-->

#FAMILYTALK: THR, Buat Apa? Habiskan!

on
Saturday, June 18, 2016

Huahahahahahah Iya serius. Udah pada cair kan THR nya? Saya sama JG sih udah kemarin banget. Dan yes langsung hampir habis karena THR itu memang untuk dihabiskan.

Tapi dihabiskan ke mana dulu. Jangan baru baca satu paragraf suruh dihabiskan langsung beli tiket pesawat buat liburan hahahaha.

Oke jadi THR itu biasanya satu kali gaji ya kan. Satu kali gaji full (kalau JG) dan satu kali gaji pokok (saya). Seneng dong karena dalam satu bulan gajian dua kali. Tapi inget, THR masuk ke dalam penghasilan tahunan BUKAN BULANAN.

Karena kan dapetnya setahun sekali. Setahun dua kali sih kalau di kantor saya karena natal juga dapet THR #win. Ya intinya, THR adalah penghasilan tahunan yang digunakan untuk membayar pengeluaran tahunan.

Apa saja pengeluaran tahunan ini? Saya biasanya menggunakan THR untuk membayar hal-hal tahunan. Ini tips untuk mengalokasikan dana THR:

1. Utang (kalau ada)

Iya ini kalau ada aja. Begitu terima uang, inget untuk bayar utang dulu. Ya kecuali utang gede kaya rumah atau cicilan mobil gitu ya.

Pokoknya dalam kondisi dapet uang selain gaji, selalu bayar utang-utang dulu sebelum bayar lainnya! Apalagi utang kartu kredit, lunasi!

2. Zakat

Ya tergantung agamanya sih ya. Tapi kalau THR Lebaran dan muslim, setelah bayar utang sisihkan dulu untuk bayar zakat.

3. Pajak kendaraan bermotor


Suka kaget ga sih tiba-tiba harus keluar sekian juta untuk bayar pajak mobil? Saya sih suka kaget dan suka berasa sedih hahahaha. Maka, bayarlah pajak kendaraan bermotor dari THR.

Kalau bulannya nggak pas sama lebaran? Ya disimpan dulu. Atau pakai dulu dana darurat untuk bayar pajak, kemudian pas dapet THR, langsung diganti.

4. Kurban


"Nonton konser bisa, kurban ga bisa" --> sindiran umum untuk para fangirl yang sanggup nonton konser 2-3juta tapi buat kurban selalu nggak punya uang.

Kami sekeluarga selalu menyisihkan uang THR juga untuk kurban. Dengan demikian, satu uang hari raya bisa untuk dua hari raya. :)

Kalau nggak sanggup full, tabung aja dulu setengah atau tiga perempatnya. Dari Idul Fitri ke Idul Adha itu nggak lama loh. Masa ngopi di Starbucks terus tapi nyisihin setahun 2juta ga bisa?

5. Asuransi Tahunan

Harusnya asuransi jiwa yang dibayar tahunan mengambil pos THR. Tapi sampai sekarang saya belum kesampaian juga mau ambil asji. :|

Asuransi jiwa ini penting untuk pencari nafkah utama keluarga. Kalau sampai pencari nafkah utama meninggal dunia, minimal uang dari asji bisa untuk bayar sekolah anak-anak dan bayar cicilan sampai lunas. Idealnya seperti itu, tapi kenyataannya males amaaattt bikin asji. *jangan ditiru*

6. Mudik


Saya nggak mudik karena mudiknya ke Bandung doang. Yang mudiknya jauh, nabung setahun atau pakai THR?

*nggak ngerti sebenernya mah karena mudik ke Bandung udah sama jajan segala macem nggak bakal abis sejuta*

7. Memberi untuk orangtua dan keluarga

Yes, kalau semua kewajiban udah selesai baru deh sisa uangnya untuk dibagi-bagikan pada orangtua dan keluarga.

Untuk memberi uang pada anak-anak kecil, pakai budget dengan sistem tukar uang aja. Misal tuker uang sejuta 10ribuan. Kalau uang itu habis, artinya tidak boleh ngasih-ngasih lagi.

7. Masih sisa?

Baru buat belanja deh. Saya bukan tipe yang beli baju lebaran jadi biasanya lebaran pake baju yang ada aja. Bebe juga sama, kayanya nggak akan saya biasain soal baju lebaran.

Kecuali kalau udah sekolah ya, biasanya baju lebaran itu peer pressure banget kan buat anak sekolah

8. Masih sisa?

BANYAK BENER THR-NYA, KERJA DI MANA SIH?

T______T

Kalau masih sisa, masukan ke tabungan liburan.

Kami udah lama nggak liburan. Terakhir yang ke Singapur waktu Bebe umur 10 bulan. Sekarang mentok ke Bandung doang. Ke Bandung jajan cilok dan mie kocok aja aku hepi. XD

Karena masih ngejar uang Bebe masuk SD. Masih 5 tahun lagi Bebe masuk SD tapi tampaknya akan kekejar dalam 1-2 tahun karena tiap punya uang lebih/dapet bonus dari kantor langsung masuk ke dana pendidikan Bebe. Pokoknya dapen Bebe nyampe dulu baru mau liburan!

Meskipun kalau uang SD lunas, nextnya adalah kuliah karena aduh nggak kebayang pas Bebe kuliah uang masuk kuliah udah berapa mahalnya. Mending investasi dari sekarang.

*kencangkan ikat kepala*

(Baca: Tahap-tahap Menyiapkan Dana Pendidikan Anak)

*

Udah sih itu aja. Catatannya, tips ini akan lancar kalau penghasilan bulanan untuk pengeluaran bulanan tentunya. Karena kalau ga, ya kacau. Bisa-bisa THR jadi buat bayar listrik. Nggak gitu dong ya.

Dan ini tentu saja nggak saklek. Setiap keluarga kan punya prioritas masing-masing. Buat keluarga kami, ini yang paling ideal. Jatah bulanan aman, jatah tahunan teralokasikan dengan baik.

Kok nggak ditabung atau diinvestasikan sih? Menabung tujuannya apa? Investasi tujuannya apa? Menabung dan investasi seharusnya sudah bisa di-cover penghasilan bulanan karena menabung dan investasinya dibreakdown bulanan untuk mencapai tujuan dalam sekian tahun. Jadi THR mah memang khusus untuk bayar hal-hal yang sifatnya tahunan aja.

Selamat menghabiskan THR!

-ast-

 Jangan lupa ikuti series #FamilyTalk di sini ya!




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
19 comments on "#FAMILYTALK: THR, Buat Apa? Habiskan!"
  1. Tahun ini THR aku buat buka tabungan, kak Icha. Sama buat ngasih THR ke sepupu-sepupu juga deng. Kalo ada sisa, baru belanja *btw THRnya belum cair, jadi baru rencana doang :v

    ReplyDelete
  2. Bener nih, biasanya orang-orang belum juga bagi THR udah ikutan po baju lebaran. Padahal ada yang lebih prioritas ya :D

    ReplyDelete
  3. Yg ikutan PO baju lebaran sebelum THR turun itu gue. Biar gak ribet belanja-belanja pas masih berpuasa. Toh ada duitnya juga. Kan sesuai kata Icha, beda orang, beda prioritas.
    But mostly uang THR dialokasikan buat jalan-jalan, hehehe.

    ReplyDelete
  4. Wah layout baru, selamaaaaat!!!
    Tahun ini aku udah ga kerja, jadi nunggu thr dari suami. Hihihi. Anakku jg ga beli baju baru buat lebaran, cuma paling aku beliin baju koko aja bulan kemaren.
    THR sisa dimasukin deposito aja, kan deposito ada yg bulanan 🙈🙈🙈

    ReplyDelete
  5. Suka nih postingan inih, THR.... Habiskan !!! wkwkwk
    Tentu saja setelah di masukan ke pos2nya ya cha, THR buat mba irma ya bagi2 ke ortu dan sodara, mudik yang percayalah ongkos bensinnya gak seberapa tp printilannya banyak banget. oleh-oleh dan hadiah buat ponakan dan sodara jg masuk pos THR, apa lagi ya... zakat udh pasti, thr si mpok yg sebulan gaji plus baju lebaran dan parselnya, sisanya buat foya2 di kampung halaman tp sebelumnya selipin dulu buat tabungan istri hahaha #Lol

    ReplyDelete
  6. Wah makasih kak icha tipsnya. Langsung inget kalo mau target qurban tahun ini, oh ya dr thr aja :p

    ReplyDelete
  7. Akuuu masih harus belajar banyak soal keuangan hiks. Baru nikah masih belom bisa ngontrol. :( So thanks for inspirations. :*

    ReplyDelete
  8. Aku gak pernah dapat THR. Lemparin sini buat aku mbak :D

    ReplyDelete
  9. Yup bener! THR pertama kali dipake buat lunasin utang-utang perintilan yang suka (sok) kelupaan heuheu sisanya buat jalan - jalannn karena saya mah percaya traveling juga bagian dari "pendidikan" anak :D haha!

    well, baru pertama kali posting komen. Sukaaa postingan-mu yang super jujur walaupun ada beberapa yang kadang kurang sreg sama pemikiranku hehe but that's lifee kan beda2 hehe tapi tetep suka! keep writing mbak nyaa

    ReplyDelete
  10. Salutttt buat targetin dana SD dulu. Noted, kalau udah menikah dan punya anak harus kulakuin nih...

    ReplyDelete
  11. kalo aku suka kebablasan nih Ca, padahal jauh hari sebelum THR di terima udah planning banget utk bayar ini - bayar itu - beli ini - beli itu, eh giliran THR udah di tangan semua rencana buyar, malah keasyikan beli ini-itu n bagi sana-sini, begitu THR habis baru dah nyesel.. hiks..hiks..

    ReplyDelete
  12. Waah ada yg berubah templatenya yaa ^^
    Nomor 1 perlu bgt, biar hidup tenang hihii bayar asuransi tahunan...
    Iyah bener buat kurban yaaa, aku belum pernah ngeposin utk ini dr uang thr

    ReplyDelete
  13. Aaaaahhhh.... jadi inget nasib THR kuh. Sampe tgl segini belom cair. Ha..ha... nasib PNS

    ReplyDelete
  14. Masih nunggu nih thrnya. Hilal nya baru muncul seperempat ��

    ReplyDelete
  15. THR aku belum terlihat hilalnya... hehehehe :)

    ReplyDelete
  16. eh ngak kepikiran loh buat bayar pajak uuang THR ntu,, ah #catet wes,, uang asuransi dan dana pendidikan udah di potong perbulan, dana Qurban biasanya pas bulan qurban ada aja rejekinya (alhamdulillah,, mudah2an tahun ini pun sama) soalnya mau nabung qurban kok failed terus ,, T_T
    makasih ya cha,,ini semua bermanfaat

    ReplyDelete
  17. Baca ini, mau sisihin thr buat pajak kendaraan sm kurban ah...

    ReplyDelete
  18. tambahan caa kalo di aku buat bayar THR ART plus bagi-bagi angpao buat sodara yang anak2nya kecil2 juga harus di pos-in kalo ga bablaaaasss

    ReplyDelete
  19. Keren mba perencanaannya... Banyaknperencanaan yg gabkepikiran sebelomnya hahahaha

    Well kalo buat THR.. Sejak nikah baru 3th ini aq mulai kerja lagi..itu pun di perusahaan keluarga..enaknya waktu lumayan fleksibel untuk ngatur anak (kakek lebih nurut cucu drpd kita kan yak? *lol*) tp yaaa gaji dan tunjangan ga sebesar kalo dulu kerja di bank... Hahahahaha


    Untuk THR.. Biasanya aq pake THR aq dari kantor.. Sementara THR dari suami aq masukin tabungan kalo cukup bikin deposito hahahaha setidaknya di amanin dulu dah duitnya.. Krn kl ga percaya ga percaya... Pasti abis duitnya kl di didiemin di rek... Kaki sih di rumah.. Tapi jempol suka gatel buka2 olshop n berakhir dgn blnja ga jelas yg kadanh ga perlu2 banget... Hahahaha

    Alhamdulillah thn ini lmyn berhasil mengurangi nafsu untuk belanja.. Krn anak aq yg masih TK pas di tawarin beli baju atau sepati baru malah bilang mau untuk berbagi sama yg tidak mampu aj.. Kata bu guru itu sunnah rasul (emak berasa di tabokin 😅) so kmrn ga beli apa2 untuk anak cm sempet beli baju kembaran buat anak+ponakan krn ini semacam tradisi yak untuk kemudian di poto bareng hahahahaha

    Duh kepanjangan n jadi curhat.. Intinya sih aq suka nih sama pemikiran mba yg tetep prioritas untuk nabung dan bayar kewajiban dulu baru "foya2" kalo ada sisa.. Kalo ga ada sisa?? Banyak2 berdoa supaya gaji cepet naik dan bonus cepet dapet hahahaha

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG