-->

Comparison: iPhone 4, 5, 6. Kenapa tidak Android? (Part 1)

on
Monday, July 20, 2015
oh so true XD
 *Warning. Super long post. Posting hepi karena hape baru. XD*

Jadiiii sebagai kelas menengah ngehe banget, kurang dong yah kalau hpnya nggak iPhone. LOL. Well, saya dan JG termasuk yang jatuh cinta sama produk Apple. Overprice? Nanti kita bahas.

Saya tahu Apple dari temen-temen kuliah saya yang sudah pake MacBook/iPod dari 2005-2006, tapi saya belum tergoda (karena nggak ngerti buat apa). Kalau JG baru kenal produk Apple sejak iPod video tahun 2009. Kemudian beli iPod touch tahun 2010. Saya sendiri baru kenal setelah menang kuis tahun 2012. Dapet iPad 2 White 32 GB. Saat itu hp masih pakai Blackberry. HP Android produknya belum sebanyak sekarang.

Betah banget pakai Blackberry karena kebutuhan kerjaan. Push mail Blackberry yang sesimpel SMS itu sampai sekarang menurut saya nggak tergantikan sih. Karena Blackberry punya server sendiri, jadi email-email-an pakai Blackberry memang yang tercepat dan ternyaman. Saya aja sampai sekarang masih pakai Blackberry Onyx 2 yang sudah dipakai sejak 2010.

Kemudian penasaran pakai Android kan karena mulai banyak yang pake. Saya beli Huawei Honor. Pertimbangannya karena murah dan JG kerja di sana jadi klaim garansi gampang lol. Tapi ternyata ya kok gitu doang? Nggak terlalu kepake karena saya ke mana-mana (kerja) bawa iPad dan Blackberry. Apalagi waktu itu, aplikasi Android masih terbatas banget. Instagram sama Path aja cuma ada di iOS. Ngapain dong gue di Android?

Singkat cerita, berpindah tanganlah itu Android. Dikasih ke adiknya JG.

Saat itu kami adalah pasangan muda dan berbahaya. Boro-boro mikirin nikah dan dana pendidikan anak, mikirnya hanya main main main main main dan hidup bahagia XD Ya sudah karena saya betah pakai iOS, ayolah beli iPhone sekalian. Malam itu, saya pun minta anter JG janjian dengan pedagang di Kaskus untuk beli iPhone 4S. Waktu itu kalau beli barang ya Kaskus. Belum banyak marketplace kaya sekarang.

Malem juga belum, sorenya JG bilang: aku juga udah janjian COD mau beli iPhone 4. WTF anaknya nggak mau kalah banget. -______- Jadilah malam itu COD dengan 2 orang. Beli 2 iPhone. iPhone 4 itu, dipakai JG sampai sekitar sebulan yang lalu.

lihatlah kebusukan iPhone 4 JG. Itu LCD retak tapi masih berfungsi normal.

Saya sendiri ganti ke iPhone 5 setahun kemudian,dapet hadiah dari kantor JG. Dan sebulan yang lalu ganti ke iPhone 6. (HOREEEE) Sebabnya karena iPhone 4 JG sudah terlalu berumur. Lemot, maklum udah 3 tahun umurnya. Jadi JG pakai iPhone 5 saya, saya beli hp baru. Horeeeee lagi. Hueheheheheh. Alhamdulillah kemarin saya menang lomba blog, dapet hp seharga 5jutaan. Jadi beli iPhone 6 cuma keluar uang setengahnya, sisanya dari hasil jual hp.

Jadi, kenapa betah bertahun-tahun pakai iPhone? Kenapa tidak Android?

Masih karena faktor nyaman banget sih. Dan yang terpenting, banyak aplikasi yang saya sudah pakai dari dulu, nggak ada di Android. Kaya Pick, Phoster, Typic, dan yang paling signifikan Adobe Draw karena saya gegambaran untuk di Instagram itu pakai aplikasinya Adobe Draw. Adobe Draw nggak ada ternyata di Android.

Kalau cowo-cowo tekno gitu kan komentarnya pasti: "hih ngapain pake iPhone, gitu-gitu doang nggak bisa diapa-apain"

Jawaban saya: "emang mau diapain?" LOL

Ya diutik-utik OS nya pun saya nggak ngerti harus diutik-utik apanya? Biar apa harus diutik-utik segala? Themes? So far puas banget kok sama interface Apple, nggak segitu pentingnya themes buat saya mah. Dan iPhone itu user friendly banget. Nggak bakal gagap deh walau pertama kali pake.

Lalu kenapa iPhone? Karena enaaakkkk banget. Nyaman. User experience-nya bagus banget, kena banget di saya mah. Dan sepanjang 3 tahun pengalaman saya dan JG, iPhone itu tahan banting banget. iPhone 4 nya JG jatoh dari mobil ke aspal, LCD retak sebadan-badan. Dan touchscreennya masih berfungsi normal. Temen saya cerita iPad 2 dia jatoh dari lantai 2, dan touchscreennya tetep normal juga. Coba ada nggak produk Android yang tahan banting? Pernah malah baca di Kaskus, iPhone kegeleng mobil dan masih normal.

Asal nggak kerendem air sih insya Allah awetlah. Lagian saya belum butuh sih hp tahan air, karena nggak suka pantai nggak suka diving atau air-airan lain. Nggak bakal Instagraman sambil hujan-hujanan juga kan.

"iPhone kan storage-nya terbatas! Masa cuma maksimal 128 GB sih!"

Buat saya mah cukup bangeeettt. Tapi minimal 32 GB lah. iPhone 5 saya 16 GB dan lumayan pegel karena cuma cukup sekitar 1000 foto. Sebulan sekali pindahin foto ke laptop. Dulu waktu pake 4S mah 32 GB, itu cukuuuppp banget. Sekarang pake 6, 64 GB entah kapan penuhnya. Lebih dari cukup.

"Emang nggak denger lagu atau nonton video? Kok storage cuma buat foto?"

Saya dan JG dengerin lagu di mobil doang pake iPod. Di kantor ya di laptop. Saya nggak music freak banget yang denger lagu di mana pun. Nonton video di YouTube kan. Jadi belum butuh storage sangat besar sih buat henpon mah.

"iPhone kan overpriced!" kata temen saya yang dompetnya Louis Vuitton. Pengen ngakak nggak sih. XD

Overpriced atau nggak, kan masalah mau beli apa nggak aja. Kalau emang mau dan mampu beli, jangankan dompet seharga 4-5juta, tas ratusan juta juga ada yang beli kan? Kalau ngomong fungsi, dompet LV sama aja kan dengan dompet Hush Puppies seharga 500ribuan. Come on!

"Worth to buy nggak?"

Ya sepanjang mampu belinya mah worth worth ajalah LOL Namanya hp yaaa begitu-begitu aja kan. Apa yang dicari kalau bukan nyaman dan kebahagiaan sih? XD

Jadi sampai sekarang bukannya saya nggak mau pakai Android, tapi memang belum dikasih kesempatan untuk nyoba ponsel Android yang lebih enak daripada iPhone. Kalau ada yang nawarin buat review mah mauuu banget coba. Apalagi kalau dikasih si Edge, penasaran banget tapi nggak berani beli. LOL #kode

Karena selama ini saya harus beli sendiri kan, terlalu spekulatif kalau misalnya saya beli si Edge yang harganya sama kaya iPhone 6. Sementara saya nggak tahu apakah worth to buy? Kalau iPhone kan udah tahu persis kualitasnya.

Ini gimana?



Ayolah buibu akui saja NGERTI APA SIH KITA SOAL TEKNOLOGI? LOL We just don't care loh mau Android udah punya ini itu dari tahun 2012. IMO, iPhone user (IYA GUE) bukan tipe yang mau kejar-kejaran atau dulu-duluan soal teknologi. Yang penting nyaman dan cukup ajah buat sekarang kan. XD

Sudah cukup alasannya? Hayuk lanjut ke Part 2, perbandingan iPhone 4, 5, dan 6. Mana yang paling enak dipakai? Apakah iPhone 6 sudah oke di harga Rp 12.999.000,- untuk 64 GB? Atau stay aja di iPhone5?


Yuk!


-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
23 comments on "Comparison: iPhone 4, 5, 6. Kenapa tidak Android? (Part 1)"
  1. Sebenarnya saya juga belum familiar pakai iPhone. Tapi baca postingan ini, jadi penasaran ama iPhone hehehe

    ReplyDelete
  2. Hmm ternyata begitu ya. Gue gak begitu ngerti tentang iPhone. Sekarang masih nyaman pake android dan belum ada niatan buat ganti ke iPhone. Kalau ada yang mau ngasih, boleh banget. Gue siap nerima hibahan :p
    Sekalipun itu iPhone bekas :p
    Mampir ke blog gue ya mbak :D

    ReplyDelete
  3. Hwaa! Liat post ini sungguh beneran bikin ngiler. Canggih banget emang iphone ini. Apalagi kamera nya ya mbak :))

    ReplyDelete
  4. Setujesss! Good quality, very worth the price. Hardwarenya bagus dan nyaman, interfacenya apalagi. Gak bikin pegel mata. Cintaaah! *peluk ipad dan mac*

    ReplyDelete
  5. Bener tuh Cha soal kenyamanan. Aku aja, masih bertahan sama Acer sama Sony, karena memang nyaman. Meskipun ada yg lbh bagusan lg karena kamera dan apalah-apalah, masih belom kepengen banget ganti

    ReplyDelete
  6. Tapi punya ig nya kok baru2 skrg ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak kok. udah punya dari zaman pake ipad 2012. cek aja posting pertama di IG :)

      Delete
  7. nggak kok. udah punya dari zaman pake ipad 2012. cek aja posting pertama di IG :)

    ReplyDelete
  8. Emang kalo udah kenal produk apple pasti bakalan susah move on ke merk lain...saya pun msh bertahan d iPhone 4s loh padahal udah bertaun2, kekurangannya cuma 1...ujung kabel chargernya cpt rusak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu betuullll. dan dari pengalaman mending beli ori daripada yang abal. yang ori kabel aja garansi setahun loh. *setahun kemudian rusak* XD

      Delete
  9. Sedihnya iOS device Itu, Kalo tombol homenya rusak harus ganti seharga hampir baru (iPod touch ekye tombol homenya rusak *curcol*).
    Eh Tapi ga kapok, sekarang punya iPhone 4, iPad air dan 6+. So far, dibanting gapapa, beda bgt dg yg lain (Banting langsung berantakan, haha)
    Dulu setianya sama Nokia jadul dan BB. Kalo android, ga sampe setahun udah Bubar, suka crash tiba2 --".

    Lanjut baca part 2 ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. home button aku jarang pake. pake assistive ajaaaa.. :D

      Delete
  10. sering liat iphonenya teman, emang beda banget sih yaa dari android.. lebih kinclong dan halus banget tampilannya, klo dipegang jg beda..gimanaaa gitu #halah...
    singkatnya sih iphone emang jauh jauh lebih berkelas dibanding android :D *padahalbelumpakeiphone*

    ReplyDelete
  11. wah apple banget nih :) kerasa bedanya pas awal, kalo skrg mah pake apa saja lah... :)

    ReplyDelete
  12. huahahaha sama aja mbak kayak sayah XD
    Walaupun saya android user, tp saya juga tipikal pecinta kenyamanan. Temen2 di divisi IT suka nyindir, "buat apa beli android nggak di-root??" issh saya sih bodo amat XD (Emang sih keunggulan android, bisa ngubah kernel dan menjadikan smartphone lebih optimal. issh tapi eike mah gak peduli :P ).

    So Far merk android yang saya rekomend kan adalah samsung. Nggak pernah nyesel bertahun-tahun pake samsung :3 supportnya banyak, service center ok, suku cadang asli juga mudah. Pengalaman saya, smartphone samsung lama saya selalu di-hibahkan ke adik-adik, dan sampe sekarang masih oke performanya XD. Sebenernya dari kantor juga dapet HP android & Windows phone merk huawei, tp performanya emang beda sama samsung :P (no offence yaa). Bahaha yang penting nyaman!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaeyalah secara huaweiii masa dibandingin sama samsung bahahahaha tapi JG juga sekarang udah ga kerja di sana kok XD

      Delete
  13. saya sih walaupun samsung user ngakuin kalo iPhone emang berkelas. kalo masalah jeroan sih emang beda. tapi bukan masalah spek melainkan user experience. saya sih mau pake iPhone cuma memang saya gak bisa beli.

    ReplyDelete
  14. huaaa aku sempet make 4s beberapa tahun lalu, terus hijrah ke android dulu beli galnot 2. Kurang nyaman, ganti s4. Masih aku ngerasa kurang nyaman yang entah apa. Akhirnya pindah lagi ke 5s alhamdulillah nyaman bangeeeeet dan berasa ga pengen ganti2 lagi. Ada faktor X yg ga bisa dijelasin sih kalo make apple. Dan entah apa itu sebenernya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. YESSSS THE X FACTOR IS APPLE IS MADE FROM LOVE LOLOL

      Delete
    2. The X factor itu, gue juga ngga ngerti apaan hahahahaha
      I just love iphone as it is!

      Delete
  15. Cuma mau nambahin. Iphone 4S kakak gw masih sehat walafiat setelah jatuh dari lantai 2 dan kecemplung di kolam (hitungan detik doank sih tapi tetep nyebur) HAHA.

    ReplyDelete
  16. alhamdulillah akhirnya merasakan punya iPhone baru, harganya mantep banget. ga sampe 5 juta (iPhone 5C promo pas Lebaran), kapasitas cuma 8GB gpp lah, hahahaha. yg penting baru-ru anyar gress. waktu itu disaat yg sama, mau beli Xiaomi tapi selisihnya ga sampe 1,5 juta.... mending nambah 1,5 juta tapi Apple punya (ini ngomongin masalah kualitas dan preference ya)..... stralah. biar aja penampilan buluk kek mahasiswa, kemana-mana pake tas 15rebu atau 150rebu, yg penting gadgetku sesuai dgn apa yg aku mau :)

    ReplyDelete
  17. kontradiksi dikit broh...soal produk apple gw cma tau iphone 4 yg cdma hanya buat nelpon saja(batrenya boros sangat klo online),untuk kerjaan gw yg penuh corat-coret foto survey,email whatsapp lokasi,transfer via wifi ke pc ataupun usb otg.file dwg,office (cek RAB/saldo banking)ngeremote PC rendering gw selagi on site weleh-weleh,didunia gw kayanya iphone ituh cuma fashion ajah.Gw prefer android dari s*amsung note series.Ini bukan cuma soal preferensi saja tapi buat gw ini soal fungsi.Bicara soal harga, mampu ga mampu kayanya cuma buat para fashionista sajah.Nih iphone cma online buat sync kontak saja.

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG