-->

Cara Membaca Google Analytic via Aplikasi

on
Monday, June 22, 2015

MAAF MONDAY TECHNO-NYA TELAAAATTT. Akunya ribet ribet ribet deh. *alasaannnn*

Jadi tadi pagi cuma sempet share yang tentang jadi blogger di era broadband. Salah satu poinnya adalah mengerti Google Analytic.

Naahhh, saya juga sebenernya masih pusing sama Google Analytic ini. Maklum kalau dikasih angka bawaannya pengen matiin laptop ajah. Tapi ternyata ada cara gampang untuk baca Google Analytic untuk pemula.



Yang dibaca juga nggak usah semua alat ukur. Cukup dua aja yaitu Behavior dan Acquisition. Di kedua fitur ini ada poin-poin untuk melengkapi rate card yang biasanya diminta oleh brand/agency dan saat meminta laporan kinerja advertorial (job/paid review).

Kedua fitur ini akan memberi tahu kita seberapa banyak yang membaca? Apa posting paling populer? Pembaca sebenarnya masuk ke blog kita dari keyword apa sih?

HAAHHH BELUM INSTALL GOOGLE ANALYTIC? Aduh. Ayo dong pasang dulu. Caranya nggak susah kok. Lengkapnya ada di link ini ya atau browsinglah pakai keyword "cara memasang google analytic" banyaaakkk yang udah nulis duluan.

Kenapa harus install? Karena untuk sekarang, Google Analytic lah tools yang paling akurat dan paling bisa dipercaya untuk segala laporan mengenai blog kita.

Udah selesai install? Ribet nggak lihat menu-menunya? Ribet dong. Nah makanya, mending sekarang ambil hp, install aplikasi Google Analytic. Cari di Playstore atau App Store. Pasti ada.

Sejak install aplikasinya, baca Google Analytic jadi lebih gampang. Tampilannya lebih light, nggak seruwet websitenya.

Sudah install? Sekarang buka terus login pake email yang dipake buat blog. Klik garis tiga di kiri atas. Pilih Acquisition. Lengkapnya lihat di bawah ini.

Di Acquisition kemudian pilih All Traffic. Di sini, kita bisa lihat keyword apa yang paling populer masuk ke blog kita. Fungsinya apa? Untuk tahu trend aja sih. Kalau memang banyak tentang MPASI, ya tulis lebih banyak tentang MPASI.

Kenapa paling atas ada keyword (not provided)? Ini disebabkan saat browsing, user menggunakan secure connection atau login terutama akun gmail. Kalau dia browsing sambil login, artinya semua yang dia browse itu masuk privacy dia, jadi not provided.


Yang kedua adalah Behavior. Di Behavior kita bisa buka Overview untuk melihat total page views. Kemudian bisa juga buka All Pages untuk melihat page apa yang paling populer dalam rentang waktu tertentu. Waktunya bisa dipilih sesuka hati, bisa hari ini, minggu ini, bulan ini, atau tanggal tertentu. Tinggal klik aja di nama bulannya.

Page views itu total jumlah halaman yang dibaca. Users itu total jumlah pembaca. Bisa jadi satu pembaca membaca lebih dari satu halaman kan.

Di gambar yang paling kanan kelihatan kan, berapa banyak orang yang membaca sebuah blog post. Ini berguna kalau klien minta laporan page views untuk job review yang kita tulis.


Gampang kaaannn? Gampanglah. Tapi saya juga taunya itu doang. Cukup banget kok. Lainnya silakan diulik-ulik sendiri. Hampir semua bisa diklik untuk tahu lebih detail.

Nah kalau udah lancar di aplikasi, bisa mulai coba ulik di website. Kan agak gimana gitu ya kalau ngasih laporan ke agency tapi screencap di hp bukan laptop. Kaya kurang formal gitu. :D

Happy GoogleAnalytic-ing!



-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
32 comments on "Cara Membaca Google Analytic via Aplikasi"
  1. asyiiik! langsung instal! aku suka mantengin statistic di blog. kayanya pake ini lebih detail ya.

    ReplyDelete
  2. Aku biasanya baca pakai laptop. Skrg males buka laptop sih ya,jadi, harus download ini.

    ReplyDelete
  3. Google Analytic-mu keren beut, Mak.... *menjura, dan lalu bandingin sm punyaku, dan kemudian mewek* :))))

    ReplyDelete
  4. Thankyou ka for sharing! Aku belom pasang nih hahahah bener deh, ribet interfacenya kalo di web aslinya ._.

    ReplyDelete
  5. Wah ini yang aku butuhin, Cha. Btw trafficmu itu sedap banget.

    ReplyDelete
  6. Eh eh bukannya kebalik ya? Keywords not provided karena lagi login atau pake private setting makanya gak ketangkap keywords yg dipake?? *nanya doang nih sebab kemaren sempet mau ngulas keyword not provided di blogging monday eike hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah yaaa. aku siwer ga cek ricek lagi. sudah diganti yaaa. thank youuuu! :*

      Delete
  7. Aiihh...baru kemaren bahas tentang ini ^^ eh ada yg ngasih info yang mudah dimengerti... Makasih yaa :)
    Buat newbie kaya aku ini membantu banget :D *maklum gaptek..

    ReplyDelete
  8. Waaa makasiiihhh mak annisa, selaku suka tampilannya segar dan postingannya mudah dicerna dan berbobot kaya badanku, hehehehe.. Makasih sharingnyaaa yaa...

    ReplyDelete
  9. Dapet ilmu baru nih...bermanfaat sekali bagi saya, makasih sharingnya Mak :)

    ReplyDelete
  10. Baru tahu kalo ada aplikasinya. Sip, Mak...nuwun

    ReplyDelete
  11. Wah belum pasang ini. Kirain kalau di blogspot udah bisa dilhat langsung di views/penayangan, hehe

    ReplyDelete
  12. Langsung instal ahh, thanks mbak.

    ReplyDelete
  13. tfs...kepo deech dengan AST aku kalau nyingkat kadang juga AST, ada aqua? hehe. Penting ini GA google annalytic

    ReplyDelete
  14. Udah dipasang di henpon aplikasinya, tapi jarang diintip-intip, gak gitu ngerti soalnya... hahahaha *kasiannya daku
    Makasih mak infonya cakeeeppp !

    ReplyDelete
  15. Cuuzz nyari aplikasinya di apps store..
    Thanks for sharing

    ReplyDelete
  16. Google Analytics adalah hal yg pertama gw buka sebelum buka website apalah inilah itulah, bahkan blog sendiri. Kerjaan gue cuma mantengin angka2nya mak.. (beda yah, aku suka liatin angka, apalagi kalo ada $ atau RP didepannya). Nah skrg gw agak dilema secara top keyword gw Daehan Minguk Manse dan Misaeng, trus behaviournya paling tinggi adalah org2 pencari berita terkini, hadeuuh masa iya gw harus mulai nulis breaking news gitu di blog. Tapi yaah katanya.. *lohh malah ngeblog disini* ntar aja deh gw posting sendiri hehehehe.. Thx infonya ya cha!

    ReplyDelete
  17. masih puyeng dg analytic, tapi nanti kalo senggang coba baca2 ah

    ReplyDelete
  18. Langsunt install ah...merapat ke tkp Mak :) nuhun

    ReplyDelete
  19. udah pasang lama ga mudeng cara bacanya tengs mbaa

    ReplyDelete
  20. Hehehehe.. Iya.. Aku juga suka agak gak sreg kalo ngirim screen capture dari hp. Pasti buka webnya dulu. Di blog asli aku udah di install ini google analytics. Tapi krn down, jadi ya blom bisa di pake lagi. Di blog sementara pake wordpress gak bisa pula. Harus yg wordpress for business atau yang pake domain sendiri. Jd ya pasrah aja pake yg wordpress punya.

    ReplyDelete
  21. wuahh... hrs buang2in app yg ga dpake n mindahin foto d hp nih.. balada mamak kbanyakan foto anak trus lupa mlulu mau mindahin.

    ReplyDelete
  22. Waaahh... sejak pakai aplikasi Google Analytics memantau statistik blog jadi lebih mudah. BANGET! Thanks for sharing infonya ya ;)

    ReplyDelete
  23. Langsung install ahhh.... thx for sharing, maaaak

    ReplyDelete
  24. Wah infonya bermanfaat banget nih. Thanks mak Annisa! ^__^

    ReplyDelete
  25. maksih mba infonya sangat membantu saya

    ReplyDelete
  26. sungguh luar biasa indonya dan saya mengucapkan terimakasih banyak karena saya mendapatkab ilmu lagi...

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG