-->

Review Skin Care Erha Clinic

on
Tuesday, September 1, 2015
[SPONSORED POST]

Kalau mau tanya-tanya bisa follow saya di Instagram @annisast ya. :)


Baca posting sebelumnya:

Iya nihhh, udah sebulan lewat setelah pertama kali pake skin care-nya Erha Clinic, jadi pengen share lagi dan review skin care Erha, gimana hasilnyaaaaa?

Well, saya nggak punya foto before-after sih. Tapi intinya kondisi awal kulit saya adalah tanpa jerawat sama sekali. Satu-satunya keluhan adalah kering sekering gurun. Harus pakai pelembab banyak-banyak karena kalau ga pake, siang di kantor kulit saya akan pecah.

KRAK.

*sound effect*


...

SKIP



Nah, kabar baiknya, setelah pakai Erha selama sebulan terakhir ini, kulit saya nggak kering lagi! Well, tapi step-nya memang banyak sih, alias memang banyak jenis pelembab yang dipakenya.

Waktu kunjungan pertama kali ke dokter Prawindra Irawan itu salahnya memang saya konsultasi di Bandung sih. Di Bandung kondisi kulit saya biasanya lebih baik daripada di Jakarta. Mungkin karena dingin kali ya, jadi lebih supple gitu. Makanya dokternya hanya meresepkan pelembab dengan level kelembaban segitu doang. Nggak tahu dia kalau di Jakarta kulit saya sekering apa. Saya juga dengan oncomnya nggak bilang. *oncom*

Jadilah pas dipake di Jakarta, pelembab itu tetep kurang moist dan kulit saya tetep pecah. HIKSSSS. Saya pakai ini nih selama sekitar 2 minggu: Erha 1 Facial Wash, Erha 4 (pelembab), Erha 7 (sunblock). Terus kalau malem pake CC5 (krim malem).

Sampai kemudian saya ke Erha lagi untuk facial. Curhatlah saya sama terapisnya. Saya cerita soal kulit saya yang kering banget (yang diakui juga sama dia). Terus saya perlihatkan pelembab yang saya pake. Mbaknya kaget.

Karena menurut si mbak terapis, pelembab ini harusnya udah nampol banget. DUH. Berarti emang kulit saya yang kering banget kaannnn. Mana saat pertama pakai itu, 2 minggu pertama kulit wajah megar terkelupas. Megar dan terkelupasnya sih nggak apa-apa, tapi keringnya lebay. Saya rasanya sampai pengen nyelup ke air terus. -_____-

Mbak terapis itu akhirnya menyarankan untuk beli moisturizer tambahan di Erha Apothecary.

Apa itu Erha Apothecary?



Erha Apothecary adalah tempat di mana kita bisa membeli berbagai produk perawatan dari Erha tanpa berkonsultasi langsung dengan dokter. Nama produknya adalah Over The Counter (OTC). Produk OTC Erha ini beragam sekali dari Face Radiance (untuk wajah yang cerah bersinar), Acne Care (perawatan jerawat), Cosmetic Essential (make up), Body Revive (perawatan tubuh), Scalp & Hair Nutrive (perawatan rambut dan kulit kepala), Baby Cuddly (produk perawatan bayi), Mature Restore (perawatan untuk orang tua), dan Erha Nutraceuticals (suplemen).

Sebelum memutuskan ke Apothecary, saya sendiri browsing dulu, kira-kira mau beli apa ya di sana?

Sampai suatu hari saya makan malam di Senayan City dan sekalianlah mampir ke Erha. Sayang, karena sudah malam sekali jadi lupa foto-foto. Tapi di mana-mana Erha Apothecary sama kok interiornya. Ini saya foto di Erha Clinic Bandung.



Di sana saya konsultasi lagi sama mbak penjaganya. Mbak di sini helpful banget dan product knowledge-nya bagus, jadi dia bisa merekomendasikan beberapa produk untuk kulit saya.

Saya juga bawa pelembab saya yang kurang nampol ituh. Mbaknya kaget juga "harusnya pake ini juga udah nggak kering sih bu" Gitu masa katanya. Kulit gue whyyyy? Padahal minum banyak loh. Turunan kali yah soalnya ibu saya juga kulitnya kering banget.

Akhirnya saya beli Erha C serum, Essential Moisturizer, dan Eternalips dengan total harga 360 ribu! Terjangkau banget kan. Ini urutan regime-nya.



Untuk yang dari dokter karena bergantung hasil konsultasi, saya nggak bisa saranin apa-apa. Jadi saya review lengkap yang dari Apothecary aja ya.

Erha C Serum

review serum erha

Dipakai setelah cuci muka. Teksturnya cair tapi nggak cair banget, masih agak lengket lah.

Pros:
+ Kulit wajah jadi super moist! Saya mikirnya justru serum ini yang berpengaruh banyak sama kecerahan dan kekinclongan kulit saya sekarang. :D
+ Pelembab jadi lebih terserap dan lebih stay. Sebelum pakai ini, pelembab rasanya cuma nempel di atas kulit doang.
+ Awet banget, a little goes a long way. Dua kali pump udah bisa seluruh wajah plus leher depan belakang.
+ Botolnya pump jadi nggak gampang tumpah,

Cons:
- Baunya nggak enak banget. :( Kaya bau obat?

Essential Moisturizer



Ini yang disarankan mbak-mbak Apothecary waktu saya curhat kulit kering. Saya mah iya-iya aja, ya percayalaaahh. Ternyata kece beneran.

Sebulan setelah pakai, saya iseng coba nggak pakai pelembab yang dari dokter, jadi pakai moisturizer yang beli di Apothecary aja, normaaall. Nggak kering lagi meskipun nggak pakai pelembab yang dari dokter. Horeee!

Jadi intinya jangan takut ketergantungan. Alhamdulillah saya sih cocok pakai produk Erha baik yang dari dokter maupun yang Apothecary.

Pros:
+ Moisturizing well. Apalagi kalau sebelumnya pakai serum dulu.
+ Irit juga. Pump sekali bisa seluruh muka dan leher depan belakang.
+ Pump bottle, praktis.
+ Nggak ada bau/wanginya.

Cons:
- Nggak ada. :)

Eternalips

review skin care erha

Untuk Eternalips sendiri ini saya sukaaaaa. Dia semacam petroleum jelly gitu yang melembabkan bibir. Jadi pas habis facial, mbak terapis mengoleskan sesuatu ke bibir saya. LOH KOK ENAK YA?

Langsung saya tanya itu apa? Dijual bebas nggak?

Itu ternyata adalah Eternalips dan dijual bebas di Apothecary dengan harga 90ribuan. Enaakk banget bibir jadi lembut. Waktu pertama kali ke Apothecary, ini yang langsung saya beli.

Minusnya? Nggak ada. Hahahaha. Beneran enak banget. Kaya petroleum jelly dengan versi higienis karena nggak perlu dicolek-colek pake jari kan. :D

Ini tekstur ketiganya:



*

Dan yaaaaa setelah setiap hari pake regime ini, kulit saya akhirnya nggak kering lagi wuhuuuu. Malah terlihat lebih cerah. Ini saya agak nggak sadar sih awalnya tapi pas dilihat-lihat kok alis gue menghitam ya?

OH BUKAN ALISNYA YANG MENGHITAM. Tapi wajahnya yang jadi cerah! Yay! Malah saya sekarang udah nggak selalu gambar alis lagi loh karena alisnya sekarang jadi terlihat. Sebelumnya nggak kelihatan, alis saya tipis dan kecoklatan, mepet warnanya sama warna kulit jadi kaya yang botak.

Senang! :D

Itu review skin care Erha dari pengalaman saya. Semoga berguna ya!

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
87 comments on "Review Skin Care Erha Clinic"
  1. aku mupeng yg eternalips. Itu langsung beli aja di erha, atau kudu konsultasi dokter dulu mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa beli langsung di apothecary koookkk :D

      Delete
    2. Di Erha yg lain jg ADA kayak Erha clinic sama Erha skin

      Delete
    3. Kak mw tanya dong,aku udh mau 3 mnggu oake erha,sbelumnya kulit gk kenapa2 cuma kusam aja,dan skrh di minggu kedua smpe mnggu ketiga kulit jd belang apalagi bagian dagu kaya mw ngelupas tp kalo dipegang sh aman2 aja cuma kalo ngaca rasanya kayaa apaan gt mukanya sereeem. Apa itu prosesnya kali ya?kira2 berlangsung berapa lama y?

      Delete
  2. Di Surabaya ada gak sih?
    Klo krim malamnya gmn?
    aku biasanya cuma pake krim mlm, soalnya klo pke apa2 pas siang tkt dijilatin anakku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surabaya ada, coba ke kombes. Atau di jemursari juga ada ;)

      Delete
    2. Disurabaya udh ADA yg dimall jg,kayak ciputra,supermall,grand city

      Delete
    3. Di bali blm ada klinik erha ya?

      Delete
  3. jadi mupeng. pengin coba. kebetulan kulit wajahku kering kerontang. termasuk bibir juga, terutama saat hamil begini. eh, buat bumil aman nggak sih produk2nya? beruntung di lippo karawaci sudah ada apothecary erha.

    ReplyDelete
  4. ini aman gak ya Cha buat bumil? hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  5. samaaa bgt kulitnyaa kering.. sebel kalo kering tuh suka pecaah.. pediih..
    jd pengen nyobain serumnyaa deh.. tar coba ah kalo ke mall mampir ke erha.. thanks reviewnya chaa ��

    ReplyDelete
  6. Yeeaayy.. aku ke erha kalau gaji udah 2x lipat dari UMR. Hahaa.. sekarang masih belum. Jadi belum berani ke Erha nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak mahal amat kok harganya..,kecuali klo ADA tindakan lebih lanjut..tp harganya gak mahal banget kok..

      Delete
    2. Wkwk sama bgt sih kak ya allah..
      Pengen ke erha tp belom kesampaian .
      Because low budget 😂
      Sedihyahj

      Delete
    3. Masih mahalan bioderma koq kak, di erha harganya masih wajar, klo emang kulitnya gak parah ya gak pake konsul dokter sih gpp,beli aja yg tanpa resep dokter, apotekernya udah pengalaman juga

      Delete
  7. Yea selamat mba :)
    Btw bikin kulit kaya kepiting rebus ga? Beberapa temenku seperti itu saat pake erha

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku enggaaa. awalnya perih perih dikit sih tapi dikit banget dan nggak merah sama sekali..

      Delete
    2. ITU Karena ketebelan cream bisa jadi MBA,klo gak gitu sunblocknya Cara pemakaiannya kurg tepat kayaknya..Tanya farmasinya aja,

      Delete
    3. halo mba, aku newbie for using erha skin care nih.. aku juga dpt cream siang erha 4 dan erha 7 dan aku juga pake erha vit c serum, tp knp wajahku jadi gosong yah ? apakah awalny penggunaan erha emang seperti itu ya ?

      Delete
    4. Smaaa say... aku juga pke erha 4 sma erha 7.. tpi mukaaa jadi merah bgt.. dan kayak mau gosong.. saya baru pke 3 hari

      Delete
    5. This comment has been removed by the author.

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
  8. Aku nggak pernah pake ginian. Kalo langsung facial aja di Erha bisa gak ya? Pengen ngerasain muahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok,tp harus app dulu biar gak kehabisan bed hiks..

      Delete
  9. Mbak anisa aku kan belum pernah perawatan2 di klinik kecantikan, ini aku bimbang mau ke erha atau natasha
    Overall wajahku baik2 saja cuma pingin kelihatan lebih cerah aja gitu
    Biasanya kalo pertama disaranin untuk perawatan kaya gimana ya mbak ?
    Dan mbak pertama ke erha perawatannya gmn ?
    Bisa mohon balasan di email saya mbak apriliabcdef@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hay beauties, mau cantik tanpa ketergantungan yuk beralih ke jafra skincare aman untuk bumil dan busui halal karena terbuat dari herbal 💆 tidak menyebabkan bruntusan, jerawat dan kusam ketika berhenti menggunakan jafra skincare 
      Hub ke 
      Pin :: 2B1478B2
      Wa :: 083815647110

      Delete
    2. Ini kok kno gak etika hehe malah promo produk lain 😅😅

      Delete
  10. Mbak mau tanya nih klu krim malam acne untuk usia 40 keatas baiknya yg mana ya? trm ksh!

    ReplyDelete
  11. halo, saya juga perawatan di Erha.. ohya, kenapa ya ko jerawat kalo udah ilang, besoknya muncul lagi? padahal udah teratur make krimnya sesuai prosedur.. mungkin Mbak bisa menjawab, thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanan banyak mengandung minyak,hormon,stress,keturunan,obat2an,bisa bikin jerawat lho,Tanya ke Dr spkknya aja biar lebih jelas..

      Delete
  12. Berkat liat postingan mba, jd langsung cus ke erha td siang..baru dipake sekali lgsg smooth gitu kulit rasanya..seneng euy 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Habis berapa ka perawatan disana? Mahal ga si

      Delete
  13. Ka aku pake erha baru 2minggu trs skg muka ny bintik2 gt lanjutin apa jangan ya pake cream nga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hay beauties, mau cantik tanpa ketergantungan yuk beralih ke jafra skincare aman untuk bumil dan busui halal karena terbuat dari herbal 💆 tidak menyebabkan bruntusan, jerawat dan kusam ketika berhenti menggunakan jafra skincare 
      Hub ke 
      Pin :: 2B1478B2
      Wa :: 083815647110

      Delete
  14. mba umurnya berpa tahun bisa pake erha 21 cc serum , ?
    umur saya 22 sudah boleh pake itu kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hay beauties, mau cantik tanpa ketergantungan yuk beralih ke jafra skincare aman untuk bumil dan busui halal karena terbuat dari herbal 💆 tidak menyebabkan bruntusan, jerawat dan kusam ketika berhenti menggunakan jafra skincare 
      Hub ke 
      Pin :: 2B1478B2
      Wa :: 083815647110

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Bagus juga yaa produk2 Erha
    Mungkin aku beruntung krn muka ku tipe oily(?)
    Hahaha

    Salam Sociolla yahh
    phieselphie.blogspot.com

    ReplyDelete
  17. Aku juga pakai erha. Kulit aku juga kering tapi ketika pakai essential mosturizer kulit aku jatuhnya malah berminyak, jadi buluk kalau udah siangan haha. Jadi ga boleh pake itu lagi sama dokternya.
    Cons: Malah berminyak.
    Tapi ya itu sih mungkin relatif ya kak. Untuk serumnya aku setuju, karena kulit aku juga jauh lebih moist :D

    ReplyDelete
  18. Erha c serum emg bagus buat kulit kering,tp klo pas ADA merintis jgn dipake makin merintis..

    ReplyDelete
  19. Halo kak. Mau tanya, kulit cerah itu maksudnya jadi kelihatan lebih putih ta? Harga serum aja berapa mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hay beauties, mau cantik tanpa ketergantungan yuk beralih ke jafra skincare aman untuk bumil dan busui halal karena terbuat dari herbal 💆 tidak menyebabkan bruntusan, jerawat dan kusam ketika berhenti menggunakan jafra skincare 
      Hub ke 
      Pin :: 2B1478B2
      Wa :: 083815647110

      Delete
    2. Wong iki sehh.. Buka lapak sendiri kenapa sih mba..

      Delete
  20. Halo kak. Mau tanya, kulit cerah itu maksudnya jadi kelihatan lebih putih ta? Harga serum aja berapa mbak?

    ReplyDelete
  21. Umur aku 21 pipiku berpori besar tpi gk ada jerawat,,, pakenya yg apa ya ?? Mohon saranya,,trimakasih..?

    ReplyDelete
  22. Konsultasi saja kira2 berapa?
    Terus di Erha itu cuman masalah muka? Rambut berketombe bisa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsultasi bisa 175rb untuk dokter dan admin 15rb yu.. dan setelah perawatan dilakukan peelling.. seharga 375rb blm termasuk cream. Kalo ak total jd 900rb-an.

      Delete
    2. Konsultasi bisa 175rb untuk dokter dan admin 15rb yu.. dan setelah perawatan dilakukan peelling.. seharga 375rb blm termasuk cream. Kalo ak total jd 900rb-an.

      Delete
    3. 900rb itu cream+perawatannya juga sis ??

      Delete
    4. Kalau aku konsul 60rb, peeling 395, untuk krim2 yg harus ditebus sekitar 400rb. Total sekitar 900n.

      Delete
    5. Itu konsul di erha mana ya...ko bsa murah bnget 60 ribu...

      Delete
  23. erha memang bagus produknya apalagi ya swc buat mutihin lipatan. top bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ka kalo swcnya itu bisa kita beli tanpa resep dokter gasi? Kayak misal di erha apothecary?

      Delete
  24. Kalo bisa langsung beli , apa aja tuh yg bisa kita beli untuk pertama kali
    kan kita ga tau apa aja creamnya ?

    ReplyDelete
  25. Mw deh pake erha...
    tp dsini gda..
    Wajahku gk pernah jerawatan tp 2bln ini jerawatan sedih bgt rasany... bngung digimanain udh dirawat2, eh ko jerawatan

    ReplyDelete
  26. Aku pake erha baru 3 hari pke cream nya.. udah sminggu sih cuma karna abis acne peeling jadi ga boleh pake cream ...
    Skrng ko muka nya jadi merah" gt ya.. bekas" jerawat nya jadi merah... apa karna proses.. kira" berapa minggu ya proses seperti ini nya.. sumpah ga pd bgt .. muka jadi kusam merah, berminyak..

    ReplyDelete
  27. Terima kasih referensinya Mba, mungkin nanti akan saya coba beli,,

    ReplyDelete
  28. Minta list harga nya per item dong kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://www.tipscantikterkini.com/2015/05/harga-perawatan-kulit-erha-clinic-terbaru-paket-produk-kecantikan.html

      cek itu kak

      Delete
  29. Minta list harga nya per item dong kak?

    ReplyDelete
  30. Mbak share harganya jg donk..hehehe maklum budgetnya cekak jd klo tw info harganya bs kira2 gitu..tq

    ReplyDelete
  31. Blognya bagus dan tampak profesional banget mbk, dan tulisan-tulisannya sangat menginspiratif. salam kenal

    ReplyDelete
  32. kira kira untuk kulit normal tanpa jerawat, kena budget berapa yah mba? info dong :D?

    ReplyDelete
  33. Hai aku jg pake erha dah mau 8 bln neh... Awal" muka ga ada mslh tp semenjak beralih ke erha timbul bruntusan tp cmn dua bln awal aj n berganti cream jg tentu na.. overall sampe skrg muka aku dah super duper kinclong dah.. saran aku minta cream na jgn yg keras kandungan na.. jd ga ketergantungan.

    ReplyDelete
  34. Aq juga pengen beralih ke erha,soalnya kulit aq sensitif dan tipis karna cream dokter...
    Di erha untuk menetralkan kulit wajah yg ketergantungan bisa ga ya untuk menetralkannya,dan setelah netral di lanjut dengan porawatan sehari2 dengan cream erha?

    ReplyDelete
  35. Perawatan kulit wajah di erha mihil ga siy...??
    Pingin tp takut mihiiill.... 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung dari cream n permasalahan kulit kmu jg say... Budget yg aku prnh keluarin wkt ke erha mahal ga sampe 1 jt,tp makin kesini makin murah say Krn kulit aku muka na dah bersih n kerut ilang Alus say...

      Delete
  36. Perawatan kulit wajah di erha mihil ga siy...??
    Pingin tp takut mihiiill.... 😂😂

    ReplyDelete
  37. dari dulu pengen banget ke erha tapi keliatannya mahal banget sih....terus gak jadi2 deh sampe skrg :((

    ReplyDelete
  38. hallo mb.. salam kenal dr ak, nih ak lagi galau mau perawatan muka, mukaku warna kulitnya gk merata ada bintik hitam dipipi dan jenis kulitnya kering tp sensitif bget..kl gk cocok pke produk apa gtu langsung merah kl abus dipanggang,,, utk perawatan kulit sensitif bisa gk mb? krn ak baca2 dr blog yg lain kebanyakan utk jerawat, mksh 😊

    ReplyDelete
  39. #kaya abis direbus hehehe salah ketik

    ReplyDelete
  40. Kalo udah tau kondisi muka sendiri, kan kering nih kaya mbaknya,,awal pertama pake erha harus consul ke dokter atau bisa langsung beli ke erha apotecary ya mbak ??

    ReplyDelete
  41. Hallo mba, untuk pembelian produk di erha clinic bandung bolehkah beli facial wash nya saja? Atau ada minimal pembelian?

    ReplyDelete
  42. Trims infonya bun,,, sammmaaaaa,,, kulit saya juga kering kerontang OMG! itu ada shop online nya nggak bun? klo di Bandung dimana y?

    ReplyDelete
  43. Jual produk ERHA21 [ORIGINAL] bisa Kunjungi toko ini di Shopee! prpskincare untuk dapatkan GRATIS ONGKIR: https://shopee.co.id/prpskincare

    ReplyDelete
  44. Klo beli di lazada ori gak ya? 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung buka link erhaclinic aja mba,, atw kalo ke mall ada erha apotecary tapi ya hanya bbrp produk tertentu aja sih klo mau produk yg lengkap bisa konsul kedokternya.. Setauku dia jg melayani online

      Delete
  45. Kak masih pake Erha 7?
    Itu spf berapa ?

    ReplyDelete
  46. Hallo kak, aku suka tulisan kakak karena penjelasannya begitu lengkap. Kak mau tanya, kalau udah lepas dari Erha itu ada efeknya nggak???

    ReplyDelete
  47. Sore,mo tanya klo mo order dimna?dan bisa kirim keluar negri ga tijuana saudi arabia ksa

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)