-->

4 Tips Branding di Instagram

on
Monday, May 18, 2015

Wih judulnya sotoy banget HAHAHAHAHA

Jadi hari ini saya belum siap sama sekali untuk Monday Techno. Eh tetiba aja kepikiran pengen nulis tentang Instagram. Sebabnya ternyata setelah saya rajin update Instagram, followers nambahnya cepet banget. *YAIYA*

Kemarin-kemarin saya ogah-ogahan update karena males foto-foto. Terus jadi rajin update setelah seneng gegambaran pakai Adobe Draw. Eh terus sekarang keterusan main lettering alias sok-sokan bikin tulisan atau quote tapi tulisan tangan sendiri. Jelek pun tak apa yang penting aku berusaha. Hahaha.

Nah, satu hal setelah saya serius Instagraman (baru sebulan yang lalu doang sih), saya sadar kalau Instagram saya harus punya ciri khas. Karena itulah sekarang saya memutuskan semua foto di Instagram saya tidak akan lagi mainstream berbentuk persegi. Semua foto Instagram saya akan berbentuk lingkaran!

Sekarang udah mulai banyak sih dan udah mulai kelihatan rapi. Saya sadar kalau Instagram bisa jadi channel untuk personal branding. Lebih bagus kalau bisa setema sama blog. Sayang dong udah susah payah membangun blog, eh Instagram berantakan. Atau coba deh lihat akun yang isinya selfie semua, kalau artis atau beauty blogger sih masih enak dilihat ya tapi kalau orang biasa? Ohplis. Apa sih "pesan" yang mau disampaikan lewat semua selpih itu? *baru Senin udah nyinyir*

(Baca: Tutorial Edit Foto Simpel di Photoshop)

Nah, dengan followers yang juga belum nyampe 500 (MAKANYA FOLLOW ATUH @ANNISAST), saya mau berbagi tips personal branding di Instagram. Sekalian jadi pengingat juga buat diri sendiri. Yuks!

1. Pikirkan tema
Ini yang jadi paling susah. Tema boleh tema umum boleh tema spesipik yah. Kaitkan sama personal branding yang ingin dicapai. Kalau saya di Instagram agak beda sama blog. Di Instagram, saya ingin kelihatan sebagai seseorang yang suka gambar dan seneng pakai baju serta aksesoris warna-warni. Tema ini makin niche makin seru karena fotonya jadi nggak berantakan.

Selain ini tentukan juga ciri khasnya. Misal foto bunga semua. Atau foto #ootd semua. Nah kalau Instagram saya semua fotonya berbentuk lingkaran, nggak akan foto #ootd full badan tapi akan menonjolkan detail yang selalu akan diberi caption "the details #ootd", selpi sesekali ajah kalau lagi dandan kece badai XD, selain itu isinya adalah gegambaran di Adobe Draw dan quote serta lettering. *BANYAK YAH*

Pas saya bilang konsep ini ke JG, komentar dia nggak mau kalah tea seperti biasa: "IH INSTAGRAM AKU JUGA BERTEMA. TEMANYA BEBAS, SUKA-SUKA AKU".

-______-

Ada temen TK, SMP, dan SMA saya (satu sekolahan terus lol) @feraoofera yang brandingnya adalah ibu rumah tangga yang seneng masak dan baking. Bagussss deh gallery Instagramnya semua konsisten tentang bekal suami ke kantor, masak dan baking apa hari ini, dsb. Semuanya tentang makanan. Fotonya pun niat di-styling. Cek deh!

2. Pikirkan filter dan color scheme-nya
Liat deh para selebgram, mereka pakai color scheme yang sama terus. Misal pastel, pastel semua filternya. Atau colorful dengan contrast penuh semua. Atau shabby chic dengan bunga-bunga vintage. Atau vintage sekalian dengan filter old gitu. Ya pilihlah sesuka hatimu. Kalau kamu girly mungkin lebih cocok dengan pastel. Kalau kamu suka gothic, pilihkan warna-warna dark, dan seterusnya.

Ini saya juga susah HAHAHAHA abis tadinya pengen colorful gitu, contrast set maksimum. Hitam ya hitam, bukan hitamnya anak-anak geng pastel yang hitam pun jadi abu di fotonya karena pakai filter. EH TAPI KOK INSTAGRAM PUNYA FILTER BARU YAH. BAGUUUSSS. -______-

Filter Lark sama Juno jadi favorit saya sekarang. Kekurangannya, kedua filter itu vintage bangeeett. Kzl. Tapi ya sutralah aku ikut temanya JG aja. Bebas. Suka-suka aku. *FAIL*

3. Konsisten

Nah, semua tema dan khayalan jadi selebgram akan sia-sia kalau nggak konsisten. Iyalah, baru seminggu upload foto lingkaran, tetiba kepikiran kenapa yah nggak bentuk lain aja. -_____- Tak bisaaaa, aku harus konsisten. Karena apa? Karena gallery Instagram kan kelihatan terus semua fotonya. Kalau ada satu foto yang nggak sesuai tema, kacaulah semua. Huhuhuhu.

(Baca: Tentang Periscope yang Mengubah Pola Media Sosial)

4. Rajin update

Nah kalau semua udah dilakukan, tinggal rajin-rajin update aja. Followers saya nambah udah entah berapa puluh padahal baru rajin update sebulan. Apalagi kalau berbulan-bulan kaannn. Cita-cita saya mah sekarang satu, ngalahin followersnya JG @jago_gerlong ajah. 28 followers to go. HAHAHAHAHA.

Selain rajin update, saya juga pakai hashtag, tapi nggak pernah banyak. Soalnya kaya berantakan gitu captionnya kalau kebanyakan hashtag. Saya paling pake 2-3 hashtag aja yang paling relevan. Kalau abis upload, search juga hashtag yang sesuai dengan tema Instagram dan like-like yang banyak. Mereka biasanya like balik dan syukur-syukur follow ya kan.

Kekurangan Instagram bertema ini apa? Akunnya susah untuk ikutan kuis. :p Ya udah lah namanya rezeki bisa dari mana aja kan. Atau bikin akun khusus aja buat kuis di Instagram. :)

Ayo Instagraman! Follow saya @annisast ya!



-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
23 comments on "4 Tips Branding di Instagram"
  1. Makasih tipsnya. Punyaku msh campur2 dan suka suka hatim hehe

    ReplyDelete
  2. Pengen sih kaya gitu tapi belom apa2 bisa2 keburu habis waktu. Listrik ga stabil baru mau ngutak ngatik keburu mati, halah... Gawat yoh?

    So dari pada mau style tapi malah gak kesampaian, mending publish langsung tanpa editan aja. Apa adanya 😁

    ReplyDelete
  3. Saya baru tau caranya, padahal saya udah punya akun IG..
    Makasih ya mba tipsnya :)

    ReplyDelete
  4. Sama mak gw kemaren juga abis bersih2 instagram ngapusin beberapa foto yg gak singkron dengan tema hehehe

    ReplyDelete
  5. makasih ilmunya, mak, ngacung deh, blom bener2 optimasi instagram

    ReplyDelete
  6. iyah bagus tuh instagramnya @jago_gerlong. Cek IG saya, sist, banyak foto-foto dengan tema bebas yang asik.

    ReplyDelete
  7. Wah mbak, thanks utk tipsnya, etapi emang lebih enak 'suka-suka aku' ala JG deh :D

    ReplyDelete
  8. Bhahahhahaha temanya suamimu..... kocak! :D :D :D
    Aku juga sekarang lbh suka edit pake filter dari IG-nya, yang Juno lebih sering dipake. :)))
    Follow aku yes @istiadzahrohyati LOL :p :p :p

    ReplyDelete
  9. Ikutan aja kuisnya, mak. Ntr kalau dah DL lewat dan kita ga menang, gambarnya kita hapus *nakal ya?*

    ReplyDelete
  10. sama aku juga temanya suka2 aku hahaha...kebanyakan selfie ma makanan :D
    btw, makasih tipsnya mbak annisa...bsok2 pgen juga branding blog di IG tapi fotonya ntar malah campur aduk ma fotoku... *fiuh

    ReplyDelete
  11. sekarang masih gado2 punyaku mak, belum ketemu "jati diri"nya. Whehe. Follow IG @rindangyuliani juga ya

    ReplyDelete
  12. sekarang masih gado2 punyaku mak, belum ketemu "jati diri"nya. Whehe. Follow IG @rindangyuliani juga ya

    ReplyDelete
  13. Keren instagramnya. Makasih tipsnya yaa.
    Aku temanya masih suka2 guwe. Blm kepikir ganti tema....hehehe

    ReplyDelete
  14. aah..langsung terbayang instagram aku :D *kacau ^^

    ReplyDelete
  15. aku barusan follow ig nya mak annisa. Foto ig ku kebanyakan food sih, tapi ya asal jepret krn nggak ngerti fotografi hahaha :)

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Instagramku masih kacau huhuhuuuu. Tapi yang soal hashtag itu kayaknya boleh dicoba deh hehe.

    ReplyDelete
  18. Hi mbak, salam kenal. Aku suka dengan hand-drawingnya, rapi jali dan enak dilihat. Keren! Keep it up ya!

    ReplyDelete
  19. Terima kasih tipsnya... udah saya follow instagramnya mak...folbek ya @nurulfitrifatkhani :)

    ReplyDelete
  20. Obviously, you likewise need to communicate with them, tail them, and remark on their photographs. HTTPS://brsm.io/buy-instagram-comments

    ReplyDelete
  21. If you like blogging on Instagram you want to be popular. Creating your own brand on Instagram is important for being recognized by people. You should bring your personality in your posts. Then many people can see you if you buy Instagram views

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG