-->

Tips Memilih Daycare

on
Wednesday, September 16, 2015
Ini tips memilih daycare untuk anak dari ibu bekerja.


Nggak kerasa si Bebe udah setahun lebih di daycare. Banyak sekali pengalaman saya bersama daycare ini untuk catatan selanjutnya kalau Bebe mau pindah daycare. Karena rencananya kalau udah usia PAUD, mau nyari playgroup yang ada daycare-nya.

Kalau yang sekarang kan full daycare, cuma ada guru PAUD yang datang setiap pagi sampai siang. Tapi belajarnya bukan berupa kelas khusus berdasarkan usia, belajar sama-sama aja. Kalau nanti maunya playgroup beneran gitu biar belajar sama anak-anak seumurannya. *obsessive*

Udah dapet sih calon playgroupnya, lokasi udah cocok, biaya udah cocok, bangunan udah cocok, mbaknya tampak bersih dan pintar *penting lol*, jumlah mbak pun sudah cocok. Selanjutnya apa lagi yang perlu didiskusikan? Ada beberapa sih yang menurut saya krusial.

(Baca: Pros & Cons Menitipkan Anak di Daycare)


Karena daycare kan kaya sekolah ya, pake uang pangkal segala. Jadi jangan sampai nyesel, udah bayar bulanan dan uang pangkal taunya nggak cocok sama prinsip kita dalam membesarkan anak.

Ini tips memilih daycare:

Kondisi dan tata letak bangunan

Buat saya ini penting karena saya anaknya visual jadi suka rada pengen mundur kalau rumahnya udah jelek atau bangunan tua gitu huhu. Maunya sih sebisa mungkin rumah baru ya, dengan kamar yang luas dan kena matahari. Terus apakah full AC atau hanya ruangan tertentu?

Apakah kamar mandinya bersih dan luas? Apakah jarak kamar mandi ke kamar jauh? Apakah dapur bisa diakses anak? Ada tangga? Perhatikan juga apakah rumahnya child-proof? Pojokan dinding dipakein busa nggak? Colokan di dinding dipakein penutup nggak?

Rasio caregiver dan anak

Idealnya sih 2 bayi satu mbak atau 3 toddler satu mbak ya. Lebih dari itu aku nggak mau sih soalnya pasti nggak kepegang banget. Terus pastiin juga apakah satu mbak akan pegang satu anak terus atau ganti-gantian. Tergantung preferensi sih lebih suka yang mana. :)

Jadwal harian

Anak akan menghabiskan setengah harinya di daycare jadi jadwal ini penting banget menurut saya sih. Ada kegiatan apa aja? Apakah setelah makan akan ganti baju? Di daycare Bebe yang sekarang, selesai makan siang semua bersih-bersih dan digantikan baju untuk kemudian tidur siang dengan baju baru ganti.

Terus adakah outdoor activities? Ya kan kasihan kalau di dalem ruangan terus mah yah. Adakah outing ke taman misalnya? Atau berenang?

Mandi

Ada loh daycare yang maunya pagi-pagi itu anak udah mandi dari rumah. Jadi pagi harus mandiin anak dulu. Saya sih prefer yang mau mandiin. Bukannya males mandiin Bebe, toh sekarang kalau pergi agak santai pun kadang Bebe mandi dulu di rumah. Tapi enaknya mandi di daycare itu, kalau anaknya ngantuk banget, nggak perlu dibangunkan. Tinggal angkut aja langsung, lanjut tidur di mobil.

Dan tanya juga anak mandi sendiri atau bareng anak lain. Saya ogah banget anak mandi bareng plis. T________T

Tidur

Cek kamar dan kebersihan kamar. Sprei diganti berapa minggu sekali? Apakah tiap anak akan dapat kasur sendiri atau bergantian dengan anak lain?

Saya sendiri maunya Bebe tidur di kasur sendiri dan tidak bergantian dengan anak lain. Paling enak sih kamar anak laki-laki dan perempuan dipisah kaya daycare Bebe sekarang. Idealnya banget ya ituuuu.

Makan berapa kali

Berapa kali anak makan dalam sehari? Dua kali atau tiga kali? Kalau tanpa makan sore, berarti sampai rumah anak harus makan malem kan. Si Bebe di daycare sekarang sarapan (menu selain nasi macam oatmeal, mashed potato, dkk), makan siang makan berat dong tentunya soalnya jadi bayi kan capek lol, dan makan sore makan berat juga. Di sela-selanya snack buah dua kali sehari. Di sela-selanya makan biskuit dan minum susu UHT *gembrooott* HAHAHAHAHA

Kalau yang masih ASI, bisa ditanya, apakah para nanny mengerti soal ASIP? Maukah mereka pakai sendok atau soft cup feeder untuk ngasih ASIP-nya? Ada daycare yang nggak mau loh dengan alasan ribet. Jadi make sure hal-hal ini harus ditanya.

(Baca: Serunya Jalan-jalan ke Pabrik Susu Ultra)

MAKANNYA APA? SIAPA YANG MASAK?

Ini penting banget nih sampai harus capslock banget hahahahaha Apa yang dimakan? Apakah di bawah satu tahun no gula garam? Apakah semua bahan alami tanpa MSG? Siapa yang masak? Apakah yang masak ngerti soal masak untuk bayi dan balita? Bisakah request menu?

Jam tutup daycare

Ini penting karena daycare biasanya memberlakukan biaya overtime per menit lol *bangkrut* Nggak deng nggak per menit banget, per 15 menit itu 15ribu kalau di daycare Bebe. Makanya make sure jam tutup daycare sesuai dengan jam pulang kantor. Kecuali kalau macet banget karena ada konser di Senayan duh. Gimana lagi, rumah-kantor-daycare deket Senayan semua. *problematika* *pindah rumah* *atau pindahin GBK-nya* =______=

CCTV

Apakah ada di seluruh ruangan? Apa bisa diakses orangtua? Karena ada loh daycare yang punya CCTV tapi nggak bisa diakses orangtua.

Kondisi darurat

Amit-amit ya semoga anak-anak aman-aman aja. Tapi kalau misalnya ada insiden yang memang harus dibawa ke rumah sakit gimana? Siapa yang akan mengantar? Rumah sakit mana yang dituju? Siapa yang akan menghubungi orangtua? Apakah orangtua dihubungi dulu atau anak dibawa ke rumah sakit dulu?

Gimana kalau anak demam. Maukah nggak keukeuh ngasih obat karena ya anak kecil mah demam sehari asal masih di bawah 39 derajat kan sebenernya nggak perlu obat. Maukah telaten ngasih minum tiap setengah jam? *jadi mellow mikirin kalau Bebe sakit* T_____T

Toilet training

HAYO MAU NGGAAKKK? Soalnya kan suram kalau di rumah lagi toilet training terus di daycare bubar jalan. Ibu-ibu di daycare Bebe ada yang khusus bekelin mbaknya timer biar nggak lupa setengah jam sekali dibawa ke toilet. So far pada lulus sih toilet training berkat bantuan tak terhingga dari para mbak. *standing applause*

(Baca artikel Tentang Daycare lainnya di sini!)

Report harian

Apakah ada report harian? Di daycare Bebe ada report menu makan, habis atau nggaknya, kalau nggak habis berapa suapnya juga ditulis. Dan catatan kegiatan hari itu. Ya catatan kegiatan macam naik perosotan sendiri, minta dibacakan buku, main puzzle, dkk. Pup juga kegiatan lohhh jadi pup juga ditulis HAHAHAHAHA

Punishment

Kalau anak berbuat salah, apakah ada hukuman? Apakah pakai sistem time out? Kalau anak menangis bagaimana cara menenangkannya? Ini harus cocok banget sama prinsip kita di rumah ya buibu, karena banyak yang di rumah anaknya nggak pernah dibentak (sungguh ibu idaman) sementara di daycare pake sistem time out dan sebagainya. Jadi ya harus ditanya banget sih yang ini.

Anak sakit

Apakah anak sakit yang tidak terlalu parah boleh masuk? Di daycare Bebe boleh sih. Risikonya ya ituuu, batuk pilek lumayan sering. Bebe batuk jarang tapi pilek sih si Bebe mah karena dia alergi juga jadi ada pemicu dikit langsung meler. Nah terus mbaknya juga. Mbak batuk harus pakai masker seharian! Ini penting untuk ditanya karena repot kan kalau anak sakit karena ketularan anak lain terus. :D

Apakah ada kamar isolasi untuk anak sakit?

Lain-lain

Tanyakan jadwal dokter gigi, dokter anak, psikolog, pijit bayi (kalau ada). Apakah orang tua boleh ikut konsultasi bersama mereka?

Dan yang terakhir:

Komunikasi adalah segalanya

Karena yaaa biar nggak miskomunikasi. Tarohannya anak soalnya duh. Misal mau jemput telat, ya ngabarin dong. Misal anak ada alergi tertentu, ya kasihtahu dong. Ada prinsip-prinsip tertentu, ya komunikasikan juga. Harus terbuka soalnya beda dengan baby sitter di rumah, di daycare itu kita bergantung sama sistem, bukan sama baby sitter seorang.

Nanny aja ada berapa, terus ada supervisor, ada guru, ada owner, ada yang masak, ada mbak cleaning service, ada mas pesuruh. Harus baik sama semua karena setiap hari anak kita ketemu sama mereka. :D

OKAYYY! Semoga bermanfaaat! :D

-ast-

Bebe di daycare mana? Di Tweede Daycare Benhil. Klik untuk baca reviewnya.
 Yang mau nanya-nanya boleh ke Instagram aku ya @annisast. Follow dulu tapi hahaha. Nggak deng, DM langsung aja bisa kok. Thank you!




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
16 comments on "Tips Memilih Daycare"
  1. Kalo di daycare itu satu anak satu nanny apa gimana? Aku masih mikir-mikir karena belom nemu daycare yg deket dan si mbak pun masih aman-aman aja. Cuma kalo ngeliat kegiatan kayaknya lebih asyik di daycare ya. Nah cuma anakku tuh perlu waktu adaptasinya, kira-kira trial smbil dtemenin kita bsa gak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh kookk. banyak yang trial ditemenin, tapi saran aku sih mending ga ditemenin hehehe sekalinya ditemenin dia bingung kenapa besoknya ditinggal.dan besoknya akan drama nangis2 nyari ibunya :D kegiatan lebih asyik di daycare karena dia berinteraksi dengan teman sebaya, bukan sama orang dewasa :D

      Delete
  2. Boleh nambahin satu lagi?
    Menangani anak sakit.
    Apakah anak sakit (tentu saja yg gak parah sakitnya) boleh masuk daycare? Apakah anak-anak yang sedang sakit kegiatan hariannya dipisah? Apakah pengasuh yang sedang sakit (batuk/pilek) tetap bekerja? Pakai masker gak?
    Penting didiskusikan, anakku udah 2x sakit agak berat karena ketularan dari teman daycarenya.

    ReplyDelete
  3. Aku dapat info tentang Daycare dari website mbak Icha :) seneng baca blognya mbak Icha,
    baru kali ini sih komen haha ^_^v

    Akhir bulan kemarin baby ku baru masuk Daycare mbak, butuh sekitar 2 minggu dia adaptasi disana,
    sekarang uda "oke" kata bundanya :D bisa berinteraksi dengan baik sama kakak" disana, iya babyku sekarang 6 bulan :D , ada temennya disana usia 8 bulan jadi seneng deh :D

    Thank you ya mbak buat info" yang di share di blog nya :)

    Have a nice day :)

    ReplyDelete
  4. Disimak aja dulu tipsnya karena belon ada yang dimasukin ke Day Care :)

    ReplyDelete
  5. Lengkap juga ya kalau di daycare gini. Lumayan ngerasa aman kalau punya anak ninggalinnya

    ReplyDelete
  6. Tos mak, karena saya barusan masukin anak ke playgroup. Sejauh ini sudah lulus untuk salim dan bilang dada-dada..... lengkap dan emang wajib untuk ditanyakan mak ,,

    ReplyDelete
  7. Huhuhu jadi inget hari pertama nitipin anak di daycare, dia nangis sesenggukan dijendela sambil manggil-manggil ayah..ayah..
    Aku dan suami berangkat cuma bengong aja, pikiran berkecamuk... *alahh...
    tapi alhamdulillah sekarang udah bisa beradaptasi dengan baik, good job kakak! :)

    ReplyDelete
  8. Di daerah rumahku belom rame daycare. Ada daycare yang paling bagus aja masih banyak raport merahnya. -___-

    ReplyDelete
  9. Pas banget mbak Icha..
    Besok baby ku hari pertama masuk daycare
    kalo masuk daycare dari bayi.. lebih gampang adaptasi nya kan ya
    Makasih infonya..

    ReplyDelete
  10. Mbaa.. sebenernya baiknya 1 mbak 1 anak atau bagaimana yaa? Saya ibu baru yang bulan depan mungkin harus mulai trial (umur anak 1 thn) tapi di Palembang ini pilihan ga sebanyak di jakarta atau bandung..
    Thanks sebelumnya ya Mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, 1 mbak jangan lebih dari 3 anak yaaa. kalau bisa sih 2 anak aja. :)

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. halo mbak salam kenal, seneng bgt baca blognya....informatif sekali....oiya sekarang saya lagi cari daycare buat babyku yang baru 3 bln, boleh tau kmrn anaknya masuk daycare dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, boleh email atau dm aku di Instagram ya. thank you.

      Delete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG