-->

Cut the Carb, Cara Gampang Kendalikan Nafsu Makan

on
Thursday, September 22, 2016
[SPONSORED POST]


Kalau ngomongin berat badan, saya sering dianggap remeh. Sebabnya badan saya kecil. Hahaha. Padahal makan saya banyak. Yang sering dianggap jadi biang kerok cuma satu: menyusui.

Iya, saat hamil, berat badan saya hanya naik 10 kilogram. Melahirkan dan menyusui, turunnya 12 kilogram. Malah minus kan. Padahal saat itu makan saya banyak sekali, dua kali porsi sebelum saya hamil dan melahirkan. Tapi ya sepertinya wajar karena semua demi ASI yang melimpah.

Kini usia Bebe sudah 2 tahun 3 bulan, udah nggak nyusu-nyusu amat. Tau-tau saya timbang badan … jeng jeng … naik 3 kilo dari berat sebelum hamil! Ada apa ini?!

Setelah ditelusuri itu ternyata karena porsi makan saya masih porsi makan ibu menyusui yang harus pumping 3 kali di kantor. Padahal sekarang saya sudah berhenti pumping, menyusui pun hanya sebelum tidur. Sementara porsi makan saya hampir selalu seporsi penuh ukuran rumah makan padang, bukan rumah makan cepat saji yang sedikit sekali itu hahaha.

Tapi kan aku harus kuat karena Bebe masih suka digendong. *ALASAAANNN!* *plak*



Saya kemudian sadar kalau pola ini sama sekali nggak bener. Apalagi ada temen kantor yang memang sakit diabetes. Setiap hari makannya nasi coklat dan menjaga sekali asupan gulanya. Sampai-sampai dia kalau beli bubble tea itu bukan less ice less sugar kaya saya, tapi no ice no sugar. Itu bubble tea apa sayur sop? *cry*

Apalagi sejak Bebe mulai makan seperti orang dewasa alias nggak lagi makan makanan bayi. Saya selalu pilihkan makanan yang paling sehat untuk dia. Dan yang terpenting, jauhkan dari konsep warung dan jajanan karena nggak sehat semuaaa.

Kemudian aku bercermin pada diriku sendiri. Kok ya saya jaga makan Bebe sementara saya sendiri nggak jaga makan? Padahal harusnya saya dan JG menjaga makan biar bisa terus sehat dan main lama-lama sama Bebe kan.

(Baca: Bekal Makan Siang dan Problematika Takut Tidak Dimakan)

Mulailah heboh food combining yang mana nggak bertahan sampai sekarang hahahahaha. Udahlah nggak perlu tanya alasannya karena itu sia-sia. Alesan paling mantep sih karena susah kalau nggak bekel sendiri, jajanan di kantin lebih menggoda. lol

Akhirnya saya mencoba cara paling mudah yaitu diet karbo alias memotong karbo. Saya sampai pesen bolak-balik sama JG kalau bekelin makan siang itu nasinya dikurangin setengah karena saya nggak menyusui lagi, nggak butuh kalori sebanyak itu lagi.

Sebenernya buat yang nanya kenapa saya kurus, itu karena makan saya juga nggak jorok-jorok amat sih. Jajan gorengan nggak pernah, menggoreng sendiri di rumah pun jarang sekali. Snack berisi angin belaka atau biskuit gitu juga jaraaangg banget. Sarapan udah bertahun-tahun nggak pernah karbo, antara buah atau yogurt plus muesli. Makan siang dan makan malemnya itu loh yang suka nggak ketahan.

Ini bekal makan siang saya minggu lalu. NASINYA SEGITU HUHU padahal sebelum hamil mah nggak pernah habis nasi segitu. Plus tumis daging dan terong panggang ala-ala Tasty lol. Yang kecilnya itu yogurt tertutup muesli.



Ini bekal makan siang saya sekarang. Sarapan melon, nasi plus omelet tofu keju dan kembang kol kukus. Karbonya jadi setengah! Masih laper nggak tiba-tiba nasi berkurang setengah? Nggak dong karena plus makan SOYJOY dua jam sebelum makan. Dan SOYJOY dimasukin microwave itu enak banget gaes. ASLIIII.

Saya baru tau SOYJOY bisa dimasak dulu sebelum dimakan. Lah sebelumnya nggak ada yang pernah bilang atau ngasih tahu! Iseng pas buka bungkus kok di belakang ada keterangan cara penyajian. Dimasukin ke microwave katanya 10 detik. Dicoba masukin semenit terus aku lemes karena enaknya kebangetan, kaya brownies loh serius. Coklatnya leleh.

Dan tentu saja sebelumnya aku meremehkan, apaan nih cuma sepotong kecil gini gue mana kenyang? Kemudian masukin microwave 2 bar SOYJOY. Baru dimakan satu setengah aja ternyata udah kenyang banget. Jadi satu aja cukup sih kalau saya mah.


Terus pas kemarin dateng ke acara Lunch with SOYJOY, ahli gizinya mbak Seala Septiani M.Gizi menjelaskan kalau dalam satu hari sebenarnya manusia dengan body mass index ideal (tidak kegemukan) hanya butuh karbohidrat sekitar 1,5 mangkok nasi sehari. Lebih dari itu sudah bisa menyebabkan kegemukan dan diabetes loh. T_______T

Jadi ya pilihannya adalah makan siang dengan nasi setengah porsi plus makan malam dengan nasi satu porsi atau sebaliknya. Makan siang full satu porsi, makan malam setengah. Saya sih pilih makan siang setengah dan makan malam full karena nggak tahu, lebih lapar malam daripada siang sih.

Tapi kan laper kak, kalau makan nasinya sedikit?

Percayalah itu hanya sugestimu belaka, dek.

Iya faktor kebiasaan juga berpengaruh loh. JG buktinya, dulu kalau makan nasinya pasti dua porsi. Sekarang bisa banget satu porsi, berat badannya turun 13 kilogram dari pas nikah sampai sekarang.

Nikah kan harusnya bikin gemuk kalau buat cowok? No, kalau kamu gemuk setelah menikah itu bukan tanda bahagia, itu tandanya kamu dan istri nggak bisa menjaga pola makan dan kurang mengingatkan satu sama lain untuk hidup lebih sehat. :)

Dan yang dimakan sebelumnya juga berpengaruh loh sama porsi makan kita selanjutnya. Sarapan buah dan sarapan bubur misalnya, pas makan siang rasanya pasti lebih lapar kalau kita sarapan bubur. Ya karena buah dicernanya pelan-pelan, jadi energinya muncul pelan-pelan. Beda sama bubur yang kalorinya tinggi, cepat jadi gula dalam darah, jadinya cepet bikin laper lagi.

Masih ragu untuk diet karbo?

Coba dulu dong ah. Dibantu SOYJOY 2 jam sebelum makan. SOYJOY ini terbuat dari kedelai yang bisa menjaga gula darah tetap stabil dan nafsu makan pun jadi berkurang. Makan nasi setengah pun tetap kenyang. Kedelai juga kaya serat dan protein, makanan yang kaya serat dicerna lebih santai oleh tubuh jadi nafsu makan pun kembali lebih lama. Gluten free juga loh!

Dan ternyata bukan cuma saya yang niat berubah hidup lebih sehat setelah punya anak. Ringgo Agus Rahman dan Sabai Dieter juga demikian. Mereka jadi hidup lebih sehat setelah Bjorka lahir.

*Btw aku ngefans banget sama mereka hahaha. Selalu nggak sabar nonton YouTube Pesan untuk Bjorka plus follow banget Instagram mereka yang feed-nya bikin iri karena fotonya bagus-bagus.*

Jangan lupa follow juga Instagram @Soyjoyid untuk informasi mengenai healthy lifestyle.

Yuk kurangi karbo dan hidup lebih sehat!

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
17 comments on "Cut the Carb, Cara Gampang Kendalikan Nafsu Makan"
  1. iya banget kalo malem2 itu pasti ada aja yg pengen dicomot :/

    ReplyDelete
  2. Cakung itu ketika malam-malam lapar dan hujan

    ReplyDelete
  3. soyjoy coklat memang paling enak daripada yang lain ya kak, jadi penasaran rasanya kalo dimasak di microwave dulu *brb beli microwave whatthe*
    yang ini perlu dicatet banget nih : "kalau kamu gemuk setelah menikah itu bukan tanda bahagia, itu tandanya kamu dan istri nggak bisa menjaga pola makan dan kurang mengingatkan satu sama lain untuk hidup lebih sehat. :) "

    ReplyDelete
  4. Ngeblog malem malem bikin kalap mulut, harus ada cemilan. Racun banget. Sepertinya Soyjoy bisa jadi solusi.

    ReplyDelete
  5. Masalahku bgt nih, BB gk bs normal pasca melahirkan. Pdhl anakku udh mw 3 th, hiks. Pdhl makan gak doyan2 amat tp krg gerak LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahahaha ini iyaaa. ajak anak berenang aja deh, capek hahaha

      Delete
  6. Berat badanku naik, Cha, sejak.. Pakai pil KB sama suntik KB. Huhuhu... Itu ga bisa banget kontrol makan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihhh makanya aku ga berani kb yang ngaruh ke hormon gitu

      Delete
  7. klo usia 30++ apa bert akn lebih mudah naik..harus jaga dr skrg nih xixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu karena metabolisme melambat dan banyakan ngabisin makanan anak hahahaha

      Delete
  8. Aku selalu lemes kalo sarapan enggak ada nasi dan susu. aku kudu piye, chaaaa? Kalo soyjoy kok bagiku kayak cemilan doang #failed

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kebiasaan doang kookkk. percayalah. sarapan buah deh, seminggu lemes, minggu berikutnya udah nggak.

      Delete
  9. wah baru tau kalau bisa dimasukin microwave jadi lebih enak, boleh di coba nih. sebelumnya ya soyjoy aku makan gitu aja hihi praktis soalnya dan emang selalu ada di tas :D

    Ray - www.rayditaa.com

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG