-->

#FAMILYTALK: Anak dan Mainan

on
Saturday, January 2, 2016


KAMI KEMBALI KAMI KEMBALI! Duh hawa-hawanya masih liburan banget jadi nulis blog aja ikut males. Hehehe. Minggu lalu #FAMILYTALK libur karena saya lagi liburan di Bandung. Bawa laptop sih, tapi alhamdulillah ya, 4 hari di Bandung itu laptop turun mobil aja enggak. Apalagi dibuka. XD

Jadi ya, tema minggu ini sebenernya tema minggu lalu sih. Anak dan mainan. Betapa Bebe mainannya sedikit banget!

Baca punya Isti di sini:

Setelah dipikir-pikir, saya beli mainan buat Bebe itu cuma beberapa kali aja. Mainan pertama dia adalah boneka sapi yang kalau ekornya ditarik ada lagunya gitu. Beli pas hamil 7 bulan. Dikasih nama kowkow. *so lame i know lol*

Berikutnya beli boneka gajah temennya si kowkow, satu mereka gitu jadi sepasang lucu deh. TAPI SIAPA YA NAMANYA LUPA WTF. Lucu deh warna pink. Kemudian di hari pertama Bebe masuk daycare, saya beliin boneka jerapah. Waktu berlalu, si Bebe nggak punya mainan apa-apa.

Lagian dia mah dari waktu umur 8 bulanan gitu dikasih gayung aja bahagia. Dikasih centong malah nggak mau dilepasin, sampai pernah bawa centong ke daycare saking nggak mau lepas. Terus sama ibu saya dibeliin bola, bola semangka itu yang lucuk itu. Terus dibeliin bola banyak yang buat mandi bola, dibeliin bebek-bebekan buat mandi, dibeliin mainan binatang-binatang yang dipencet terus keluar suara. Terus sama ayah saya dibeliin sepeda.

Saya beliin apa? NGGAK BELIIN APA-APA HAHAHAHAHAHA KASIAN BEBE. -______-

Sampai pas ke pameran mainan, eh Duplo diskon 50%! Dari Rp 1,2 juta cuma jadi Rp 580ribuan gitu deh kalau ga salah. Saya dari kecil main Lego dan ingin Bebe merasakan hal serupa. Cuma karena yang diskon gedenya Duplo ya sutralah Duplo dulu aja lagian Lego terlalu kecil, takut kemakan.

Waktu beli Duplo itu Bebe masih umur berapa ya masih kecil banget. Pas disuruh main pun dia bengong aja nggak ngerti apa-apa. Jadi waktu itu saya menganggap, ah nggak punya mainan juga nggak apa-apa ya ternyata. Biarkan dia mengeksplorasi rumah, biarkan dia mainan sendok dan piring, biarkan dia berimajinasi dengan benda-benda di rumah. Anggap beli Duplo adalah kekhilafan.

Tapi semakin besar, bubar jalanlah seperti biasa mahahahahahha Soalnya Bebe ternyata naturally suka mobil-mobilan dan bola. Genetis ini mah kayanya. -______- Dia mulai ikut main mobil-mobilannya JG. Sampai jadi banyak banget Hot Wheels di mana-mana. Sekarang saat nulis ini pun, di tas saya ada 3 mobil-mobilan. -______-

Di jok mobil ada, di dashboard mobil ada. Sejauh mata memandang di rumah yang terlihat hanyalah Hot Wheels dan Tomica. -______- Duplonya dimainin kok alhamdulillah, soalnya ada bagian kereta-keretaannya jadi teteeppp meski main Duplo yang dimainin yang ada rodanya.

Tapi udah itu aja, nggak punya mainan lain. Apalagi yang ala-ala ELC gitu. Punya sih setir-setiran ELC tapi itu pun dibeliin bude saya. Hehehe

Jadi penting nggak sih beliin anak mainan?

Well, penting nggak penting sih. Apalagi yang seneng bikin mainan buat anak-anaknya, ngapain beliiiii. Itu keren bangeeettt! Puzzle segala rupa gitu bikin ya, gue mah beli aja. Putus asa bikin mah nanti malah emosi tidak terkendali hahaha

Apa mainan harus mahal?

Nggak laahhh. Hot Wheels itu kan murce cuma 30ribuan. Meski JG punya beberapa yang limited edition entah berapa harganya ga mau tauuuu. Yang jelas harus teliti banget sama safety. Aman nggak? Beracun nggak? Apalagi kalau kayu-kayu, ada yang tajemnya nggak?

Lagian yang bagus juga nggak mahal kok, bisa-bisanya kita nyari aja. Kaya spidol dan crayon Crayola itu kan non-toxic ya, mau dimakan juga nggak bahaya. Itu murah, sekotak cuma Rp 40ribuan.

Apa mainan harus edukatif?

Nggak juga sih kalau menurut saya mah. Kasihan lah masa main aja harus sekalian belajar hehehe Bebe main main aja boleehhh. Cuma sebisa mungkin sebelum tidur baca buku lah. Ngaruh banget loh, Bebe belajar banyak kosakata dari buku/flash card. Nanti bahas deh satu-satu buku-buku Bebe.

Karena di usia Bebe sekarang, hampir semua hal juga jadi belajar kok. Nggak perlu spesifik pakai mainan edukatif. Misal dari mobil-mobilan bisa belajar warna, bisa belajar nunjuk pintu, ban, dan lain sebagainya.

Apalagi yaaaa. Udah itu aja kayanya.

Oiya sejak montessori di rumah jadi trendi banget, pressure untuk ibu-ibu nggak ada waktu kaya saya semakin menjadi-jadi. Jadi kepikiran duh semua anak diasah motoriknya masa Bebe enggak? Ngeri mikirin anak-anak masa depan akan sepinter apa karena sejak kecil sudah belajar segala hal.

Mereka belajar hal-hal yang nggak kita pelajari waktu kecil loh. Waktu kita kecil mana ada anak sengaja dikasih jelly sama ibunya untuk kenal tekstur? Mana ada anak disuruh meronce sama ibunya untuk melatih konsentrasi? Beda tipis kali ya sama main pasir dan hujan-hujanan? :'))))

Jadi yah buibu, mau curhat apa soal mainan?

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
15 comments on "#FAMILYTALK: Anak dan Mainan"
  1. Aku mainan semua dikasih, sama mainan lungsuran aku dulu kecil -_-

    ReplyDelete
  2. Iyah aku suka takjub liat DIY mainan gitu mak.
    Ibu2 keren yak

    ReplyDelete
  3. Anakku juga suka mobil-mobilan dan ga pernah awet. Ntah bannya copot dan banyak yang tinggal kerangka aja

    ReplyDelete
  4. Anakku juga suka mobil-mobilan dan ga pernah awet. Ntah bannya copot dan banyak yang tinggal kerangka aja

    ReplyDelete
  5. Naia juga demen mobil2an Chaaa, walau bukan hotweels, huehue. Dia mah dibeliin neneknya yang 30ribu dapet setengah lusin, wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Hehheheh, beda jaman beda juga mainannya ya Mbak.. sekarang babyku belum doyan main2an, segala hal pengen digigit dimasukin ke mulut.

    ReplyDelete
  7. Err dulu suka banget main masak-masakan ama anak tetangga. Godong-godongan aja udah bahagia. Lah jaman sekarang ada MasterChef Junior hahahahah

    ReplyDelete
  8. apapun mainannya...yang penting anak tetp harus dipantau :D

    ReplyDelete
  9. Anakku nanti tak kasih mainan bekasanku aja lah. Hahahah..sama tak suruh manjat-manjat pohon m

    ReplyDelete
  10. Salut dah ama Ibu2 yang rajin beli mainan edukatif atau malah bikin sendiri kayak montessor, rajiin banget :)

    ReplyDelete
  11. Dear sister Annisa and others,
    Salaam! If you love blogging competitions, we are inviting you to join our blog contest: http://www.muslimweddingideas.com/giveaway.
    We have 21 prizes, which include dresses, hijabs, jewellery, art, voucher etc and almost all are open to international contestants.
    Kindly have a look - thank you! :)

    ReplyDelete
  12. Kalo soal mainan, biasanya Asma milih sendiri kaya apa. Gak melulu aku, tai selalu kupantau. Biasanya berguna gak buat dia, gitu doang.

    ReplyDelete
  13. iya nih, sekarang emang susah nyari mainan yang tepat buat anak, soalnya mereka mainannya gadget melulu..

    ReplyDelete
  14. saya mah lebih saklek soal mainan, kalo saya bilang gak beli ya gak beli .. bapake ini nih, lemah hati banget ngadepin anaknya.. gampang diperas buat beliin mainan plastik made in cina yang dijual di Borma, dan biasanya berakhir jadi sampah.. -___-'

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG