-->

Mr AQUA, Superheroku di Bulan Puasa

on
Monday, July 13, 2015

Masih jam 2 siang. Masih 4 jam menuju buka puasa. Kerjaan masih lumayan banyak. Masih 3 jam menuju jam pulang kantor. Tapi kok ngantuk yah?

Jalan-jalan deh ke toilet. Benerin lipstik, benerin jilbab. Alis masih kece, bedak belum luntur, eyeliner garisnya masih setegas garis jalan tol Cipularang, tapi kok muka sayu sih. NGANTUUKKKKK!

Somebody help me!



SIAPA DIA?! Apa yang salah dengan pola saya selama ini?



WAAHHHH! *prok prok prok* *tepuk tangan*

Jadi gitu toohhh. Memang saya salah sih, berbuka puasa pasti maunya minuman manis, bukan air putih dulu. Apalagi teh manis anget kan paling pas ya rasanya untuk melepas dahaga setelah seharian lemes puasa. Padahal teh dan kopi mengandung kafein yang bersifat diuretik sehingga bisa membuat orang jadi pipis lebih banyak. Kafein juga mempercepat terbentuknya asam lambung yang memicu maag lho!

Halah kalau gitu pantes aja siangnya saya hampir selalu ngantuk, lemes, dan haus. Sebenarnya kenapa sih manusia butuh air?

Karena hampir 60-70% tubuh manusia itu terdiri dari air. Fungsinya banyak, dari membantu pencernaan, penyerapan nutrisi makanan, produksi air liur, sampai mempertahankan suhu tubuh. Air mineral juga mengandung florida untuk menjaga kekuatan gigi, natrium untuk menjaga cairan di dalam tubuh, kalsium dan magnesium untuk tulang, kalium untuk mekanisme transfer syaraf, silika untuk menjaga keutuhan kulit, serta zat besi yang merupakan salah satu kebutuhan dari co-enzim.


Nah, kebutuhan manusia akan air itu sama saja baik sedang puasa ataupun sedang tidak puasa. Jadi jika tubuh memerlukan 8 gelas air saat tidak sedang berpuasa, tubuh juga tetap butuh 8 gelas itu saat sedang berpuasa.

Ini dia beberapa hal yang harus diperhatikan, agar tubuh terhidrasi dengan baik selama bulan Ramadhan ini agar sukses puasa anpa ngantuk, haus, atau pun lemas. Apa saja ya?

1. Jangan berbuka dengan minuman manis. Minum manis adalah karbohidrat sederhana yang dapat meningkatkan gula darah. Gula darah yang naik dengan cepat akan turun juga dengan cepat. Hasilnya, kita akan ngantuk, lemas, dan lemak tertimbun. Pantas ya banyak orang yang malah bertambah gemuk pasca bulan puasa!

Tidak disarankan juga berbuka dengan kopi dan teh, karena kafeinnya memicu maag.

"Jika seseorang terlalu banyak mengonsumsi minuman manis berkalori tinggi secara berlebih pada saat buka puasa, maka dapat terjadi penimbunan kalori berupa lemak. Padahal, seharusnya puasa justru dapat menjadi kiat membantu mengurangi berat badan atau mempertahankan berat badan jika dijalankan dengan asupan gizi dan nutrisi yang sehat," kata Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr. Sri Sukmaniah MSc.

Jadi paling tepat berbuka dengan apa?

Berbukalah dengan air putih. Air putih adalah cairan paling alami untuk tubuh. Tidak mengandung pemanis, pewarna, dan pengawet. Air putih juga membantu penyerapan mineral serta nutrisi dari makanan untuk tubuh.



2. Setelah minum air putih, berbukalah dengan buah-buahan yang berserat dan berair. Manis dalam buah merupakan sumber glukosa alami. Kalau kamu ingin sekali minuman manis, minum jus buah segar. Hindari jus dalam kemasan.

3. Kemudian makanan utama harus bernutrisi lengkap. Dari yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, sampai sayuran. Supaya tetap segar, makan juga makanan yang mengandung banyak air seperti timun, tomat, semangka, melon, bayam, dan sebagainya.

4. Siapkan sebotol air minum di samping tempat tidur. Kalau di malam hari kamu terbangun, gunakan kesempatan untuk minum. Tapi seringnya sih nggak terbangun ya, tidur nyenyak sampai sahur kan.

Jadi, minumlah dengan pola 2-4-2 seperti video penjelasan Mr AQUA di atas. Yaitu minum dua gelas saat berbuka puasa. Empat gelas berikutnya diminum sebelum, saat, dan setelah saat makan berat. Kemudian yang terakhir minum dua gelas saat sahur.

Seperti yang saya bilang tadi, manusia tetap butuh 8 gelas sehari meskipun saat sedang berpuasa. Pola 2-4-2 membantu kamu untuk tetap minum 8 gelas sehari.

Metode 2-4-2 ini disarankan para ahli, karena nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akan jadi bisa bekerja optimal. Hasilnya tubuh tidak akan kekurangan mineral. Mineral itu penting tapi tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. Makanya minum air dengan metode atau pola yang tepat jadi kuncinya.


5. Hindari berkeringat terlalu banyak di siang hari. Kenapa? Ya karena bikin haus dong ah. Cairan tubuh hilang lewat keringat deh.

6. Perhatikan warna urin.

“Mengetahui kecukupan minum kita di bulan puasa bisa dengan mencermati warna urin kita. Bila urin terlihat kuning cerah, maka kita telah cukup terhidrasi, namun bila urin terlihat kuning pekat maka kita telah mengalami dehidrasi. Bila dehidrasi, lebih baik segera minum dalam jumlah yang cukup,” tambah Health Marketing Director Danone AQUA, dr. Jack Pradono Handojo, MHA.

Masih malas minum air putih apalagi sedang puasa? Nggak dong ya! Pastikan kamu selalu terhidrasi dengan baik selama bulan puasa dengan #AQUA242!

*Tulisan ini disertakan dalam lomba menulis blog #AQUA242*


-ast-

Source:
Buzzfeed | All About Water
Sumber kutipan saat konferensi pers aqua: http://www.greeners.co/aksi/pola-minum-untuk-nutrisi-seimbang-di-bulan-puasa/
http://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150603141617-255-57346/jurus-242-agar-tak-kurang-minum-saat-berpuasa/
http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/06/ini-dia-menu-buka-puasa-sehat-yang-tak-bikin-gemuk
Foto dr Sri: http://gohitzz.com/categories/health-and-beauty/news/6226
Foto dr Jack: LinkedIn
BGM untuk video: https://www.youtube.com/channel/UC0npAaf7pdOrYuK1SknWepw
Icons by freepik.com dan dreamstime.com




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
17 comments on "Mr AQUA, Superheroku di Bulan Puasa"
  1. wah keren ada videonya juga, good luck ya mak creative

    ReplyDelete
  2. hahahaha..icha ekspresinya lucuuuu.... good luck ya

    ReplyDelete
  3. Kreatif banget videonya :) Semoga menang Mak ^^

    ReplyDelete
  4. "1. Jangan berbuka dengan minuman manis."
    Mendingan buka puasa sama Aqua & buah-buahan, sambil lihat yang manis manis, hehe ;)

    ReplyDelete
  5. *plok...plok...plok...* keren icha masih sempet2nya ikut lomba padahal lagi mudik. Kalo aku pas buka emang pasti minum teh manis anget, kayanya emang itu paling enak buat ngilangin haus. Eh... ternyata ngga bagus ya buat tubuh. Besok2 nyoba bukanya pake air putih aja deh ^___^ Good Luck Ibuu

    ReplyDelete
  6. ini klo mefet de el, kalo engga mefet bisa lebih kece badai nih mak, lain kali jangan mefet mefet biar lebih cetar lagi deh ekspresinya hehe

    ReplyDelete
  7. Wow mak. Postingannya kece bangeeeet ini mah. Full to the max. Keren ih mak videonya entu
    Good luck ya mbak lombanya, semoga kita yang menjadi pemenangnya :D

    ReplyDelete
  8. Ngakak liat ekspresi lemesnya. Hahaha. Good luck, mama Bebe :D

    ReplyDelete
  9. Ya ampuuuuuun, mak Ichaaaaa... SUPER DUPER KREATIF ini maaah!
    Kereeen to the max!

    ReplyDelete
  10. Kereeeen banget mba, sukses yaaa...

    ReplyDelete
  11. hehe jadi manyun ya kalo dehidrasi, good luck mak

    ReplyDelete
  12. Keren banget video dan ilustrasinya... sukses ya Mak... :)

    ReplyDelete
  13. Kok baru diposting pas bulan puasa mau kelar? Telat tau jadinya, huhuhu

    ReplyDelete
  14. Waaah idola bingiiits. Sukses buat lombanya ^^

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG