadi nggak bisa buka analytic-nya. Dan ini sudah terjadi berbulan-bulan. Gantilah saya sama Shareaholic. Shareaholic ini menghitung share berdasar jumlah URL di socmed tujuan. Dan ternyata ...

POSTINGAN GUE BANYAK YANG SHARE BANGET YA?!

Postingan yang (menurut saya) amat sangat tidak penting aja ternyata share-nya bisa di atas 20. Kalau yang viral kaya gerakan tanpa setrika ini sampai 12ribu, atau bahkan postingan ini share-nya 21ribu!

Terus aku jadi pengen pamer dong jumlah share di tiap blogpost. Setting lah Shareaholic sampai aku menyadari kalau ternyata di mobile nggak nongol share buttonnya.

T_____T

Udah coba yang floating segala macem sampai hubungi helpdesk-nya Shareaholic nanya apa yang salah kenapa share button di mobile nggak muncul. Udah dibales sama mereka dan mereka nggak bisa jawab. Ini pasti karena tampilan mobile-nya blogspot yang amat sangat sederhana itu.

Sungguh tidak mungkin aku pamer sepotong-sepotong karena plis maunya di mobile juga muncul itu share button. Akhirnya diputuskanlah untuk ganti template aja ke responsive karena responsive artinya nggak ada mobile lagi artinya share button Shareaholic udah pasti nongol.

bukan bawaan blogspot dan bawaan blogspot

Kemudian bikin status di Facebook nyari yang bisa bantu desainin. Kenapa nggak beli aja? Karena template responsif yang beredar di pasaran itu nggak ada yang sesuai sama yang saya mau. Ini juga yang bikin Nahla maju mundur karena semua template responsive itu rata-rata white clean, putih bersih, nggak kaya hidup kami berdua yang sukanya nanas dan terong. :|

Status tidak membuahkan hasil. Akhirnya saya browsing di Etsy dan nemu satu template murah (cuma 3 dolar). Belilah untuk iseng ngeliat struktur html-nya, maklum pertama kali liat coding  responsive (dan ternyata ribet lol).

Terus ternyata pas upload header, headernya nggak bisa responsive. I’m too busy to figure out how to make it responsive so i prefer to buy another template hahahaha. Browsing lagi, akhirnya terdampar di page-nya Vefio Themes dan aku jatuh cinta.

Karena templatenya lucu-lucu banget. Ya sama sih kaya yang lain, white clean, putih bersih, super simple tidak berdosa. Tapi ada satu template namanya Olivey yang saya suka banget karena base-nya pink, harganya 9 dolar.

Pas liat nama dan lokasi, ealah orang Indonesia namanya Angga. Saya message Angga di Etsy dan mengkonsultasikan apa yang saya mau. Saya tanya apakah template-nya di lock? Apakah bisa dicustomize sendiri? Dia jawab bisa di-customize, nggak ada yang di-lock sama sekali. Soalnya saya liat banyak template free yang bagian tertentunya di-lock gitu jadi nggak bisa diotak-atik. Tapi itu mungkin karena free ya.

Sayangnya, template pilihan saya si Olivey ini nggak ada footernya. Saya juga ingin ada slider featured post di bawah header. Akhirnya saya hubungi aja dulu orangnya untuk tanya-tanya. Dan ternyata Angga ini ramah banget aku terharu huhu padahal aku banyak maunya hahahha.

Akhirnya saya minta base template Olivey, dengan slider featured post dari Adelyn, dan top menu Vanila. RIBET YA KAN. Olivey, Adelyn, dan Vanila ini semuanya template bikinannya Angga dan semuanya LUCU BANGET ASLIIII. Klik aja untuk demo templatenya.

Untuk keribetan ini a.k.a custom desain lah ya, kena charge lagi 5 dolar jadi totalnya 14 dolar. Totally worth the price!

Kenapa harus beli template di Vefio:
  1. Template-nya rapi, font pilihannya bagus jadi nggak pusing lagi pilih font, cantik-cantik semua
  2. Bisa custom dengan nambah biaya 5 dolar.
  3. Angga ramah dan service-nya bagus banget. Bintang 5 deh pokoknya. Angga mau saya tanya-tanya kode-kode tertentu yang pengen saya custom dan dijawab dengan lengkap sekali. Laff!
  4. Templatenya udah SEO friendly. Pas saya cek juga udah di-install open graph jadi (semoga) ga error lagi kalau share postingan di Facebook. Nggak perlu debug dan scrape ulang. *ok this is too technical*
  5. Bisa ganti header dan otomatis responsive headernya.
  6. Bisa custom sendiri semua opsi yang ada di bawaan template blogspot. Jadi bisa diganti semua background, header, font, warna, semuanya bisa diganti. Persis kaya Simple Template blogspot.
  7. Dikasih dua pilihan, auto read more dan non auto read more. Kalau pake auto read more postingan jadi rapi karena kepotong otomatis, nggak perlu pilih page break sendiri pas nulis.

Nulis ini nggak dibayar lohhh. Emang pengen kasih rekomendasi beli template responsive bagus aja karena ternyata banyak yang punya kesulitan yang sama.



Nah saya sendiri karena nggak suka sama template sepi, akhirnya install read more nanas sendiri. Masih suka agak error sih di device tertentu kaya iPhone 5, nanasnya kepotong. Tapi nggak apa-apalah, nanti ditelusuri lagi salahnya di mana. Dibantu Angga, saya juga ganti back to top button-nya dengan balon udara kesayangan yang sekarang ganti warna. Kemarin pink gonjreng, sekarang pink soft.

Dan kata Nahla ini masih terlalu clean. Iya sih, dulu warnanya terang banget sekarang pake pastel. Dulu backgroundnya aja polkadot lucuuuu. Pengen ditambah background polkadot lagi tapi nanti deh, sekarang menikmati dulu template clean ini. Hahaha. Template yang kemarin itu tepat setahun sih pas liat di folder desainnya, Juni 2015. :’)

Oiya yang belum tau, template responsive itu adalah template yang all devices friendly. Kalau template biasa kan cuma ada 2 mode, desktop dan mobile. Nah di template responsive, templatenya fluid, menyesuaikan lebar device yang dipakai. Kaya gini nih:


Template responsive juga biasanya lebih ringan dan yang jelas desain mobile-nya bisa sesuka hati, nggak lagi bawaan blogspot.

Jadi siapa yang abis ini jadi tergoda mau beli template juga? Hahahahaha. Boleh hubungi Angga aja. Tapi nggak dapet diskon juga sih, lah itu udah murah. XD

-ast-





LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
36 comments on "The New Beginning"
  1. Aku pakai template download sih.. memang cari yang responsive sekalian seo friendly. Cuma kuganti warna-warna dan ukuran font. Aslinya gedong gedong. Aku sukanya imut.
    By the way, ini cool banget, Memang sudah saatnya pakai responsive template. Melihat banyak sekali pembaca via mobile. :) Pilihan yang tepat sekali *inget di Pizza Hut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha pilihan yang tepat! kemudian kasih setumpuk tisu dalam piring kecil lol

      Delete
  2. Tadi siang habis baca postingan bebe 24 bulan dan sadar template mba icha ganti :) langsung menelurusi etsy vefio angga :) hana sempet nyangka mba icha pilih vanilla ternyata campur2 :)
    Makasih banyak sharing nya :) jadi kepengen juga :D

    ReplyDelete
  3. Ribet Cha baca istilah2nya, eike nanti2 aja deh, satu dulu yg blog Ulasan Blogger di Handriati dulu huehehe

    ReplyDelete
  4. yeeey selamat yaa mbak udah ganti template. featured post paling atas asiklaah..keren

    ReplyDelete
  5. Cakepp mbak anissa template barunyaaa .. Selamattt ya

    ReplyDelete
  6. Aku suka pink. Tapi gaptek klo mo ganti template lagi. Pasrah deh

    ReplyDelete
  7. Aku suka pink. Tapi gaptek klo mo ganti template lagi. Pasrah deh

    ReplyDelete
  8. Cha, postingan ini ratjun! Saya dong sampe kepo hiks karena pengin ganti themes juga, dan melted banget lihatnya lalu lemes baca paling bawah itu cuma khusus blogspot hiks hiks
    Saya udah buka via mobile blog ini, bagus! Sukak! ^^

    ReplyDelete
  9. Suka sekali.pengen jg ganti hiks aku masih newbie

    ReplyDelete
  10. Di etsy ternyata mang bnyk bgt org indo dan baru tahu si mas ini. Mureee... pngn button sharenya :D

    ReplyDelete
  11. cakeuuuup, btw tombol share-nya bisa geser ato pindah maaaak ? gak bisa baca tulisan di sebelah kiri leptop, kan aku suka baca apdetan si bebe soalnya anakku juga juni *jiah *hubungannyadimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. hah masa sih? itu kan nggak mepet ke tulisannya? boleh discreencapture dan mention aku di twitter? makasihhh

      Delete
  12. Kereeeennn cha tampilan barunya meski ttp ya itu nanas di bawa lg :))

    ReplyDelete
  13. ihhh jadi kerennn!
    kalo bayar emang memberi keuntungan lebih yak. coba cari2 template baru juga ah, mulai bosen sihh :p

    ReplyDelete
  14. Kayaknya bakal beli juga di Vefio nih..tq ya mbak

    ReplyDelete
  15. Ini sih worth the price bangettt Cha... ��

    ReplyDelete
  16. Ini lagi meluncur ke https://www.etsy.com/ kak Icha. Aaakkkk pengeeen. Murmer pulaaak

    ReplyDelete
  17. aaaaak lucuuuk >.<
    btw pembayaran di etsy pake apa ya kak?

    ReplyDelete
  18. Keren chaa templatenya. Aku suka aku suka. Tapi untuk yang hostingan wp pasti lebih mahal yaa..

    ReplyDelete
  19. Aku aku... tapi udah pindah ke wordpress. Coba cek ah, ada buat wordpress nya ga ya?

    Oh iya, dengan harga segitu apakah ada pembayaran tiap tahun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga lah kalau blogspot mah free selamanya hahahaha

      Delete
  20. keren lah cha,, mupeng ah,, keep contact nya angga :*

    ReplyDelete
  21. Setelah sekian lama ngga main kesini, dan akhirnya main lagi dan bersih sekali. Cakeepp. Walau tetep nanas ngga ketinggalan ya cha :p Rumah barunya keren loh. Selamat buat rumah barunya yaaa.

    ReplyDelete
  22. yaampun ku pusing. tapi template sama desainnya bagus. tapi ku pusing. tapi ku mau juga yang sebagus gini :" *riweuh*

    ReplyDelete
  23. keren lah iniiii.. suki sekaliii

    ReplyDelete
  24. walaah, jadi pengen beli template jugaa O_O


    www.uniqueblogofmei.com

    ReplyDelete
  25. HUAHAHAHAH akhirnya nemu post dari semua pertanyaan yang aku tanyakan tadi *plak* jadi disini. huft.

    Baiklah, terimakasih kak annisss :*

    #KetjupSayang

    ReplyDelete
  26. ahhh ... baca postingan ini jd ingin Ganti template juga XD btw thanks ya kak Anis :)

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG