-->

Kenalan Yuk dengan Jenis-jenis Car Seat

on
Wednesday, September 30, 2015
Jenis-jenis car seat itu biasa bikin bingung untuk ibu yang baru pertama kali punya anak dan sering pergi-pergian, sebetulnya car seat perlu atau tidak?

tipe-car-seat-untuk-bayi

Baca sampai selesai ya, selain menjelaskan tipe, saya juga akan kasih rekomendasi carseat bayi yang bagus dan nggak menguras kantong lol *penting ngets*.

Jadi car seat ini hal paling utama untuk Bebe karena dia pergi dan pulang sekolah sama JG berdua doang ya kan. Ya masa mau disuruh duduk di kursi, bisa-bisa kabur dia.

Waktu bayi, Bebe pakai car seat Joie Juva. Pertimbangannya karena car seat ini 0+ (bisa dari newborn) sampai berat anak 13 kg. Kenyataannya?

Kenyataannya itu sangat mungkin bisa dipakai sampai anak beratnya 13 kg .... kalau anaknya kalem duh. Bebe baru 9.5 kg tapi nggak kalem sama sekali jadi sebulan terakhir dia udah ngerasa nggak nyaman banget duduk di carseatnya dan selalu berusaha meloloskan diri.

(Baca: Bebe Ingin Car Seat Baru)

Emang sih car seatnya terlihat "penuh" dan dia udah nggak nyaman harus di posisi setengah tidur gitu. Dia maunya duduk. Alhamdulillah rezeki cucu pertama anak soleh, minggu lalu dibeliin car seat idaman sama ayah saya. Masih dari Joie juga, jenisnya Joie Tilt. Kenapa Joie? Karena jarang yang pake wtf masih affordable tapi bahannya udah bagus banget, nggak cheap looking, busanya pun bagus, nggak tipis-tipis gitu. :D

Joie Tilt ini agak susah dicari ya. Di Mothercare TSM Bandung habis dan entah ada stocknya lagi kapan. Ada di Lotte Shopping Avenue tapi harganya Rp 1,8juta. Di online shop Instagram ada yang jual tapi duh berat di ongkir. Akhirnya nemu di toko bayi favorit ibu-ibu se-Bandung Lavie Baby Shop bahahahahaha Dengan harga normal di Rp 1,525,000,-.

Daaannn, duduk di Joie Tilt ini Bebe berubah jadi anak kalem. *MANGAP* *ANAK GUE BISA KALEM*

Entahlah dia excited sekali punya car seat baru sampai mau aja loh duduk tenang di car seatnya. Padahal di car seat yang lama selalu rewel pasti minta gendong sama saya. Ini mah tau-tau bobo ajah. Emaknya dicuekin.

Saya: "HUHUHUHUHU BEBE LUPA SAMA AKU HUHUHUHU"

JG: "Berisik ah kamu main henpon aja sana, biasanya ngeluh pegel gendong Bebe pengen main henpon"

OHIYA BENER JUGA. -_____-

Okaayyy. Jadi kenapa Bebe harus punya car seat baru? Karena ada 3 jenis car seat di dunia perbayian ini. Kalau nggak cocok, bisa berisiko anak rewel karena car seatnya nggak enakeun. Nggak nyaman. Rewel lah dia.

Ini dia jenis-jenis car seat bayi:

Infant car seat

infant-car-set

Ini car seat khusus buat bayi. Kodenya biasanya 0+. Artinya bisa digunakan mulai usia 0 sampai 13 kg. Perhitungan saya sih 13 kg bisa sampai usia dua tahun ya tapi ternyata nggak. Karena posisinya yang setengah tidur, anak yang udah lewat setahun jadi nggak nyaman. Kakinya juga mentok ke kursi. Karena apa? Karena infant car seat ini harus rear-facing alias balik ke belakang. Bukan ngebalik ke depan. Iya jadi mundur.

JG: "Bebe jagoan yah ... jalan mundur aja nyampe ke daycare"

wtf

Convertible car seat

convertible-car-seat

Ini car seat serba guna. Kodenya 0+/1 alias bisa dipakai dari bayi tapi juga bisa terus dipakai sampai anaknya gede. Tapi meskipun bisa dipakai sampai gede, kalau anaknya belum 9 kg, BELUM BOLEH LIHAT KE DEPAN. 

Iya jadi meskipun pakai convertible car seat, anak di bawah 9 kilogram harus tetep rear-facing alias lihat ke belakang. Nanti kalau udah lewat 9 kg, baru posisikan car seat dengan front-facing alias lihat ke depan.

Car seat convertible ini bisa digunakan sampai bayi beratnya 20 kg. TAPI BAYI MANA DEH YANG BERAT BANGET SAMPAI 20 KG? Iya maksudnya sampai anak beratnya 20 kg. Jadi bisa sampai anak berusia 4 tahunan.

Booster seat

booster-car-seat

Suka lihat carseat tapi bentuknya kaya ganjelan dan senderan duduk aja bukan kaya car seat normal? Nah ini namanya booster seat. Bisa digunakan untuk anak usia 4 tahun ke atas atau minimal sudah 20 kilogram. 

Apa sih pentingnya car seat?

Untuk keamananlah jelas. Sama seperti sabuk pengaman. Kalau amit-amit sampai terjadi sesuatu, dia akan terjaga aman di kursinya, nggak kelempar ke sana kemari. T_____T

Di Indonesia emang belum ada aturannya ya, tapi kalau di Amerika, anak harus duduk di car seat sampai usianya 7 tahun. Di Korea kalau lihat di variety show sih mereka aware banget ya kalau anak sampai 5 tahun harus duduk di car seat. 

Buat emaknya sendiri, enak banget sih bayi di carseat. Tangan bebas banget. Bisa main hp atau minum tanpa ada kemungkinan direbut sama anak bayi. Cuma ya itu, drama deh aku merasa ditinggalkan hahahaha

Jadi beli yang mana?

Menurut saya mending langsung beli yang convertible sih. Harganya beda dikit banget sama yang infant tapi bisa kepake lebih lama. Saya sendiri beli yang infant dulu karena terlalu mudah percaya sama tulisannya yang katanya bisa sampai 13 kg. Ternyata belum 10 kg aja udah minta upgrade. Jadi buat yang lagi hamil atau punya bayi, mending langsung beli yang convertible.

Udah sih gitu aja rekomendasi carseat bayi dari saya. Selamat jalan-jalan! :D

Sumber foto:
Joie UK | Joie Japan | Britax | Combi

Follow Instagram saya yuk! Banyak cerita seru yang saya share di sana! Klik @annisast!

***




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
17 comments on "Kenalan Yuk dengan Jenis-jenis Car Seat"
  1. Hi kak,
    selalu suka sama postingan" kak Icha,
    sekarang belum kepikiran sih beli car seat karna masih asyik gendong kemana-mana naik motor hehe

    btw typo tuh kak ^_^v

    "bertanya 20 kg" maksudnya berat kali ya

    ReplyDelete
  2. aku malah tertarik nya ke "HUHUHUHUHU BEBE LUPA SAMA AKU HUHUHUHU"

    anak ngintil, ngeluh, rempong ya mak suruh sama ayahnya aja
    tapi giliran anak cuek, eeh kita nya drama

    problem banget wakakakakakakakak

    ReplyDelete
  3. asik asiikk.. jadi pertimbangan niiih

    ReplyDelete
  4. Mbak annisa, posisi pake car seat nya lihat ke belakang???? Supaya apa ya???hehe.

    Btw car seatnya lucu lucu ya. Kalau adek saya, mana mau pake kayak gini... -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di bawah 9 kg emang aturannya gitu. lebih aman kali ya..

      Delete
  5. selalu tersenyum kalo baca postinganmu mak. makasih ya infonya

    ReplyDelete
  6. Eh, ada lagi bukannnya, ya? Yang kursinya cuma ada dudukannya doang, senderannya nggak ada. Nah, ini yang aku sering liat dipake untuk anak2 usia 4 tahunan. Jadi senderannya ngikut jok mobil, dudukannya aja yang dibeli. Si anak tetep bisa "tinggi" alias bisa ngeliat keluar jendela. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaakkk itu booster juga namanya. tapi merek2 tertentu banyak yang nggak punya jenis itu. ini yang paling umum ajah. hehehe

      Delete
  7. mak ichaaaa...
    kan bebe sering naik mobil berduaan sama bapaknya ya jadi buth stroller.
    Nah, idealnya bayi ditaro di jok belakang, menghadap ke belakang. Kalau lagi di mobil beduaan, posisinya jg bgitu? Kl bebe rewel gmn? Atau bebe ditaro di kursi depan tapi dhadepin tetep ke belakang?

    Aku lagi timbang2 jg nih beli car seat. Jual seken gak mak? Bahahahaaha :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. engga. bebe di depan tapi madep belakang hahaha ini boleh asal mobilnya ga pake airbag. kalau ada airbag, wajib di belakang..

      Delete
  8. wah thanks ya udah ngulas ini, lagi perlu car seat buat kado ponakan.
    Salam kenal :)

    ReplyDelete
  9. ouhh,,gitu ya. daridulu mau beli carseat maju-mundur cantik-cantik.. dan sekarang udah 2tahuun ya udin duduk bareng emaknya..
    Siap dipertimbangkan lagi untuk adek yg baru 7 bulan nih, tapi klo buat mobil jenis sedan gitu bisa ya ? #udik

    ReplyDelete
  10. Eh berarti yang covertible bisa rear facing? Asik lahhh.

    Etapi kan aku gak punya mobil. -_____-

    ReplyDelete
  11. Lagi cari carseat. Yang murah2 tapi bagus merk apaaaa chaaa #tipeemak2banget

    ReplyDelete
  12. Aloo kak... Saya punya car seat untuk berat 0-13 kg... Yg saya tanyakan apakah baby saya bisa pke nya ya? Secara modelnya kayak duduk gt... Dan apakah ga napa2 terhadap tulang belakangnya... Mohon pencerahannya kak

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG