-->

Tentang Membagi Waktu

on
Wednesday, May 6, 2015

Jadi udah beberapa orang nanya bagaimana saya membagi waktu? Kan kerja? Blogging kok jalan terus? Urus Bebe gimana kan nggak punya nanny? Urus rumah gimana kan nggak punya ART?

Well, pertanyaan terakhir nggak butuh jawaban karena rumah yang urus kan JG dengan senang hati dan bahagia gembira ria. Saya kebagian bantu-bantu, nggak masak, nggak beberes, nggak nyuci, dll jadi pertanyaan terakhir dicoret ya. Nggak makan waktu saya soalnya.

Oke jadi mari kita runut apa saja kegiatan saya (yang terlihat di social media).

1. Kerja di kantor dengan office hour.

2. Blogging seminggu 3-4 postingan

3. Mengurus Bebe

4. Menggambar untuk Instagram

5. Blogwalking

6. Bikin kerusuhan di Facebook-nya KEB atau Twitter.

HOW TO JUGGLE AND BALANCE ALL OF THEM?

Kalau boleh muji diri sendiri *YA BOLEHLAH MASA NGGAK BOLEH LOL* saya membagi waktu dengan sangat baik.

Blogging

Saya masuk kerja dari jam 9 sampai jam 5 sore. Tapi saya sudah di kantor dari jam 7 pagi karena pergi bareng JG. Kantor masih sepi, kerjaan belum ada, Di situlah saya blogging.

Dalam dua jam saya bisa membuat satu sampai dua postingan curhat sederhana semacam ini. Kalau postingannya "berat" alias banyak foto, pake screenshoot, harus tambah watermark, ini itu bla bla bla dua jam saya itu hanya bisa menghasilkan satu postingan atau bahkan setengah. Setengahnya lagi saya kerjakan di sore hari.

Karena saya habis jam kerja jam 5, tapi biasanya baru keluar kantor habis magrib. Pertama nanggung magrib, kedua nunggu JG jemput. Jam-jam sebelum kerja dan sesudah kerja adalah jam-jam efektif saya untuk blogging.

Terus setiap hari gitu blogging? Nggaklah nanti bosan. :p Saya biasanya hanya butuh 2 hari, pagi dan sore untuk membuat posting blog selama seminggu. Selesai nulis langsung di-scheduled. Hampir semua posting blog saya itu scheduled. Boleh perhatikan jamnya, rata-rata saya scheduled untuk auto-publish jam 7.30-8.00 pagi.

Bebe

Karena si Bebe udah ditinggal seharian, sore dan malam adalah waktu saya untuk Bebe. Kalau udah sama Bebe, saya susah sekali pegang hp. Karena seru ajah main sama Bebe dan si Bebe harus diperhatikan full. Takutnya dia makan apa gitu benda kecil random yang dia temukan. Nah kalau malam saya bisa balas Whatsapp atau curi-curi Facebook-an/Twitter-an biasanya Bebe udah tidur atau sambil menyusui.

Judge meeee I don't care. Katanya momen menyusui itu nggak boleh disambi yang lain kan. Sutralah akupun kan punya kehidupan digital yang harus di-maintain. Lagian menyusui bayi itu lama-lama kan bosyan. Kalau weekend, duh ini paling susaaahhh. Pegang hp kalau Bebe tidur aja sih. Sisanya main sama Bebe. Atau kalau udah bosen banget main, kasih Bebe sama JG, sayanya me time dulu alias cek timeline. LOL

Blogwalking dan Socmed

Ini yang paling "disempet-sempetin". Saya biasanya blogwalking dan buka list Bloglovin' ketika lagi pumping ASI di kantor. Pumping adalah satu-satunya waktu di mana saya punya 30-40 menit di kantor tanpa kerja. Tanpa menghadap laptop. Tanpa terganggu siapa pun.

Sendirian di ruang pumping daripada bengong terus ngantuk kan mending blogwalking. Ini sebabnya saya nggak suka merah ASI pakai tangan. Wasting time. Pakai breast pump elektrik bikin saya bisa multitasking. Worth the money deh.

(Baca: Tentang Memilih Breast Pump)

Facebook juga sama. Saya biasanya buka Facebook (most of the time cuma buka group KEB sih untuk blogwalking), cek notif plus bales komen kalau lagi nunggu tim kumpul untuk meeting.

Dalam sehari saya meeting rata-rata 2 kali. Satunya daily meeting dan pastiii aja ada yang muncul telat di ruang meeting. :| Atau lagi nunggu taksi atau sedang di taksi. Atau sedang nongkrong di toilet. Kapan pun senggang, itulah Facebook time. Karena itu biasanya saya di Facebook nggak lebih dari 10 menit. Maap maap kalau ada yang message, udah saya read tapi baru dibales berjam-jam kemudian. :p Karena apa? Karena Facebook itu buang-buang waktu. Kita yang harus atur, bukan Facebook atur kita.

Twitter lebih fleksibel lagi. Punya semenit di Twitter bisa baca beberapa hal. Kalau bentuknya link, saya buka dulu di safari, dibacanya nanti lagi kalau sempet. Makanya safari di hp biasanya kebuka tab banyak, nunggu dibaca.

Instagram? Ini berhubungan dengan poin berikutnya.

Menggambar

Ini hobi baru sih sebenernya. Gegara kompetitip liat JG yang lagi suka gegambaran pake apps Adobe Draw buat di-upload ke Instagram. Kalau JG bisa, maka saya pun harus bisa! XD (anyway Instagram saya @annisast ayooo di-follow :p).

Karena ini nggak urgent, saya dan JG biasanya menggambar di malam hari. Setelah bersiap tidur, setelah Bebe tidur. Biasanya baru bisa mulai di atas jam 10. Paling lambat jam 1, selesai nggak selesai, harus tidur biar besoknya fresh.

(Baca alasan JG menggambar di sini)

Kalau selesai, gateeelll banget pengen langsung upload di Instagram. Tapi siapalah yang mau lihat dan masih buka Instagram jam 1 malem? (MAKLUM HAUS APRESIASI LOL) Jadi biasanya di-keep dulu untuk di-upload paginya. Cek aja, hampir semua gambaran saya di-uploadnya pagi-pagi. Selesai upload, saya biasanya cek timeline Instagram sebentar. Buka-buka profile selebgram favorit untuk catch up. Begitulah.



Tips Membagi Waktu untuk Ibu Bekerja Tanpa ART Tanpa Nanny agar Tetap Eksis di Dunia Maya *panjang*

1. Buat jadwal dan tepati jadwalnya

Enough said. Percuma udah punya niat mau blogging jam sekian, mau nggambar jam sekian, tapi pada akhirnya malah berjam-jam Facebook-an. Sori kalau nggak bisa bagi waktu, kita nggak usah temenan aja. XD

2. Karena anak adalah yang utama

Ya nggak lucu kan kalau Bebe tiba-tiba nelen koin gitu gara-gara saya sibuk main hp. Percayalah, kalau pembagian waktunya tepat, nggak akan ada urgensi pengen cek Twitter saat lagi main sama anak.

3. Kurangi jam tidur demi hal lain yang lebih produktif

Kalau merasa ini nggak sehat, jangan ditiru. :p Tapi buat saya dan JG, mengurangi waktu tidur 2 jam untuk menggambar atau sekadar Twitter-an itu worth it banget untuk mengakhiri hari yang panjang. *sigh*

4. Buat jadwal hari posting dan tentukan temanya

Saya posting blog Senin, Rabu, Jumat. Minggu kadang-kadang. Tema sudah ditentukan dari jauh-jauh hari jadi saya hampir nggak pernah habis ide atau writer's block.

Caranya buat list di hp berisi ide. Karena kadang ide muncul tapi waktu nggak ada. Begitu waktu ada, idenya lupa lagi. Santai sis, lupa itu manusiawi. Yang nggak manusiawi kalau udah tau pelupa eh nggak mau nyatet. *toyor pake kaki*

5. Scheduled Post!

Ini cara untuk posting sesuai jadwal. Cek jadwal setiap minggu, kira-kira kapan senggang untuk bikin 3 postingan minggu ini. Biasanya saya selesaikan di hari Senin dan Selasa. Posting untuk Rabu dan Jumat udah siap di daftar scheduled post. Santai deh seminggu sampai Senin datang lagi. :p

Satu lagi, sadar diri kalau kita manusia biasa yang nggak bisa melakukan segalanya. Kalau saya mesti ngurus rumah juga, nggak ada waktunya. Realistis ajalah. Terus yang masih keganggu sama TV. Believe me, matikan TV-mu karena mendingan melakukan hal lain yang lebih produktif dibanding cuma nonton TV.

(Baca: Hidup Tanpa TV itu BISA!)

Susah? Yakin? Emang udah coba?

Ya udah kalau belum nyoba udah bilang susah sih. Tinggalin aja blognya, nggak perlu blogging, nggak perlu Instagraman, nggak ada yang maksa juga kok. Weeeeee. :p

PS: Untuk yang nungguin Happiness Project maaf banget untuk sementara sayanya belum ada waktu lagi. Di kantor lagi ada pergantian bos baru jadi sibuk banget karena masa transisi. Belum sempet ngerjainnya lagi. Nanti pasti dilanjutkan kok. Sabar yah! :)



-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
29 comments on "Tentang Membagi Waktu"
  1. Jg asyik plus baik banget ya #salahFOKUS

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau nggak asyik ga akan dinikahin huahahahha

      Delete
  2. konsisten dg jadwal ini yg belum bisa....kadang dah tidur duluan, kadang malah 2 hari gak online sama sekali...

    ReplyDelete
  3. TFS mak, boleh dicoba juga nih biar tetap eksis hihihi

    ReplyDelete
  4. wah ini bisa jadi bekal saya kelak berumahtangga nih.. bagi waktu hihi

    ReplyDelete
  5. Keren banget :) yang menggambar itu penasaran deh hehe

    ReplyDelete
  6. Mirip-mirip tuh sama pembagian scheduleku hmm jadi pengen nulis juga tentang ini hahaha *numpang nyolong inspirasi ya 😜😜

    ReplyDelete
  7. Bener nih.. FB itu melenakan banget..
    TFS ya maaakk *kena toyor berkali-kali :D

    ReplyDelete
  8. Hahaha saya masih sering KO sama ngantuk nih, niat kerja lagi abis jam10 ehhh...tau-tau kok udah jam 5 yak? *toyortoyordiri*

    ReplyDelete
  9. kalau kiat disiplin dengan jadawal yangs udah kita buat, pasti akan mudah.

    ReplyDelete
  10. Nah yang dijadwal ini aku masi blom bisaaa xD. Lagi mulai ngejadwal nih biar puguh bloggingnya. hihihii

    ReplyDelete
  11. Untuk urusan buat schedule semua orang pasti bisa, tapi untuk menaatinya yang kadang belum bisa. Harus ada kemauan yang kuat ya Mak..TFS ya.. :)

    ReplyDelete
  12. waah, lebis seru kalo buat jadwal ya Mak, thanks sharingnya

    ReplyDelete
  13. sy udah tanpa tv bertahun2, bagi waktu pake jadwal udah yangs udah konsistennya hehehe. btw,nice sharing.

    ReplyDelete
  14. Terimakasih tipsnya :)

    Good article anda di tunggu artikel berikutnya, jangan lupa kunjungi balik., tak lupa salam kenal ya

    ReplyDelete
  15. Aku bisa-bisa aja hidup tanpa TV. Nggak sempet nonton sih, Jadi ya sesempetnya. Paling-paling pas makan, iseng nyetel TV. Abis makan, matiin TV. hehehe..

    Btw, manajemen waktu itu susah banget menurutku. Huhuhu.., mana lagi aku pelupa, catetan to do list segambreng, belum kecentang juga. Sampai pasang widget di ponsel segala. Ngelihat to do list beruntut gitu males duluan. >,<

    ReplyDelete
  16. Waaah kamu hebat Mak, aku aja belum punya anak, bagi waktu susyeh banget. Eh iya sih, masih banyak mainnya T___T

    ReplyDelete
  17. Ngurangi jam tidur itu berat buat seusiaku gini..bisa masuk angin.

    ReplyDelete
  18. Juara bangetttt ini tipsnya. Tapi poin penting dari semuanya sebenarnya adalah KOMITMEN ya. Kadang udah bikin schedule, tapi ndak komit buat ngejalaninnya. :(

    ReplyDelete
  19. Aku mah masih sekolah aja masih sok-sokan sibuk gini, duh >_<

    ReplyDelete
  20. Aku harus berjuang untuk membatasi jam FB an nih, tergoda pengen nyekrol aja nih

    ReplyDelete
  21. wow,keren banget mak..produktif bangettt^^

    ReplyDelete
  22. huwow keren mak!
    kalo aku, sering kebanyakan ide nulis. tapi pas nungguin boyz tidur buat ngetik malah ikut ketiduran :'(

    ReplyDelete
  23. musti disiplin banget ya mak. *manggut2 sambil nyengir ... disiplin oh disiplin

    ReplyDelete
  24. ttg tv aku setuju mba.... akupun krn dibiasain ga nonton tv ama papa dr smp, dgn alasan bnyk acara ga bgs di sana, jdnya ampe skr ak ga mslh ga nonton tv.. cuma suami nih yg hrs nonton tv...-___- jd tv di rumah memang ttp ada, tp utk suami :) Aku mah, asal ada bnyk buku di deketku, udh cukuplah..

    ReplyDelete
  25. Aku ngga kebayang gimana semua itu, Mbaaaak.. Lha wong masih pengangguran ini aja ngerasa ngga punya waktu. Huhuhu.. Ngga bersyukur euy. Makasih uda 'nampar' aku ya, Mbak.. Aku harus bisa manage waktu nih! :D

    ReplyDelete
  26. jempol dewh untuk jadwalnya...
    saya kadang masih kacau untuk ngatur waktu.

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG