-->

Cara Posting Blog via Email

on
Monday, July 27, 2015

Dari timeline Facebook saya (yang mana temennya kebanyakan blogger) salah satu masalah yang paling umum ditemui adalah blogging on the go. Alias posting tapi lagi nggak di depan laptop/PC.

Alasannya banyak. Laptop error, nggak sempet buka laptop, bla bla bla. Biasanya yang ditanyakan adalah: adakah aplikasi khusus di ponsel untuk blogging?

Jawabannya banyak. Saya sendiri punya aplikasi BlogTouch dan Blogger di hp saya. Keduanya sebenernya cukup sekali. Text editor BlogTouch bahkan hampir menyamai posting di dashboard blogspot, bisa bold italic underline, bisa highlight, bisa edit foto, bisa sesuaikan ukuran foto, dll. Tapi sebenernya ada cara termudah. Cara yang selalu saya pakai selama ini.

Yaituuuu ... posting via email.

Udah tau? Ya udah nggak usah terusin bacalah kalau gitu. Close tab aja closeeee. lol

Belum tau? Yuk lanjut.

Posting via email ini menurut saya yang paling gampang. Kita tinggal nulis di notes, insert foto, kirim email, seketika deh terposting. Subject email akan jadi judul. Simpel banget kan.



Tapi, kirim ke email mana?

Ini yang harus kita setting.

Blogspot

 

Masuk Setting - Mobile and Email. Bagian yang saya tutup dengan emoji kutekan itu adalah "password"-nya. Jadi tinggal di-setting aja password-nya apa? Kemudian tinggal kirim deh ke alamat email itu. Misal password-nya 12345 emailnya akan jadi jgwithast.12345@blogger.com

GAMPANG KAANNNN!

Wordpress


Di Dashboard, Klik My Blogs kemudian klik Enable di opsi Post via Email. Nanti akan muncul satu alamat email unik. Nah tinggal kirim deh ke email itu untuk posting.

Meskipun gampang tapi tetep ada kekurangannya. Misalnya foto nggak bisa dikasih caption. Dan kalau ada salah nulis, editnya tetep harus buka dashboard. Nah inilah fungsi aplikasi. Saya biasanya posting dulu via email, baru dibaca ulang. Kalau ada yang salah ketik atau ingin edit, baru edit di aplikasi.

Aplikasinya yang gratisan bisa pakai Blogger (available di Android dan iOS). Kalau mau yang keren dan powerful banget dengan fitur sekeren dashboard Blogger di PC, bisa pakai BlogTouch Pro. Seperti biasa hanya available di iOS dengan harga USD 4.99. :D

Have a nice monday!

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
18 comments on "Cara Posting Blog via Email"
  1. Wow nice sharing mba. Mau coba ah :) Thanks ya...

    ReplyDelete
  2. Kmarin pas ngga bisa pake laptop gegara tombol enternya rusak, terpaksa deh pake aplikasi blogger dari hp. Ngga puas soalnya ngga lengkap kaya dashboard di PC, yo wes bolak balik buka dashboard pake browser. Demi sebuah postingan yg rapih. Baru tau bisa pake email.. sip lah nnt dicobain.

    ReplyDelete
  3. Wow useful info buat saya yg gaptek,hehe. Thanks ^^

    ReplyDelete
  4. aku dulu pake email, tapi pas ada aplikasi blogspot, pakenya blogspot.

    eh ternyata di ios ada blogtouch ya, mau coba ah.

    ReplyDelete
  5. Penutupnya annoying banget sik, cuma available di iOs :'D

    ReplyDelete
  6. belum pernah nyobain nih via email, via hp hurufnya kecil keciiiiill.... :)

    ReplyDelete
  7. Biasanya sih pake aplikasi wordpress yg available di gadget.
    So far lebih enak pake aplikasi ketimbang email. Hehehe.. :D

    ReplyDelete
  8. Aq juga sering posting pake email, gampang n ringkas :D

    ReplyDelete
  9. kalo dotcom kemanaaaah :D eikeh gaptek niiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantuungg. pakenya wordpress atau blogspot atau apa? kalau pake hosting sendiri aku nggak tahu hahahahha

      Delete
  10. Makasih ilmuya Mak, mau coba ah :)

    ReplyDelete
  11. Wah ternyata bisa ya Mak kaya gini, lumayan kalau pengen posting immediately di jalan gitu :D

    ReplyDelete
  12. Wahh baru tau ada cara kaya gini..

    Nuhun teh :) infonya bermanfaat banget.. ^^

    ReplyDelete
  13. kalo upload foto gimana sis via email

    ReplyDelete
  14. Eh, aku kok baru tahu cara beginian yaakk.. XD
    Boljug nih.. Thanks yaaa

    ReplyDelete
  15. waaah...infonya membantu banget mak. ini yg gue cari..soalnya sering bingung mau update blog dari hp. thanks ya mak..

    ReplyDelete
  16. Kebetulan lagi nyari-nyari info kek beginian. Penasaran gimana caranya penulis lain bisa produktif. Walau tau kalau mereka nulis juga pas mobile tapi nggak tau 'alat tempur'-nya apa. Secara aku juga gaptek tentang ini. Nyari-nyari semacam notes atau apalah yang bisa di-draft tapi sudah tertata rapi, trus dihubungkan ke internet trus laptop tinggal diperbaiki lagi. Tapi kok nggak nemu. Nggak ada notes yang paragrafnya sudah tertata dan bisa dihubungkan ke internet. Mau numpang nulis di notes FB juga ga teratur susunannya. Jadi bingung dan tetap setiap cuma pakai laptop.
    Artikel ini cukup banyak membantu.

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)